7 Kopi Terenak di Indonesia, Pernah Coba?

Buat para pecinta kopi, rasanya tidak cukup jika hanya mencicipi satu jenis kopi saja. Nah, kalau kamu baru memulai untuk jadi coffee addict, berikut ini rekomendasi 7 kopi terenak di Indonesia versi BestHostels Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terenak dan terbesar di dunia. Setiap tahunnya negara ini menghasilkan 600 ton kopi dari berbagai penjuru daerah. 

Dengan pencapaian tersebut, Indonesia masuk dalam 3 besar penyuplai kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Kolombia. Nah, bagi banyak orang luar negeri kopi yang berasal dari Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. 

Cita rasa kopi khas Indonesia tidak akan ditemukan di negara lain. Di antara banyaknya rekomendasi kopi, berikut ini 7 yang paling enak versi BestHostels Indonesia.

Kopi Gayo, Aceh

Memulai perjalanan dari dataran tinggi Sumatera khususnya Aceh, Bestpackers akan bertemu kopi terenak di Indonesia yakni kopi gayo. Kopi ini terkenal dengan wangi yang khas dan tekstur encer. Soal rasa, kopi gayo terkenal dengan cita rasa kopi yang tidak terlalu masam.

Kopi legendaris di Aceh ini memiliki cara penyajian yang tradisional. Jika kopi lain disajikan dengan diseduh, kopi gayo disajikan dengan direbus hingga mendidih. Sangat cocok dinikmati dengan susu kental manis. Menariknya, kopi gayo berkhasiat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Kopi Kintamani, Bali

Kalau Bestpackers pecinta kopi sejati pasti tak asing lagi dengan kopi kintamani. Sesuai namanya kopi ini berasal dari daerah Kintamani, Bali. Kopi kintamani terkenal dengan aroma yang ringan dan cita rasa yang lembut.

Uniknya, kopi kintamani memiliki aroma buah jeruk yang khas. Pasalnya, kopi ini ditanam bersama dengan buah jeruk di daerah tinggi Bali. Sejauh ini, kopi kintamani dikirim ke berbagai negara di Eropa, Arab dan Jepang.

Kopi Arabika, Toraja

Bestpackers pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi terenak yang satu ini, kopi arabika yang berasal dari Toraja. Kopi ini biasanya diekspor ke negara Jepang dan Amerika, lho. Menariknya,kopi arabika ini tidak meninggalkan rasa pahit yang berlebih setelah meminumnya.

Bestpackers hanya akan merasakan rasa pahit saat pertama meneguk dan setelahnya tidak menyisakan rasa pahit. Kopi ini sangat cocok dinikmati bagi Bestpackers yang tidak terlalu menyukai rasa kopi yang strong.

Kopi Arabika Java Ijen Raung, Bondowoso

Deretan kopi terenak di Indonesia berikutnya adalah kopi arabika java ijen raung yang terkenal dari Bondowoso. Pada tahun 2011 untuk pertama kalinya kopi ini diekspor ke berbagai negara. Hingga pada tahun 2016 Indonesia mengekspor kopi arabika java ijen raung sebesar 43 kontainer.

Jumlah yang tidak bisa dikatakan sedikit, pasalnya banyak negara di luar negeri yang menggemari kopi khas Indonesia ini. Menariknya kopi ini memiliki citarasa yang sedikit pedas dengan aroma bunga hutam yang kental. Untuk tingkat keasamannya pun tidak terlalu kuat atau sedang. Cocok bagi pecinta kopi yang tidak terlalu asam.

Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Kopi liberika rangsang meranti adalah jenis kopi terenak di Indonesia. Biasanya kopi ini diekspor ke negara Singapura dan Malaysia. Bahkan menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Inteleektual, kopi meranti dinobatkan sebagai hasip pertanian kopi terbaik yang berasal dari Riau.

Kopi liberika ini juga disebut kopi gambut karena dapat ditanam di daerah gambut yang notabennya susah untuk ditanami. Namun, itulah yang menjadi keunikan dari kopi liberika ini bagi penduduk desa Rangsang. Lahan gambut yang mereka miliki diginakan untuk membuat kebun kopi.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Magelang yang Wajib Dicoba!

Kopi Robusta, Temanggung

Jika Bestpackers suka kopi dengan cita rasa pahit yang kuat, maka kopi robusta Temanggung wajib menjadi list yang harus dicoba. Kopi robusta khas Temanggung memiliki ciri khas rasanya yang pahit dan lekat dengan citarasa tembakau.

Tidak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia, kopi robusta khas Temanggung juga banyak diminati warga asing. Bahkan, kopi robusta Temanggung telah diekspor ke berbagai negara di Amerika Latin, Timur Tengah hingga Eropa. 

Baca Juga: 7 Makanan Terpedas di Dunia, Lezat dan Memacu Adrenalin!

Kopi Mandailing, Sumatera Utara

Sumatera menghasilkan berbagai macam kopi terbaik, salah satunya kopi mandailing yang berasal dari Sumatera Utara. Perkebunan kopi di Mandailing sudah ada sejak tahun 1800 an. Berawal dari kebijakan tanam paksa yang dilaksanakan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Bagi Bestpackers yang kurang menyukai rasa masam berlebih, kopi mandailing adalah pilihan yang tepat. Sehingga tidak menimbulkan para penderita asam lambung kambuh. Menariknya, kopi ini memiliki aroma yang khas dan lekat dengan cita rasa buah, bunga hingga rempah. Jadi tambah suka minum kopi, nih?

Bestpackers sudah pernah menjajal kopi yang berasal dari daerah mana nih? Dapatkan informasi menarik lainnya di website dan Instagram BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer