7 Destinasi Wisata di Sulawesi Utara, Surganya Pecinta Snorkeling!

Bestpackers sedang merencanakan destinasi wisata untuk liburan tengah tahun? Sulawesi Utara boleh jadi pilihan, lo. Apa saja destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sulawesi Utara?

Sulawesi Utara menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Ragam destinasi wisata di Sulawesi Utara yang dapat Bestpackers kunjungi antara lain, wisata alam, destinasi wisata sejarah hingga hingga wisata religi.

Di Sulawesi Utara, Bestpackers dapat melihat beragam biota bawah laut yang tidak ditemukan di tempat lain. Tidak heran kalau puau ini disebut sebagai surganya wisata bawah laut Indonesia.

Buat kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Sulawesi Utara, tidak perlu bingung harus menjelajahi wisata mana dulu. Berikut 7 destinasi wisata di Sulawesi Utara yang tidak boleh kamu lewatkan.

Taman Laut Bunaken

Membahas wisata di Sulawesi Utara tidak akan lengkap rasanya jika belum membicarakan taman laut Bunaken. Di tempat ini Bestpackers akan menemui ragam biota laut seperti berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni. 

Bestpackers dapat menikmati keindahan alamnya dengan cara diving maupun snorkeling. Diketahui ada lebih dari 2.000 jenis ikan yang menghuni wilayah satu ini. Beberapa jenis biota yang tinggal di sini termasuk dalam kategori langkah, lo.

Untuk lokasinya sendiri ada di Kecamatan Wori, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara. 

Pulau Ponteng

Pulau Ponteng menjadi salah satu wisata di Sulawesi Utara yang tidak boleh Bestpackers lewatkan. Meskipun bentuknya terbilang kecil, namun soal keindahan alamnya tidak usah dipertanyakan. 

Pulau ini memiliki pantai pasir putih dengan air laut yang jernih. Dari area pantainya, kita bisa melihat gradasi biru terang yang menenangkan. Bestpackers dapat semakin jelas menikmati keindahan laut ini dengan cara mendaki bukitnya.

Aktivitas lain yang juga recommended dilakukan di Pulau Ponteng adalah snorkeling. Di sini, kita dapat berfoto dengan beragam jenis ikan yang berwarna-warni.

Pulau Mahoro

Bagi Bestpackers yang mendambakan suasana tenang dan jauh dari keramaian, Pulau Mahoro menjadi tempat yang tepat. Pasalnya pulau ini terbilang terpencil sehingga tak banyak orang yang berlalu-lalang di sekitar kita. 

Bahkan, reality show Law Of The Jungle yang terkenal di Korea pernah menjadikan pulau Mahoro sebagai tempat shooting, lo. Bestpackers akan disuguhkan dengan ombak laut nan tenang serta airnya yang jernih bak kaca.

Hanya bersantai di tepian pantai, kamu sudah dapat melihat pemandangan bawah laut dengan telanjang mata. 

Baca Juga: 7 Wisata di Labuan Bajo yang Hidden Gems dan Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Tangkoko

Salah satu wisata di Sulawesi Utara ini merupakan habitat asli hewan tarsius. Saat menjelajah taman nasional ini Bestpackers dapat menemukan tarsius di sela-sela pepohonan tanpa effort yang besar, lo.

Tidak hanya itu, Bestpackers juga akan melihat kawanan monyet hitam asli Sulawesi atau yang dikenal dengan nama Yaki. Pastikan untuk membawa kamera terbaik Anda dan abadikan momen Bestpackers bersama satwa-satwa langka di atas. 

Namun hati-hati ketika membawa makanan karena bisa jadi serbuan kawanan monyet, ya. Jika beruntung, Bestpackers juga akan melihat burung maleo dan anoa, lho.

Patung Yesus Memberkati

Selain menjadi tempat wisata alam yang indah, Sulawesi Utara juga menjadi tujuan wisata religi bagi kaum Nasrani. Salah satu yang banyak dikunjungi yakni patung Yesus memberkati yang berada di kota Manado. 

Patung ini memiliki ketinggian 30 meter dan penyangga setinggi 20 meter yang tidak kalah megah dengan patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil. Di balik kemegahannya, patung Yesus juga melambangkan kerukunan umat beragama. 

Selain itu, patung ini juga menghadap ke utara dengan posisi tangan diangkat ini menyiratkan bahwa Yesus memberkati seluruh isi kota Manado. Wah, cocok banget untuk dijadikan destinasi wisata bareng keluarga.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Lombok dengan Cita Rasa yang Unik

Bukit Larata

Bukit Larata menjadi salah satu tujuan wisata di Sulawesi Utara. Bukit ini membentang hijau dengan hamparan langit berwarna biru cerah, bak di negeri dongeng. Wisata di Sulawesi Utara ini dipenuhi oleh ilalang tinggi yang semakin menambah kesan eksotis. 

Sekilas pemandangan Bukit Larata mengingatkan kita pada film kanak-kanak, Teletubies. Letak Bukit Larata berada di Desa Kinuntang Timur, Likupang, Minahasa Utara. Bestpackers dapat menempuh waktu kira-kira 2 jam dari kota Manado untuk mencapai lokasi ini. 

Waktu yang cocok untuk mengunjungi Bukit Larata adalah di musim penghujan karena sabananya akan tampak hijau. 

Danau Linow

Berkunjung ke Sulawesi Utara tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Danau Linow yang berada di Tomohon, Sulawesi Utara. Salah satu daya tarik wisatawan mengunjungi danau Linow adalah fenomena perubahan warna airnya

Pasalnya, warna air danau ini tergatung pada cuaca dan aktivitas belerang di dalamnya. Terkadang berwarna cokelat, hijau, biru bahkan bercampur dengan warna lain. Danau ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi akibat aktivitas vulkanik di dalamnya.

Jadi, kamu dilarang untuk berenang di danau ataupun sekadar menyentuh airnya. Meskipun demikian, Bestpackers dapat menikmati keindahan danaunya dengan duduk santai sembari menikmati pemandangan perbukitan di sekelilingnya.

Ternyata wisata di Sulawesi Utara sangatlah beragam dan masing-masing menawarkan keindahannya tersendiri. Agar liburan terasa aman dan nyaman jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer