Menginap di Hostel Selama Jalan-jalan? Ini 8 Tips Agar Bestpacker Aman

Nggak sedikit orang yang ragu menggunakan hostel sebagai akomodasi saat jalan-jalan. Kalau kamu salah satunya, buang jauh-jauh pikiran tersebut dan lakukan beberapa tips berikut.

Menginap di hostel selama jalan-jalan bisa jadi pengalaman tak terlupakan, lho. Berbeda dari hotel, penginapan murah ini lebih banyak memberlakukan sharing facility, termasuk di kamar tidur. Biasanya jika pertama kali mencoba penginapan murah ini, kita bakalan sangsi akan keamanannya.

Nah, kalau kamu salah satunya, nggak perlu overthinking dulu. Ada tips aman yang bisa Bestpacker lakukan saat menginap di hostel. Inilah beberapa poin-poin yang harus kamu perhatikan.

Lakukan riset terlebih dahulu

Tips paling penting sebelum memutuskan untuk booking hostel adalah melakukan riset terlebih dahulu. Jangan langsung tergoda dengan harga murah yang ditawarkan, ya. Baca terlebih dahulu review penginapan murah.

Selain itu, Bestpacker juga bisa mengecek rating dari pengunjung di setiap hostel. Sebaiknya, kamu juga melakuken reservasi melalui platform hostel terpercaya agar lebih aman. Misalnya, Best Hostel Indonesia.

Biasanya sih, setiap hostel sudah menyediakan fasilitas loker, tapi kamu perlu pastikan dulu sebelum pesan ya!

Pilih yang menyediakan fasilitas loker

Saat melakukan riset untuk mencari hostel terbaik, jangan lupa untuk mengecek fasilitas yang ditawarkan, ya. Tips aman untuk menginap di hostel selama jalan-jalan adalah memilih penginapan yang menyediakan fasilitas loker.

Loker sangat penting bagi para backpacker sebagai tempat menyimpan barang-barang berharga. Kamu bisa meletakkan barang-barang di loker ketika tidur atau berjalan-jalan di luar.

Bawa gembok kecil

Umumnya, setiap loker di hostel akan diberikan kunci. Namun, tips aman saat stay di penginapan murah ini adalah membawa gembok sendiri. Nggak harus gembok yang besar seperti untuk pagar, kok. Kamu cukup membawa gembok kecil saja, asalkan aman.

Kalau bisa, sebaiknya pilih gembok dengan nomor kombinasi yang sulit ditebak, ya. Selain di hostel, gembok juga bisa digunakan untuk menjaga barang-barangmu selama kamu jalan-jalan.

Booking 1 malam dulu

Kenapa tidak langsung booking sesuai rencana menginap saja? Tips aman ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pelayanan hostel nggak sesuai ekspektasimu, ya. Check in satu hari dulu penting untuk mengetes kenyamananmu selama menginap.

Jadi kalau dirasa nggak nyaman, Bestpacker bisa langsung check out di hari berikutnya. Meskipun tergolong penginapan murah tapi kamu tetap nggak mau rugi, kan?

Bawalah peralatan mandi

Masing-masing hostel punya fasilitas tersendiri terkait peralatan mandi. Ada yang menyediakan peralatan secara lengkap, namun nggak sedikit juga yang hanya menawarkan beberapa perlengkapan saja.

Tips aman agar kamu bisa mandi tetap nyaman selama di hostel adalah membawa perlengkapan mandimu sendiri. Letakkan dalam satu pouch agar lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Biar lebih praktis, masukkan produk dalam wadah travel kit.

Patuhi peraturan hostel

Setiap hostel punya peraturan masing-masing yang harus dipatuhi oleh penghuninya. Demi kenyamanan bersama, sebaiknya patuhi peraturan yang berlaku di hostel tempatmu menginap. Nggak usah khawatir, biasanya aturan di penginapan murah ini tergolong sederhana, kok.

Misalnya, tidak boleh merokok, makan atau minum di dalam kamar, serta tidak diperbolehkan berisik di atas jam 23.00 malam. Tips aman ini akan menghindarkanmu dari konflik dengan penghuni lainnya.

Sapa penghuni lainnya

Meski kedengarannya sepele, namun menyapa penghuni hostel lain bisa jadi tips aman selama menginap, lho. Bertukar sapaan akan membuat kalian saling mengenal dan bisa melindungi satu sama lain. Kalian juga bisa saling tukar informasi jika dirasa ada hal yang mencurigakan.

Tapi, tetap hargai privasi dan kenyamanan rekan backpacker lainnya, ya. Sebaiknya, hindari mengajak berbincang di waktu-waktu istirahat.

Selain beberapa tips di atas, Bestpacker juga sebaiknya menghindari membawa barang mahal saat jalan-jalan. Bergayalah seperti kebanyakan backpacker lainnya agar tidak terlalu mencolok. Selamat mencoba, Bestpacker. Dan jangan lupa, booking hostelnya di besthostels.co.id ya!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer