5 Tips Memilih Sleeping Bag yang Aman dan Nyaman

Sleeping bag merupakan salah satu perlengkapan mendaki penting yang memastikan kenyamanan kita saat camping di gunung. Agar bisa mendapatkan produk sleeping bag berkualitas, pahami 5 tips memilih sleeping bag berikut.

Selain mental dan fisik, sebelum mendaki kita juga harus menyiapkan perlengkapannya. Salah satu perlengkapan penting yang harus ada ketika mendaki gunung adalah sleeping bag. Jangan disepelekan, alat yang satu ini menunjang kenyamanan kita selama camping di gunung, lo.

Tidak hanya itu, penggunaan sleeping bag atau kantong tidur juga dapat mencegah hipotermia selama kita camping di gunung. Nah, dalam memilih sleeping bag jangan asal murah saja. Gunakan lima tips memilih sleeping bag berikut agar mendapatkan produk yang terbaik.

Memilih Bentuk yang Nyaman

Tips pertama saat memilih sleeping bag adalah memastikan kalau bentuknya nyaman saat digunakan. Pada dasarnya terdapat 2 bentuk sleeping bag yang beredar di pasaran yakni bentuk mumi dan tikar seperti selimut.

Tentunya setiap bentuk memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Untuk sleeping bentuk tikar kelebihannya adalah memudahkan Bestpackers untuk bergerak, namun kurang rapat saat menutup tubuh. 

Sedangkan sleeping bag bentuk mumi akan rapat menutup tubuh tapi bikin kita tidak leluasa bergerak. Untuk pemilihan kedua bentuk ini kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan selama tidur, ya.

Memilih Sleeping Bag yang Menutup Kepala

Tidak dapat dipungkiri udara malam di atas gunung sangatlah dingin, bahkan di beberapa gunung bisa mencapai suhu 0 derajat, lo. Nah, kalau tidak membawa sleeping bag bisa dibayangkan betapa dinginnya angin malam tersebut?

Maka dari itu, pilihlah sleeping bag yang dapat menutup hingga kepala. Selain dapat menghangatkan tubuh juga bisa melindungi telinga Anda dari berbagai hewan yang merayap. Pastinya tidur malam menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

Memilih Bahan Sleeping Bag yang Hangat

Bahan sleeping bag menentukan tingkat kenyamanannya dalam menghangatkan tubuh. Ada beberapa bahan sleeping bag yang bisa kamu termukan di pasaran. Tentunya setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Ada yang dibuat dari bahan parasit, sintetis (polyester), dacron dan polar. Namun yang banyak digunakan oleh para pendaki umumnya yang beerbahan dasar dacron dan polar. Tentunya bahan ini memiliki keunggulan ketebalan sehingga lebih hangat saat digunakan meskipun dari segi cenderung lebih mahal.

Memilih Sleeping Bag yang Sesuai Tinggi Badan

Nggak lucu kan kalau sleeping bag yang kita beli justru malah nggak muat waktu digunakan? Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memilih sleeping bag yang sesuai dengan tinggi badan. Agar ketika digunakan terasa nyaman karena seluruh tubuh tertutupi.

Pilihlah ukuran sleeping bag dari ujung kepala hingga ujung kaki. Meskipun ukuran sleeping bag yang lebih panjang sedikit mahal namun tidak ada salahnya jika menawarkan kenyamanan yang lebih. Daripada sleeping bag yang pendek justru akan membuat tubuh sakit karena harus tidur dengan cara menekuk.

Memastikan Resleting Sleeping Bag Berfungsi

Dalam memilih sleeping bag juga perlu memperhatikan apakah resleting berfungsi dengan baik atau tidak, bisa saja baru membeli resleting sudah macet bahkan rusak. Oleh sebab itu sebelum membeli Bestpackers wajib melihat kondisi resleting.

Alangkah baiknya Bestpackers mencoba resleting terlebih dahulu sebelum membeli. Resleting yang berfungsi dengan baik akan menentukan kerapat sleeping bag. Semakin rapat sleeping bag Bestpackers maka kehangan juga akan bertambah. 

Itulah lima hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih sleeping bag. Jangan asal pilih agar camping-mu bisa nyaman, ya.  Tidak masalah bukan membeli produk yang sedikit lebih mahal namun kualitasnya bagus?

Baca Juga: 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Bikin Ketagihan Mendaki!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer