7 Wisata Religi Cantik di Indonesia, Buat Wishlist Ramadhan

Pengen nyobain wisata religi selama bulan Ramadhan? Yuk, kunjungi 7 masjid unik berikut ini.

Jalan-jalan selama Bulan Ramadhan tentu nggak afdol jika nggak memasukkan masjid sebagai salah satu destinasi tujuan. Yoih, masjid nggak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi tanah air.

Buat Bestpackers yang sedang merencanakan liburan selama bulan puasa, coba deh intip destinasi wisata religi menarik dari BestHostels Indonesia ini. Tujuh masjid berikut nggak hanya berupa bangunan yang megah namun juga tepat untuk jadi tujuan wisata religi.

Masjid Agung Demak

Menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia, Bestpackers wajib banget memasukkan Masjid Demak sebagai wishlist destinasi favorit. Masjid ini memiliki desain aristektur unik khas tradisional Indonesia.

Yang paling unik dari Masjid Agung Demak adalah saka tatal yang menopangnya. Saka tatal merupakan tiang yang dibuat dari serpihan kayu sisa-sisa yang diikat. Konon tiang ini dibuat oleh Sunan Ampel, Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga. Penasaran?

Masjid Aschabul Kahfi, Tuban

Destinasi wisata religi unik lainnya adalah Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi di Tuban. Kalau masjid lain dibangun menjulang megah ke atas,  masjid ini justru dibangun di bawah tanah.

Saat memasuki area masjid, Bestpackers seakan diajak untuk menjelajahi perut bumi. Susunan stalaktit dan stalagmit di langit-langit Masjid Aschabul Kahfi juga cantik banget. Dijamin bikin kamu terpesona, deh.

Masjid Istiqlal, Jakarta

Berpindah ke Ibukota, Bestpackers juga bisa melakukan wisata religi di Masjid Istiqlal, Jakarta. Masjid Istiglal termasuk dalam 10 masjid terbesar di dunia, lo. Lokasi wisata religi ini telah menjadi saksi sejarah bagi banyak peristiwa besar di Indonesia.

Masjid Istiqlal memiliki tujuh pintu yang fungsinya berbeda-beda. Ternyata tujuh pintu ini juga menjadi lambang tujuh lapis langit dalam ajaran islam.

Masjid Andalusia, Bogor

Ingin wisata religi sambil menikmati pemandangan alam nan cantik? Coba deh berkunjung ke Masjid Andalusia, Bogor. Masjid megah dengan gaya arsitektur Spanyol ini berdiri di atas tanah seluas 1.250 meter persegi.

Masjid Andalusia berada di kawasan Bogor dan sekelilingnya dipenuhi oleh perkebunan teh. Jadi Bestpackers nggak hanya bisa wisata religi, namun juga menikmati suasana damai dan asri dari perkebunan teh.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh                   

Wisata religi yang satu ini termasuk dalam salah satu masjid yang bersejarah di Indonesia. Masjid Raya Baiturrahman sangat fenomenal karena menjadi satu-satunya bangunan yang tetap berdiri kokoh meski dihantam tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu.

Telah berdiri sejak tahun 1881, Masjid Raya Baiturrahman mampu menampung jamaah hingga 30.000 orang. Wow banget ‘kan?!

Masjid Kubah Mas, Depok

Salah satu masjid terbesar di Indonesia ini memiliki nama resmi Masjid Dian Al Mahri. Namun desain kubahnya yang berwarna emas membuatnya populer dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas.

Bukan hanya desainnya yang cantik, masjid ini juga sangat megah dan bisa menampung jamaah hingga 20.000 orang, lo. Nggak heran kalau masjid Kubah Emas dijadikan salah satu landmark wisata kota Depok.

Masjid Muhammad, Denpasar

Bali juga punya masjid uniknya tersendiri. Destinasi wisata religi ini bernama Masjid Muhammad yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Denpasar. Bangunannya nampak megah dan punya desain arsitektur yang menarik.

Saat memasuki masjid ini, Bestpackers akan menemukan empat pintu besar yang keempatnya didesain sebagai replika pintu Masjid Nabawi. Setiap pintu dinamai seperti nama sahabat terdekat Rasulullah, yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan.

Dari tujuh destinasi wisata religi di atas, Bestpackers berencana datang kemana, nih?

Baca Juga: Cewek Solo Backpacking ke Luar Negeri? Bisa Banget!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer