5 Destinasi Wisata Legenda Paling Indah di Indonesia

Kehadiran wisata legenda menjadi daya tarik baru di kalangan wisatawan. Bestpackers, berikut ini 5 destinasi wisata legenda terbaik di Indonesia.

Indonesia terkenal dengan berbagai kearifan lokal, termasuk tradisi lisannya. Kehadiran legenda di tengah masyarakat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, Bestpackers. Bekal kebudayaan ini melahirkan berbagai wisata legenda di tanah air yang patut buat dikunjungi.

Bestpackers, berikut ini 5 wisata legenda di tanah air terbaik menurut BestHostels Indonesia yang bisa kamu jelajahi.

Candi Prambanan – Monumen kisah cinta yang tak terbalas

Candi Prambanan

Candi Prambanan tidak hanya terkenal dengan kemegahannya sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Objek wisata ini juga menyimpan cerita sendiri, lho. Candi Prambanan dikenal dengan kisah cinta tak terbalas Bandung Bondowoso pada Roro Jonggrang.

Konon untuk menerima pinangan Bandung Bondowoso, Roro Jonggrang memberikan syarat dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam. Sayangnya, dalam proses pembuatan candi ini Bandung Bondowoso dicurangi oleh Roro Jonggrang.

Karena itulah untuk menggenapkan 1.000 candi di kompleks Candi Prambanan, Roro Jonggrang dikutuk menjadi salah satu patungnya. Kisah cinta tak terbalas Bandung Bondowoso ini menjadikan Candi Prambanan sebagai salah satu destinasi wisata legenda paling epik di Indonesia, Bestpackers.

Gunung Tangkuban Perahu

Serupa dengan Candi Prambanan, Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu wisata legenda yang fenomenal dengan kisah cinta tak terbalas. Destinasi wisata yang satu ini konon lahir dari kisah cinta Sangkuriang pada ibunya Dayang Sumbi.

Menurut cerita setempat Gunung Tangkuban Perahu hadir dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang. Perahu ini merupakan salah satu persayaratan dari Dayang Sumbi pada Sangkuriang jika ingin menikahinya.

Karena meminta bantuan makhluk gaib, Sangkuriang hampir bisa menyelesaikan permintaan Dayang Sumbi untuk dibendungkan sungai dan dibuatkan kapal satu malam. Mengerti jika Sangkuriang akan berhasil, Dayang Sumbi meminta bantuan warga untuk membuat suasana seakan-akan sudah pagi.

Hal ini menyebabkan bala bantuan Sangkuriang kabur dan gagal untuk memenuhi persyaratan Dayang Sumbi. Merasa dicurangi, Sangkuriang yang emosi menendang perahu buatannya hingga terbalik. Perahu yang terbalik ini konon menjadi cikal bakal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Danau Toba

Cerita legenda dari destinasi yang satu ini tentu nggak asing lagi di telinga kita semua.Yups, Danau Toba masuk sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas dari Kemenparekraf. Eittss nggak hanya cantik panoramanya, ternyata danau ini juga masuk dalam wisata legenda Indonesia.

Berdasarkan legenda masyarakat setempat Danau Toba terbentuk dari kisah seorang petani bernama Toba yang menikah dengan seorang putri jelmaan ikan emas. Sebelum mereka menikah, Toba bersumpah untuk tidak menyebutkan masa lalu putri tersebut sebagai seekor ikan emas.

Namun Toba mengingkari janji ini dan membuat sang putri kecewa dan menangis. Konon, tangisan sang putri membentuk danau yang kita kenal sebagai Danau Toba.

Pulau Komodo

Situs yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia ini juga menjadi destinasi wisata legenda tersendiri. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu ada seorang putri yang melahirkan anak kembar, namun salah satu anak tersebut berwujud kadal.

Karena malu memiliki anak berwujud kadal (ora), sang putri mengasingkan anaknya ke dalam hutan. Namun, suatu hari kembaran ora yang berwujud manusia sedang berburu dan hendak membunuh Ora. Saat akan menombak, ibunya datang dan menjelaskan peristiwa sesungguhnya.

Itulah mengapa komodo dan manusia dapat hidup berdampingan di pulau ini.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Cantik di Nusa Lembongan, Bikin Susah Move On

Pantai Air Manis

Cerita dari destinasi wisata legenda yang satu ini pasti sudah pernah kamu dengar. Yoih, Pantai Air Manis di Sumatera Barat identik dengan cerita Malin Kundang, si anak durhaka. Dikisahkan Malin merupakan warga asli dari salah satu wilayah di sekitar Pantai Air Manis. Namun ia telah lama merantau ke luar pulau dan tidak kembali.

Saat sudah sukses di perantauan, Malin singgah ke Pantai Air Manis yang sebenarnya adalah kampung halamannya. Namun saat sang ibu memanggilnya, Malin pura-pura tidak mengenalinya dan menolak kehadiran wanita tersebut.

Sedih tidak diakui oleh putranya sendiri, ibu Malin Kundang mengutuk anaknya menjadi batu. Saat ini kamu bisa menemukan batu yang menyerupai orang bersujud tersebut di Pantai Air Manis, Padang Selatan.

Itulah kelima wisata legenda paling terkenal di Indonesia. Selain punya cerita yang epik, destinasi wisata legenda ini juga cantik banget, lho. Jadi, nggak perlu pikir panjang. Hayuk, segera kemasi barangmu dan berangkat ke sana.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer