7 Wisata di Padang yang Memanjakan Mata, Bertemu Si Malin Kundang?

Padang, Sumatera Barat menjadi salah satu daerah dengan potensi wisata yang beragam. Wisata di Padang jadi salah tujuan liburan yang menarik untuk dikunjungi ala backpacker-an. Bestpackers, inilah 7 wisata di Padang yang wajib masuk wishlistmu!

Padang tidak hanya terkenal dengan wisata kulinernya saja. Destinasi wisata di Padang sangatlah beragam, mulai dari wisata berbasis alam, sejarah, hingga budaya. Siapapun yang berlibur ke sini tidak akan kehabisan list tempat yang akan dituju karena saking banyaknya.

Selain lekat dengan kulinernya yakni masakan Padang, kota ini juga menyimpan potensi alam yang tak kalah memikat. Karena letaknya berbatasan langsung dengan laut, banyak pantai indah yang dapat dikunjungi. Di kota ini, juga ada pulau yang dapat Bestpackers dikunjungi dengan naik perahu.

Tentu tidak akan bosan saat mengunjungi kota Padang. Nah, inilah 7 wisata di Padang yang wajib masuk wishlistmu.

Pantai Air Manis

Pernah mendengar legenda Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya. Nah, pantai ini juga digadang-gadang merupakan tempat Malin Kundang dikutuk. Pantai Air Manis terkenal sangat ikonik karena terdapat sebuah batu menyerupai manusia yang disebut-sebut sebagai Malin Kundang.

Dugaan tersebut juga diperkuat oleh adanya batuan yang berbentuk tali tambang dan kayu yang menyerupai pecahan bagian kapal. Penduduk setempat meyakini bahwa hal tersebut bukanlah sebuah kebetulan berada di pantai ini melainkan jejak peninggalan Malin Kundang. Tertarik melihatnya secara langsung?

Jembatan Siti Nurbaya

Wisata di Padang ikonik berikutnya adalah jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini membentang sejauh 156 meter di atas sungai Batang Aru. Melintas di atas jembatan ini, Bestpackers akan disuguhi oleh pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Penamaan jembatan ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya jembatan ini menjadi penghubung menuju Gunung Padang yang mana menjadi tempat novel Siti Nurbaya. Selain itu, jembatan ini juga seringkali dijadikan spot foto instagenic oleh para wisatawan. Panorama matahari terbenam juga bisa Bestpackers saksikan di tempat ini, dari kejauhan juga terlihat indahnya Kota Tua Padang.

Museum Adityawarman

Kalau Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah, di Padang juga tak memiliki Taman Mini Sumatera Barat. Julukan ini diberikan untuk museum Adityawarman yang berdiri megah di atas tanah seluas 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Wisata di Padang ini menjadi salah satu wisata edukatif yang cocok dikunjungi dengan si kecil saat berlibur.

Di museum ini terdapat beberapa benda-benda bersejarah yang merupakan cagar budaya Minangkabau maupun Indonesia.  Dari berbagai benda bersejarah yang ada, menariknya ada bangunan Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang. Mengunjungi wisata di Padang ini selain bisa refreshing juga menambah kecintaan terhadap keragaman di Indonesia.

Miniatur Makkah

Kalau ke Makkah masih belum tahu kapannya, ada baiknya ke mini Makkah dulu. Yups, salah satu wisata di Padang ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, miniatur Makkah Madinah berada di Masjid Nurzikrillah. Masjid ini berada di Lubuk Minturun, Koto Tangah, Padang. Sesuai dengan namanya, miniatur ini dibuat sangat mirip dengan kota Makkah yang menjadi tujuan ibadah haji umat muslim.

Saking bagusnya, siapapun yang ke sini pasti mendambakan untuk ke Makkah. Berbagai koleksi hewan besar seperti unta, ular phyton hingga ikan besar juga ada di tempat ini. Selain bernuansa religi, wisata ini juga sangat edukatif. Cocok dikunjungi bersama keluarga tersayang.

Kota Tua Padang

Layaknya kota tua pada kota-kota lain, kota tua Padang juga menyimpan ragam bangunan dengan arsitektur kuno yang telah berusia ratusan tahun. Ini sangat cocok bagi Bestpackers yang menyukai sejarah karena dapat bernostalgia dengan masa lampau.

Tidak hanya itu, di kota tua Padang Bestpackers dapat berburu spot foto instagramable untuk oleh-oleh liburan. Karena setiap sudut yang ada di kota ini sangatlah estetik dan lekat dengan momen bersejarah. Dijamin banyak kenangan indah yang akan terabadikan ketika mengunjungi kota tua Padang.

Baca Juga: 7 Wisata di Labuan Bajo yang Hidden Gems dan Wajib Dikunjungi

Air Terjun Sarasah

Destinasi wisata di Padang berikutnya yakni air terjun Sarasah. Air terjun ini dulunya bernama Sarasah Banyak Gariang. Penamaan ini didasarkan pada banyaknya ikan gariang yang mendiami air terjun ini. Bestpackers dapat berenang mengarungi jernihnya air terjun Sarasah.

Uniknya, air terjun Sarasah memiliki dua tingkatan. Tingkatan pertama membentuk piramida setinggi 15 meter dan airnya jatuh pada bebatuan yang tersusun rapi di bawahnya. Sedangkan tingkatan kedua mengalir dari sungai yang sempit hingga ke hulu. Tinggi air terjun ini mencapai 25 meter.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Bogor yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana jadi salah satu spot menarik  untuk dikunjungi. Bestpackers dapat melihat aktivitas para nelayan di Teluk Bayur sambil bermain air. Terlebih, jika dinikmati bersama segelas jus di bawah rindangnya pohon dan semilirnya angin pantai.

Pantai Nirwana juga dihiasi oleh hamparan pasir putih dan batu karang yang berjejer di pinggir pantainya. Selain itu, juga dikelilingi perbukitan hijau nan indah. Saat sore hari, Bestpackers juga akan dimanjakan dengan golden sunset Pantai Nirwani. Untuk itu, jangan lupa mengabadikan di pantai ini. 

Lengkap sekali, bukan? Mulai dari wisata berbasis alam, sejarah, budaya hingga wisata religi ada di Padang. Jika mengunjungi kota Padang, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan. Dapatkan informasi menarik lainnya dengan follow akun Instagram BestHostels Indonesia. Happy Holiday.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer