7 Wisata di Labuan Bajo yang Hidden Gems dan Wajib Dikunjungi

Labuan Bajo masuk dalam 5 Destinasi Wisata Superpriotas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hal ini tidak mengherankan mengingat wisata di Labuan Bajo termasuk dalam salah satu yang terindah di Indonesia. Ada apa saja sih di sana?

Traveling ke Labuan Bajo memang menjadi mimpi banyak orang. Tentu saja, karena daerah ini memiliki keindahan alam yang memukau dari dataran tinggi hingga lautan. Bahkan belakangan ini wisata di Labuan Bajo jadi tren background influencer kenamaan tanah air, lo. 

Bagi Bestpackers yang memiliki hobi menjelajah wisata bahari maka Labuan Bajo merupakan pilihan yang tepat. Berbagai pantai di Labuan Bajo masuk dalam kategori spot diving terbaik di Indonesia, lho. Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi habitat puluhan bahkan ribuan biota laut sehingga bikin penyelamanmu worth it banget.

Yang paling menarik, pulau yang berada di wilayah Nusa Tenggara Timur ini merupakan kawasan habitat asli kadal purba, Komodo. Jika kamu berkesempatan traveling ke Labuan Bajo, tujuh destinasi wisata ini wajib dikunjungi.

Bukit Cinta

Berbatasan langsung dengan laut lepas membuat sunset di Labuan Bajo sayang dilewatkan. Salah satu spot terbaiknya untuk nonton sunset di wilayah ini ada di Bukit Cinta. Bukit Cinta atau yang kerap dikenal dengan Bukit Silvia merupakan perbukitan hijau dimana Bestpackers dapat melihat lanskap keindahan Labuan Bajo dari ketinggian.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat ini tentu sore hari agar bisa melihat golden sunset Bukit Cinta. Menariknya, tidak ada pembayaran tiket masuk untuk mengunjungi Bukit Cinta. Bestpackers hanya akan dikenakan tiket parkir saja. Cocok banget buat spot backpacker-an.

Taman Nasional Komodo

Mengunjungi Labuan Bajo tidak akan lengkap rasanya jika belum melipir ke Taman Nasional Komodo. Melihat komodo di habitat aslinya merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung. Taman Nasional Komodo menjadi tempat bernaung bagi hewan yang menyerupai kadal raksasa ini.

Apabila berencana untuk mengunjunginya, Bestpackers dapat melihat kuota yang tersedia dan melakukan pemesanan secara online. Karena Taman Nasional Komodo menerapkan pembatasan kuota pengunjung yang datang. Tempat ini juga menerapkan protokol kunjungan khusu karena termasuk dalam kawasan konservasi hewan langka di dunia.

Pulau Manjarite

Bergeser sedikit dari Taman Nasional Komodo, Bestpackers dapat melihat keindahan wisata bahari di Pulau Manjarite. Pulau ini menyimpan kekayaan biota laut mulai dari beragam jenis ikan hingga jutaan terumbu karang yang menghiasi bawah lautnya.

Wisata di Labuan Bajo ini menjadi salah satu spot snorkeling terbaik. Bestpackers tidak hanya akan dimanjakan dengan wisata darat saja, namun juga dibuat takjud dengan panorama bawah lautnya. Jika Bestpackers memiliki rencana untuk snorkeling maka jangan sampai lupa untuk mengunjungi Pulau Manjarite.

Pulau Padar

Pulau Padar dapat dikatakan sebagai wisata di Labuan Bajo yang tersohor hingga di berbagai negara. Tempat ini menjadi salah satu spot foto yang instagramable dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terlebih, jika Bestpackers menaiki bukit pulau Padar pasti akan terpesona dengan lanskap keindahannya.

Bak di dalam negeri dongeng, Bestpackers akan melihat pemandangan lautan, perbukitan dan kapal-kapal nelayan yang berjajar di pulau ini. Pulau ini juga ditumbuhi oleh sabana atau padang rumput. Jika mengunjunginya pada musim kemarau rerumputan akan menguning dan seba?

Goa Batu Cermin

Hanya berjarak 4 km dari pusat kota, Goa Batu Cermin menjadi salah satu destinasi wisata di Labuan Bajo yang menarik untuk dikunjungi. Namanya sendiri diambil dari fenomena alam yang terjadi dimana terdapat pantulan sinar matahari yang mengenai salah satu titik bebatuan dan membuatnya seolah tembus pandang seperti cermin.

Menariknya, di tempat ini Bestpackers dapat melihat berbagai fosil hewan laut yang menempel di dinding-dinding gua ini. Fenomena tersebut terjadi karena pada zaman dahulu goa ini pernah berada di dasar laut sebelum seperti sekarang ini. Menarik untuk dikunjungi bukan?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Palembang Paling Menarik Dikunjungi

Air Terjun Cunca Wulang

Snorkeling dan diving sudah, tapi masih ingin bermain air lagi dengan nuansa yang berbeda? Air terjun cunca wulang dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Airnya yang jernih dan pemandangan alam di sekelilingnya membuat betah berada di tempat ini.

Berenang menjadi pilihan yang menarik untuk dilakukan, mengurangi air yang jernih ditemani suara gemericik air yang jatuh membuat badan dan pikiran menjadi lebih fresh. Jika tidak bisa berenang, Bestpackers dapat menikmati suasana air terjun ini dengan duduk santai di atas bebatuan sambil mengabadikan moment.

Baca Juga: Fokus Kembangkan “Bali Baru”, Inilah 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Yang Harus Bestpackers Ketahui!

Kampung Budaya Melo

Wisata di Labuan Bajo memang sangatlah beragam, selain mengeksplor beberapa tempat wisata alam di atas Bestpackers juga dapat melihat budaya masyarakat setempat. Kampung budaya melo menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang ada di Labuan Bajo. Selain budayanya yang unik, lanskap keindahan alam kampung ini tidak perlu diragukan lagi.

Menariknya, saat berkunjung ke sini Bestpackers akan langsung disambut dengan Tari Caci yang merupakan tarian khas Manggarai. Uniknya, tarian ini hanya dimainkan oleh kaum laki-laki kampung ini. Mereka akan memakai topi dan membawa pecut sebagai peragaan gerakan Tari Caci. 

Nah, itu tadi tujuh tempat wisata di Labuan Bajo yang bisa Bestpackers kunjungi. Sekarang kita nggak perlu lagi bingung jika ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Pasalnya, ada paket open trip dari BestHostels Indonesia yang akan membawamu ke Labuan Bajo.

Tentunya dengan harga yang lebih miring dan fasilitas yang tidak kalah cozy dari paket-paket Open Trip yang lebih mahal. Untuk informasi lebih lengkapnya Bestpackers dapat menghubungi tim BestHostels Indonesia melalui direct messege di Instagram, ya. See you on the trip.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer