5 Wisata Candi Hidden Gems yang Menarik Buat Dikunjungi

Ngomong-ngomong tentang candi di Jawa Tengah bukan hanya Prambanan dan Borobudur saja, lo. Lima lokasi wisata candi berikut juga menarik untuk dikunjungi dan punya latar pemandangan yang indah.

Bestpackers, berwisata ke candi bisa jadi salah satu ide yang menarik untuk dilakukan sendiri maupun bersama keluarga. Selain melepas penat, wisata candi juga bikin kita lebih mengenal sejarah nenek moyang.

Di Indonesia sendiri ada banyak wisata candi yang bisa dikunjungi, mulai dari yang bercorak Hindu hingga Buddha. Sebaran wisata candi ini ada di berbagai daerah, termasuk Yogyakarta dan Jawa Tengah. Nah, ketika kamu mengunjungi dua provinsi tersebut sangat tidak afdol jika tidak mencoba wisata candi.

Tidak harus Borobudur dan Prambanan, 5 candi hidden gems berikut juga menarik untuk didatangi, lo.

Candi Gedong Songo

Candi pertama yang harus didatangi ketika berada di wilayah Jawa Tengah adalah Candi Gedong Songo. Candi ini berada di wilayah Semarang dan merupakan peninggalan budaya Hindi sejak zaman Syailendra abad ke-9.

Salah satu keunikan Candi Gedong Songo adalah letaknya di ketinggian 1.200 meter yang membuat Bestpackers akan merasakan dingin khas pegunungan di sini. Sesuai namanya, candi ini terdiri dari sembilan buah bangunan.

Selain menikmati kemegahan candi Hindu, di lokasi wisata ini Bestpackers juga bisa merasakan sensasi menunggang kuda untuk berkeliling ke sekitar.

Candi Kalasan

Selain peninggalan Hindu, Indonesia juga memiliki beragam candi peninggalan Budha. Salah satu wisata candi peninggalan Buddha yang menarik untuk didatangi adalah Candi Kalasan. Candi ini berada di Kawasan Sleman, Yogyakarta.

Lokasi Candi Kalasan sangat dekat dengan Candi Prambanan atau kurang lebih 2 kilometer saja. Tidak kalah menarik, candi ini juga memiliki berbagai stupa yang jika ditotal jumlahnya mencapai 52 stupa. Keistimewaan lain wisata Candi Kalasan adalah hiasan berupa ornament indah yang terletak di bagian tubuh serta atapnya.

Candi Mendut

Kalau candi yang satu ini letaknya tidak jauh dari Candi Borobudur dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Candi Mendut merupakan salah satu candi Buddha yang dibangun pada masa pemerintahahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada candi ini diperkirakan punya usia yang lebih tua dibandingkan Candi Borobudur, lo. Secara arsitektur candi ini punya banyak hal menarik. Misalnya, adanya ornament tentang kisah Brahmana dan seekor anjing, angsa dan kura-kura, dan Dharmabuddhi dan Dustabuddhi di bagian reliefnya.

Hal ini jugalah yang membuat candi mendut menjadi salah satu lokasi untuk hunting photo terbaik di Jawa Tengah.

Candi Plaosan

Wisata candi di Jawa Tengah lainnya yang tidak kalah seru adalah Candi Plaosan. Candi ini berada di Kawasan Bugisan, Katen, dan memiliki kisah romantis dibalik pembangunannya. Konon candi ini dibangun pada pertengahan abad ke-9 dan menjadi lambing cinta dari Rakai Pikatan dan Pramodawardhani.

Candi ini memiliki bangunan yang sangat megah meskipun popularitasnya masih kalah jauh dibandingkan beberapa candi lain di Jawa Tengah. Menurut catatan sejarah, Candi Plaosan dibangun sekitar tahun 825 hingga 830 Masehi.

Di kompleks Candi Plaosan terdapat dua area yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Baca Juga: 6 Etika Berwisata yang Harus Bestpackers Tahu!

Candi Cetho

Dibangun pada abad ke-15 Masehi, candi ini merupakan peninggalan agama Hindu. Lokasinya berada di lereng Gunung Lawu, atau tepatnya di Kabupatan Karanganyar, Jawa Tengar. Sesuai kepercayaan masyarakat Hindu, candi dibangun di atas ketinggian.

Hal ini dimaksudkan agar bisa semakin dekat dengan sang pencipta. Nah, hal ini sejalan dengan lokasi Candi Cetho yang berada di ketinggian 1497 Mdpl. Selain punya bangunan candi yang megah, kamu juga akan kagum ketika mengunjungi lokasi ini karena pemandangan khas pegunungannya yang indah.

Itulah 5 wisata candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Buat dapat informasi menarik lain seputar wisata dan akomodasi, jangan lupa follow Instagram BestHostels Indonesia, ya.

Baca Juga: 4 Tradisi Hari Raya Waisak Unik di Indonesia

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!