7 Wisata Budaya Bali yang Pantang Untuk Dilewatkan

Bali punya beragam destinasi wisata yang bikin kamu betah liburan ke sini. Dari sekian banyak destinasi wisata di Pulau Dewata jangan lupa untuk mencoba wisata budaya Bali saat berkunjung kemari, ya.

Destinasi wisata Bali itu banyak banget variannya. Mulai dari yang bernuansa sejarah, budaya, religi maupun tempat-tempat kekinian. Pokoknya, apapun yang Bestpackers ingin Bali bisa memenuhinya. Nah, salah satu destinasi wisata yang nggak pernah sepi dari turis adalah wisata budaya Bali.

Destinasi wisata Bali ini akan mengajakmu sejenak menyelami kebudayaan masyarakat setempat. Liburan dengan mengunjungi destinasi wisata budaya bisa jadi upaya untuk melestarikan budaya Indonesia, lo. Nah, dari banyaknya wisata budaya di Bali berikut ini tujuh di antaranya.

Desa Tenganan

Wisata Budaya Bali ini bernuansa tradisional banget. Letaknya ada di Karangasem, Bali. Desa ini termasuk dalam desa Bali Aga, karena masyarakatnya masih memegang teguh adat istiada dan kepercayaan nenek moyangnya.

Wisata Budaya Desa Tenganan ini mulai dikenal di tahun 1970-an. Arsitektur yang unik pada setiap rumahnya menjadikan daya tarik tersendiri. Liburan dengan suasana baru bisa Bestoackers dapatkan di sini.

Masyarakat Desa Tenganan masih memegang tradisi menyembah Dewa Indra, biasanya dikenal dengan perayaan “makare kare”. Jauh dari kata modern, penduduk desa ini masih menggunakan kain gringsing, yakni kain tenun khas Bali yang dipeecaya melindungi pemakainya dari pengaruh jahat.

Taman Air Sukasada

Taman air ini juga masih satu daerah dengan Desa Tenganan yakni di Karangasem. Dirunut dari sejarahnya, taman air ini dulunya difungsikan sebagai tempat pemandian para raja. Dan saat ini bergeser fungsi menjadi salah satu wisata budaya di Bali.

Taman air Sukasada memiliki pemandangan alam dan laut yang indah. Tak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Konsep taman yang unik, perpaduan taman Eropa dan reruntuhan bangunan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Umumnya, banyak yang datang ke sini dengan tujuan berburu foto instagramable. Tak jarang juga menggunakannya sebagai spot pre wedding. Ada rencana ke sini, Bestpackers?

Kertha Gosa

Wisata budaya yang satu ini memiliki arsitektur khas Bali banget. Dibangun tahun 1686 pada saat Kerajaan Kelungkung berkuasa. Pembangunannya sendiri diprakarsai oleh I Dewa Agung Jambe.

Sebelum memasuki tempat ini, Bestpackers akan diberikan selendang sebagai penanda. Gaya arsitektur yang khas dan aneka macam lukisan seniman Bali bisa Bestpackers temukan di sini. Bisa dibilang, destinasi wisata ini punya nilai seni yang tinggi.

 Taman Air Tirta Gangga

Wisata budaya ini akan membawamu bernostalgia seakan hidup pada masa kerajaan. Karena, dulunya taman air ini merupakan bekas kerajaan. Letaknya ada di  timur Karangasem, Bali.

Wisata budaya ini sangat tersohor di kalangan wisatawan. Keindahan air mancur dan taman air yang dihiasi oleh patung-patung menambah kesan estetik. Bisa banget jika ingin berburu foto instagenic.

Selain bisa bersua foto, Bestpackers juga bisa belajar sejarah, lho. Bukankan liburanmu jadi lebih bermakna. Bikin pintar!

Baca Juga: Selain Pantai, Inilah 7 Pura Bali Terindah yang Wajib Bestpackers Kunjungi!

Pura Besakih

Pasti pura ini sudah akrab di telinga para traveller. Terkenal akan bangunannya yang megah, pura ini selalu dipadati pengunjung. Pusat pura ini bernama Penataran Agung.

Mungkin waktu satu hari tak akan cukup untuk menjelajahi seluruh pura ini. Biasanya pengunjung hanya mengunjungi Penataran Agung saja. Letaknya berada di lereng gunung, menambah kesan indah pura ini.

Udara segar ala pegunungan membuat siapapun betah berada di Pura Besakih. Saking kerennya, pura ini juga diusulkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO, lho.

Desa Penglipuran

Suasana Bali yang autentik bisa Bestpackers dapatkan jika mengungjungi Desa Penglipuran. Walaupun modernisasi telah berkembang pesat, desa ini tetap hidup dengan tradisinya, lho. Bahkan, Desa Penglipuran ditunjuk sebagai desa percontohan yang menampilkan adat istiadat Bali. Keren bukan?

Masyarakatnya hidup berdampingan dengan rukun. Dan tentunya sangat ramah kepada para wisatawan. Tak heran, jika banyak orang ingin berkunjung ke sini.

Konsep bangunan yang masih tradisional justru menjadi daya tarik tersendiri. Spot foto yang instagramable juga bisa Bestpackers dapatkan di desa wisata ini.

Bedugul 

Menyebut destinasi wisata Bali tak akan lengkap rasanya apabila tak menyebut Bedugul. Bedugul sendiri merupakan kawasan danau yang sangat luas di Bali. Di sini ada banyak destinasi wisata yang ditawarkan yakni Pura Ulun Danu yang disucikan, Pura Saren dan Pasar Seni Sukawati.

Jika berkunjung ke tempat ini, Bestpackers juga bisa mengelilingi danau dengan naik perahu. Tentunya, suasana liburan yang berbeda akan Bestpackers dapatkan.

Nah, itulah 7 rekomendasi wisata budaya Bali yang sayang banget jika dilewatkan. Untuk kenyamanan liburanmu, pastikan menginap di BestHostels Indonesia dan dapatkan penawaran yang menarik. Happy Holiday.

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer