8 Tradisi Ramadhan Unik di Seluruh Dunia

Setiap negara punya caranya tersendiri untuk menyambut bulan Ramadhan. Tidak hanya Indonesia, kedelapan negara berikut juga punya tradisi Ramadhan yang unik.

Ramadhan adalah salah satu momen paling menggembirakan bagi seluruh umat muslim di dunia. Terlepas dari ragam kewajiban ibadah, bulan penuh suka cita ini juga disambut dengan berbagai perayaan. Tidak hanya Indonesia saja, beberapa negara lain juga punya tradisi Ramadhan uniknya tersendiri.

Bestpackers, dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 8 tradisi Ramadhan unik dari seluruh penjuru dunia versi BestHostels Indonesia.

Tradisi menyantap kunafu

Salah satu hal yang identik dengan Ramadhan adalah makanan khas tertentu. Tradisi ini juga berlaku di Palestina. Saat Ramadhan datang, masyarakat Palestina akan menyantap kunafu untuk berbuka dan sahur. Makanan ini terbuat dari adonan tepung semolina yang dicampurkan dengan keju panas.

Toping-nya berupa sirup manis yang disiram di atasnya. Selama Bulan Ramadhan, penjual kunafu akan ditemui di berbagai penjuru Palestina.

Dekorasi rumah dengan fanous

Mesir punya tradisi uniknya tersendiri. Menjelang Bulan Ramadhan masyarakat Mesir akan memasang fanous di depan rumahnya. Fanous merupakan lampu lentera berwarna cerah dengan hiasan unik khas Timur Tengah.

Selain indah, lampu fanous juga punya makna tersendiri, lho. Lampu hias Mesir ini menjadi lambang persatuan dan kegembiraan menyambut Ramadhan. Hadirnya lampu fanous bikin suasana malam di Mesir jadi semakin cantik dan gemerlap.

Mesharaty

Tradisi Ramadhan, Mesharaty dilaksanakan di berbagai negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Mesir, dan Yaman. Tradisi ini adalah kegiatan membangunkan orang-orang menjelang sahur dengan menabuh gendang lengkap dengan atribut dan pakaian masa lampau.

Hmmm, tapi Bestpackers kalau dilihat-lihat tradisi ini mirip dengan yang biasa dilakukan di Indonesia, ya?

Menembakkan meriam Yellow Bastion

Ada tradisi Ramadhan unik di Kota Sarajevo, Bosnia-Herzegovina saat menjelang waktu berbuka puasa. Masyarat Kota Sarajevo akan menembakkan meriam yang telah berusia ratusan tahun, Bestpackers. Biasanya mereka akan berkumpul di Yellow Bastion yang dulunya merupakan bangunan pertahanan selama pemerintahan Ottoman abad ke-18.

Ketika meriam ditembakkan, maka suara gema akan menderu dari bukit ke sepanjang penjuru kota. Dentuman ini akan membuat masyarakat datang terkejut namun dalam suasana suka cita Ramadhan.

Iftar Picnics

India punya tradisi Ramadhan uniknya tersendiri, Bestpackers. Negara ini memiliki tradisi iftar picnics atau piknik untuk berbuka puasa. Ratusan umat muslim akan berkumpul bersama dan meletakkan selembar kain besar sebagai alas hidangan makan yang telah disiapkan dari rumah.

Iftar picnics bermakna piknik buka puasa yang dilakukan di teras-teras masjid sekitar kota. Adanya iftar picnics juga menjadi ajang merekatkan hubungan antar sesama umat muslim di India.

Bermain Mheibes

Selain berpuasa, Bulan Ramadhan juga identik dengan suka cita. Momen ini direpresentasikan warga Irak dengan bermain Mheibes saat Ramadhan. Biasanya selepas berbuka puasa masyarakat Irak akan berkumpul di sekitar lingkungannya untuk melakukan permainan Mheibes.

Permainan ini identik dengan tebak menebak siapa yang menyembunyikan cincin. Biasanya ada dua kelompok yang bermain dengan masing-masing kelompok memiliki anggota 40 hingga 250 pemain sekaligus. Tradisi Ramadhan Mheibes juga menjadi ajang silaturahim antar warga di Irak.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Cantik di Nusa Lembongan, Bikin Susah Move On

Bazar Ramadhan di Singapura

Terkenal sebagai pusat wisata belanja dan kuliner, negara tetangga ini juga punya tradisi unik sambut Ramadhan. Saat bulan Ramadhan, ada bazar khusus yang diselenggarakan di area Masjid Sultan, Singapura.

Tradisi Ramadhan unik ini telah dimulai sejak tahun 1960. Nggak hanya menyajikan berbagai pernak-pernik Ramadhan, bazar ini juga menjajakan berbagai sajian kuliner halal yang lezat.

Festival Garangaou

Selain Singapura, Qatar juga punya perayaan Ramadhan-nya tersendiri. Setiap tanggal 13, 14, 15 bulan Ramadhan, masyarakat Qatar menyelenggarakan Festival Garangaou selepas berbuka puasa dan Salat Maghrib. Festival ini sangat unik, Bestpackers!

Biasanya anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan akan mengenakan pakaian adat masing-masing dan berkeliling ke tetangganya. Nggak sekadar berkeliling biasa. Mereka juga bernyanyi dan mengumpulkan permen serta kue dari para orang dewasa.

Bestpackers, itulah 8 tradisi Ramadhan unik di berbagai penjuru dunia. Kalau kamu sendiri, punya tradisi menarik apa dalam menyambut bulan Ramadhan?

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer