7 Tips Aman Wisata saat Pandemi, Cocok Untuk Backpacker-an

Situasi pandemi membuat beberapa aktivitas menjadi terkendala, seperti traveling contohnya. Nah, melakukan wisata saat pandemi menjadi PR tersendiri agar liburan tetap aman dan nyaman. Inilah 7 tips travelling aman saat pandemi.

Pandemi Covid-19 mengubah semua lini kehidupan, termasuk dalam sistem liburan. Terlebih untuk Bestpackers yang bekerja kantoran pasti butuh traveling untuk merefresh kembali otak dan pikiran setelah sekian lama WFH. Untuk itu, sangat penting sekali mengetahui tips aman wisata saat pandemi. 

Wisata saat pandemi seperti ini tentu kondisinya berbeda dengan saat sebelum pandemi. Dalam kondisi seperti ini untuk Bestpackers yang akan traveling tentunya harus lebih matang lagi dalam perencanaan perjalannya.

Nah, untuk membantu Bestpackers dalam perencanaan perjalanan, berikut ada 7 tips traveling aman saat pandemi supaya liburan Bestpackers lebih aman dan menyenangkan.

Pilih Destinasi Liburan dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Wisata saat pandemi seperti ini penting bagi Bestpackers untuk memilih destinasi dengan penerapan protokol kesehatan. Bestpackers harus mengecek segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum mengunjunginya.

Bestpackers bisa memilih tempat wisata yang tidak terlalu ramai, supaya tidak banyak terjadi kerumunan. Selain itu, Bestpackers juga harus memastikan dulu apakah destinasi yang akan dikunjungi memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat cuci tangan hingga tempat pemeriksaan suhu badan.

Hindari Menggunakan Transportasi Umum

Bestpackers yang ingin melakukan wisata saat pandemi seperti ini sebisa mungkin harus menghindari menggunakan transportasi umum, karena biasanya transportasi umum akan digunakan oleh banyak orang.

Lebih baik saat melakukan traveling, Bestpackers menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut dilakukan supaya tidak berkontak dengan orang banyak dan lebih aman.

Pastikan saat Melakukan Traveling Bestpackers dalam Keadaan Sehat

Tentu yang diharapkan dari traveling adalah otak dan pikiran menjadi fresh kembali. Bestpackers tentunya tidak mengharapkan pulang-pulang dari traveling malah sakit kan? Nah, oleh karenanya sebelum berangkat traveling Bestpackers harus memastikan dulu badan dalam keadaan sehat.

Orang dengan kondisi badan yang tidak fit akan mudah tertular Covid-19, oleh karenanya untuk melakukan wisata saat pandemi yang terpenting adalah badan fit dahulu. Apabila Bestpackers sedang sakit, batuk, pilek atau sesak nafas lebih baik tidak traveling dahulu.

Membawa Safety Kit saat Melakukan Perjalanan

Hal yang tak kalah penting dipersiapkan untuk wisata saat pandemi adalah membawa safety kit saat melakukan perjalanan. Safety kit yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan diantaranya: masker, hand sanitizer, sabun cuci tangan. Pastikan membawanya dalam jumlah yang cukup.

Selain itu untuk lebih aman lagi Bestpackers dapat membawa sendiri peralatan-peralatan yang diperlukan saat traveling, seperti: peralatan makan, peralatan ibadah, vitamin. Dan pastikan Bestpackers membawanya lebih dari satu untuk berjaga-jaga. 

Pilih Destinasi dengan Aktivitas Outdoor

Bestpackers jika ingin melakukan wisata saat pandemi lebih baik untuk memilih tempat wisata di luar ruangan (outdoor). Seperti pergi ke pantai atau gunung atau tempat lainnya yang terbuka.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus, karena aktivitas outdoor memiliki resiko penyebaran virus yang lebih rendah daripada aktivitas indoor. Sehingga lebih baik untuk Bestpackers melakukan traveling di tempat yang terbuka.

Baca Juga: Kerja Sambil Liburan, Mengenal Perbedaan Bleisure dan Workation

Siapkan E-Money atau Pembayaran Elektronik

Bestpackers untuk lebih aman lagi melakukan wisata saat pandemi dapat menyimpan E-Money atau pembayaran elektronik, hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran uang yang dikhawatirkan juga turut menyebarkan virus.

Dengan menyiapkan E-Money atau pembayaran elektronik akan memudahkan Bestpackers dalam melakukan transaksi saat melakukan traveling. Dan tentunya akan menjadikan traveling Bestpackers lebih aman dan nyaman lagi.

Disiplin Menerapkan 3M

Bestpackers walaupun sedang wisata saat pandemi tetap harus menerapkan 3M ya (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) hal tersebut untuk perlindungan Bestpackers dari penularan virus.

Selain menerapkan 3M tersebut, Bestpackers juga harus senantiasa mengingatkan orang lain untuk menerapkan 3M juga, ya. Jadi walaupun sedang bersenang-senang traveling tapi tetap harus disiplin 3M.

Itu dia tujuh tips aman traveling selama pandemi COVID-19. Nah, untuk mendapatkan penginapan yang memenuhi standar kesehatan COVID-19 namun tetap affordable, Bestpackers bisa menemukannya di website Besthostels.co.id. Selamat mencoba.

Baca Juga: Strategi Hostel di Indonesia Saat Pandemi

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer