Ingin Travelling ke Luar Negeri? Pahami Dulu Tips Berikut Ini!

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan kamu bisa mulai menjajaki tanah luar negeri. Travelling ke luar negeri tidak selalu mahal, lo. Asalkan kamu menggunakan tips berikut ini.

Travelling adalah salah satu cara relief strees terbaik, lo. Selain itu, dengan berlibur kamu juga bisa menemukan inspirasi baru. Nah, ngomongin liburan Bestpackers nggak hanya bisa mengunjungi destinasi wisata di dalam negeri saja, travelling ke luar negeri juga recommended, lo.

Rencana liburan ke luar negeri memang terdengar mahal dan tidak affordable. Padahal kenyataannya tidak demikian, Bestpackers. Dengan perencanaan yang matang travelling ke luar negeri sebenarnya bisa lebih murah.

Berikut ini hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum liburan ke luar negeri.

Tentukan negara tujuan

Menentukan negara tujuan untuk travelling ke luar negeri adalah hal pertama yang harus dilakukan. Agar lebih hemat budget, Bestpackers bisa memilih negara yang memberikan akses bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia. 

Karena mengurus visa menelan biaya yang tidak sedikit bahkan ada yang sampai jutaan rupiah. Pengajuan visa sendiri juga tidak selalu diterima, bisa jadi juga ditolak. Sehingga, untuk menghemat budget, uang untuk biaya membuat visa bisa dialihkan untuk kegiatan selama travelling.

Ada banyak sekali negara yang menerapkan kebijakan bebas visa baru wisatawan Indonesia, antara lain Maladewa, Krabi, Boracay, dan Pulau Jeju. Jika tidak ingin jauh-jauh Bestpackers bisa mengunjungi negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. 

Tentukan Waktu Liburan

Penentuan waktu liburan harus dilakukan untuk menekan biaya travelling ke luar negeri. Idealnya pilih waktu sebelum atau setelah high season. Karena, hukum permintaan dan penawaran juga berlaku dalam urusan travelling. 

Ketika high season seperti libur sekolah, libur hari raya, atau libur tahun baru, harga tiket pesawat dan penginapan pasti dibandrol jadi lebih mahal. Sekalipun ada yang murah jumlahnya akan terbatas.

Makanya Bestpackers bisa memilih waktu low season untuk mengagendakan travelling ke luar negeri. Keuntungan yang didapat yakni harga tiket pesawat dan penginapan akan relatif murah. Selain itu, kepadatan wisatawan juga akan terkendali dibanding pada high season.

Biaya yang bisa ditekan dari pembelian tiket pesawat dan penginapan, dapat dialihkan untuk mengunjungi objek wisata. Bestpackers bisa mengeksplorasi lebih jauh di negara tujuan. 

Gunakan hostel untuk menginap

Untuk menghemat budget, Bestpackers bisa mencari penginapan selain hotel. Salah satu penginapan yang paling recommended saat liburan ke luar negeri adalah hostel. Dibandingkan harga menginap di hotel, harga hostel jauh lebih murah, lo.

Selain itu hostel juga lebih menguntungkan Bestpackers yang ingin berpetualang dengan cara backpacking-an. Salah satunya, dengan menginap di hostel kita bisa mengenal traveller lain dari beberapa negara. Moment ini dapat digunakan untuk saling bertukar informasi atau menambah relasi. 

Biasanya hostel juga dilengkapi dengan fasilitas dapur umum yang bisa kamu gunakan untuk membuat makanan. Jauh lebih irit, bukan?

Baca Juga: Cewek Solo Backpacking ke Luar Negeri? Bisa Banget!

Siapkan Rute Perjalanan dan Gunakan Transportasi Umum

Tips berikutnya untuk mendukung kesuksesan travellingmu adalah dengan menyiapkan rute perjalanan dan menggunakan transportasi umum untuk mengeksplorasi berbagai tempat. Sebelum berangkat Bestpackers sudah harus mempelajari rute perjalanan yang akan dilewati. 

Kemudian, memahami transportasi umum apa yang akan digunakan. Karena, setiap negara berbeda dalam menerapkan sistem transportasi umumnya. Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Bestpackers sudah melakukan persiapan yang matang. 

Selain dapat memperlancar perjalanan persiapan yang matang juga tidak banyak menghabiskan waktu dan budget liburan. 

Baca Juga: 7 Tips Hemat Traveling Agar Keuangan Tidak Berantakan

Kombinasikan Kuliner yang Mengenyangkan

Biar nggak mengalami budget bocor, Bestpackers harus menyiapkan anggaran harian untuk makan. Tips travelling ke luar negeri ini akan membuat keuangan Bestpackers lebih rapi. Pagi hari, Bestpackers bisa sarapan di penginapan. 

Kemudian siangnya bisa menggunakan anggaran untuk makan di luar. Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Cara ini penting agar perut aman ketika diajak jalan-jalan.

Nah, malam harinya Bestpackers bisa mencicipi camilan khas negara tersebut. Jika di kota yang kamu kunjungi terdapat kawasan street food, kamu juga bisa mengeksplorasi tempat tersebut. Karena biasanya kawasan street food punya harga yang lebih miring.

Kelima tips di atas akan membuat travellingmu berjalan lancar dan pastinya keuangan tidak akan menangis. Tunggu apalagi, mulai ciptakan pengalaman serumu. Untuk mendapatkan info menarik lainnya, Bestpackers bisa mengunjungi Instagram BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer