7 Tips Penting Solo Traveling Bagi Pemula

Bestpackers, nyobain jalan-jalan dengan solo traveling harus kamu coba minimal sekali seumur hidup. Namun sebelum berangkat solo traveling pastikan kamu melakukan beberapa tips berikut.

Saat ingin mencoba solo traveling nggak jarang dari kita merasa overthinking. Mulai dari takut kesepian hingga merasa tidak aman di tempat baru sendiri. Tapi Bestpackers, pemikiran-pemikiran seperti ini harus coba kamu buang jauh-jauh, ya.

Pasalnya, solo traveling bisa jadi ajang paling tepat untuk me-time dan keluar dari zona nyaman. Namun agar aman selama solo traveling sebaiknya kamu paham beberapa hal, ya. Berikut ini beberapa tips penting yang harus dilakukan solo traveler pemula.

Gali informasi mendalam

Agar aman saat melakukan traveling, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu, ya. Bestpackers, wajib memiliki informasi seputar destinasi liburan yang bakalan dikunjungi. Pencarian informasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mencari di internet atau bertanya pada orang yang pernah kesana.

Kamu bisa cari tahu seputar tradisi, karakteristik warga sekitar, transportasi yang ada di sana, serta kebutuan tambahan lain yang menunjang. Memiliki banyak informasi seputar lokasi tujuan akan bikin perjalanan solo travelingmu semakin efektif dan nyaman, lho.

Budgeting dan itinerary

Nah, karena Bestpackers bakalan berpergian sendiri ada baiknya untuk bikin anggaran dan rencana perjalanan dengan matang, ya. Pastikan kamu menyebutkan secara detail rencana perjalanan dari awal bangun pagi hingga kembali lagi ke penginapan.

Buat juga rincian seputar list transportasi yang akan digunakan, durasi waktu untuk moving lokasi wisata, hingga budget yang akan dikeluarkan. Karena jalan-jalan sendiri, kamu jadi harus mandiri untuk menjadi time keeper pribadi, ya.

Catat nomor penting

Sebelum solo traveling pastikan jika kalau kamu menyimpan kontak-kotan penting dari kota yang akan kamu kunjungi. Misalnya, nomor telepon penginapan, polisi, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

Jangan lupa juga untuk menyimpan nomor-nomor orang terdekatmu agar bisa memberi kabar sewaktu-waktu, ya. Bestpackers, jangan hanya mengandalkan ponsel untuk mencatat nomor-nomor penting ini.

Sebaiknya buatlah catatan cadangan di kertas atau notes yang akan kamu bawa ke mana-mana. Keberadaan nomor-nomor penting ini bisa menjadi salah satu cara untuk tetap aman selama solo travelling.

Jangan lupa monopod atau tripod

Solo traveling bukanlah alasan kamu nggak bisa mengabadikan momen selama perjalanan, kok. Karena Bestpackers bisa memanfaatkan kemajuan teknologi buat hal ini. Yaps, jangan lupa untuk membawa tropod atau monopod (tongsis) agar kamu tetap bisa menjepret foto kece dan instagramable.

Lakukan metode light packing

Saat sedang solo traveling, Bestpackers pasti nggak mau dong ribet bawa barang bawaan. Apalagi kalau lokasi wisata yang akan kamu kunjungi mengharuskanmu pindah-pindah. Untuk itu, cobalah membawa beban seringan mungkin selama perjalanan solo traveling, ya.

Agar lebih efisien sebaiknya kamu membuat catatan bersisi barang-barang penting yang ingin dibawa. Melakukan light packing bisa menjadi cara paling efisien untuk packing bagi solo traveler.

Simpan uang, atm dan dokumen penting secara terpisah

Bestpackers, sedia payung sebelum hujan penting banget dilakukan selama solo traveling. Nah, salah satu tips penting dalam solo traveling adalah memisahkan uang, ATM, dan dokumen di tempat terpisah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir diri kita sebagai korban kejahatan.

Menempatkannya di tempat terpisah akan membuat Bestpackers lebih aman jika terjadi hal-hal buruk yang nggak diinginkan.

Menginap di hostel

Hotel memang terkesan menawarkan lebih banyak kenyamanan. Namun saat menjadi solo traveler akomodasi ini kurang cocok digunakan. Pasalnya, di hotel Bestpackers akan kesulitan untuk menemukan teman baru.

Nah, saat melakukan perjalanan sebagai solo traveler hostel menjadi pilihan terbaik yang bisa digunakan. Di sini Bestpackers punya lebih banyak kesempatan untuk menemukan sesama solo traveler dan saling bertukar cerita.

Mengusung konsep sharing, hostel memberikanmu banyak chance untuk menyapa pengunjung lain. Jangan takut untuk menyapa lebih dulu, ya. Karena siapa tahu kalian bisa jalan-jalan bareng atau dapat informasi baru selama solo traveling.

Eitss, tapi saat booking hostel pastikan kalau kamu menggunakan aplikasi terpercaya, ya. Best Hostel Indonesia bisa menjadi aplikasi paling recommended untuk booking hostel selama solo traveling. Selamat mencoba solo traveling, Bestpackers. Semoga berhasil.

Baca Juga: 5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer