7 Tips Road Trip Aman dan Nyaman, Anti Gagal

Road trip menawarkan sensasi petualangan tersendiri, Bestpackers. Agar road trip lebih aman dan nyaman jangan lupa menggunakan tips berikut ini, ya.

Saat ini road trip atau traveling menggunakan kendaraan pribadi tengah populer di kalangan traveler. Selain karena pengalaman dan keseruan selama perjalanan, road trip memang punya banyak keuntungan, salah satunya menghemat budget alias anggaran.

Pasalnya dengan road trip kamu nggak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk transportasi dan cukup menggunakan kendaraan pribadi. Road trip juga menawarkan sensasi perjalanan yang anti mainstream, Bestpackers.

Agar rencana road tripmu dapat berjalan dengan lancar dan aman gunakan tips berikut ini, Bestpackers.

Tentukan partner dan kendaraan

Sebelum berangkat road trip, Bestpackers harus menentukan terlebih dahulu kendaraan yang akan digunakan. Bisa motor atau mobil, ya. Sebaiknya, saat melakukan road trip kamu juga nggak sendirian.

Ajak partner yang tepat untuk menamani petualangan di jalanmu. Road trip bersama partner memiliki banyak keuntungan, antara lain punya teman bicara untuk mencegah ngantuk dan bisa bergantian menyetir.

Pilih partner yang sepemikiran agar perjalanan jadi lebih seru dan asyik.

Memilih destinasi dan waktu yang tepat

Jauh dekat destinasi untuk road trip sebaiknya disesuaikan dengan kendaraan yang kamu pilih, ya. Jangan sampai destinasinya terlalu jauh dan justru bikin drop sepulang dari liburan. Sebaiknya diskusikan dengan matang bersama partner jalanmu dan perhatikan kondisi fisik kalian.

Selain memilih destinasi jangan lupa juga untuk merencanakan berwisata di tanggal yang tepat. Pasalnya sebagian besar waktumu akan berada di jalan sehingga kemungkinan besar faktor cuaca dan kemacetan bisa jadi masalah. Cuaca yang buruk bisa mengganggu perjalananmu.

Membuat itinerary

Membuat itinerary merupakan salah satu tips mempersiapkan perjalanan yang tidak kalah penting. Terlebih jika tujuan akhirmu cukup jauh dari rumah. Minimal Bestpcakers harus menentukan destinasi apa yang harus dikunjungi, waktu istirahat hingga akomodasi yang dipilih.

Agar tidak overbudget dalam perjalanan panjangmu kali ini ada baiknya jika Bestpackers menginap di hostel. Akomodasi ini telah tersebar di berbagai wilayah dan punya harga yang lebih terjangkau untuk liburan ala road tripmu.

Tapi pastikan agar Bestpackers tidak salah dalam memilih hostel untuk menginap. Gunakan website BestHostels Indonesia untuk pemesanan sebagai langkah mencegah penipuan akomodasi wisata. Dapatkan penawaran harga menarik di situs sahabat para backpackers ini.

Baca Juga: Menginap di Hostel Selama Jalan-jalan? Ini 8 Tips Agar Bestpacker Aman

Siapkan kesehatan fisik dan mental

Nah, tips yang satu ini tidak kalah penting, Bestpackers. Kesehatan raga dan mentalmu harus benar-benar dipersiapkan sejak lama agar tidak drop di perjalanan. Pastikan juga jika partnermu dalam kondisi fit sebelum melakukan perjalanan.

Karena dalam perjalanan jarak jauh nantinya kelelahan tidak hanya memicu sakit namun juga bisa membahayakan keselamatan kalian, Bestpackers. Jadi bersiaplah dengan olahraga dan menjaga pola makan sehat agar tidak kelelahan selama road trip.

Cek kendaraan dan kelengkapan surat

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu lama memeriksa mesin kendaraan dalam keadaan prima adalah hal wajib. Periksa terlebih dahulu kendaraanmu ke bengkel dan pastikan seluruh fungsi mesinnya berfungsi dengan baik, ya.

Jangan sampai ada kendala dalam perjalanan yang mengacaukan rencana road tripmu. Selain cek kondisi kendaraan Bestpackers juga wajib memeriksa kelengkapan surat-surat. Siapkan berbagai surat yang menunjang untuk memudahkan jika ada pemeriksaan lalu lintas.

Jangan lupa P3K dan obat-obatan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan jangan lupa untuk membawa kotak P3K dan obat-obatan. Benda-benda ini penting sebagai langkah jaga-jaga selama perjalanan.

Beberapa obat wajib yang harus dibawa adalah obat sakit kepala, pusing, mabuk perjalanan, obat luka, batuk, hingga demam.

Bawa barang seperlunya

Terakhir bawa barang seperlunya saja. Meski menggunakan mobil kamu tetap harus menghemat ruang penyimpanan agar sesekali bisa beristirahat di mobil dengan nyaman. Bawalah barang-barang yang krusial dan akan digunakan selama perjalananmu.

Bestpackers, selain tips road trip di atas, sebaiknya kamu juga melakukan screening tes COVID-19 sebelum berangkat. Pasalnya di momen pandemi seperti saat ini surat screening tes merupakan salah satu syarat untuk bisa memasuki wilayah atau kota tujuanmu.

Baca Juga: 8 Manfaat Solo Traveling, Jangan Takut Mencoba

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer