7 Tips Perjalanan Bisnis yang Aman dan Nyaman

Selama melakukan perjalanan bisnis atau business trip, kita dapat banyak keuntungan, lo. Salah satunya kesempatan buat jalan-jalan. Agar business trip-mu lebih nyaman, baca dulu beberapa tips berikut, ya.

Salah satu kesempatan emas yang didapatkan saat kita bekerja adalah melakukan perjalanan bisnis atau business trip. Mengikuti perjalanan bisnis nggak melulu tentang pertemuan dan pembahasan mengenai pekerjaan, kok.

Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk eksplor lokasi-lokasi wisata di sekitar lokasi tujuanmu. Bisa dibilang perjalanan bisnis ini ibarat sambil menyelam minum air, Bestpackers. Nah, kalau kamu mendapatkan kesempatan ini di kemudian hari baca dulu beberapa tips berikut, ya.

Selain nyaman di perjalanan tips ini juga membantumu untuk lebih leluasa eksplorasi kota tujuan.

Membuat itinerary secara detail

Nggak hanya dalam traveling biasa, saat perjalanan bisnis kamu juga wajib membuat itinerary atau daftar perjalanan. Meskipun trip yang akan kamu lakukan hanya 2 hari tau bahkan 1 hari saran ini tetap berlaku, ya.

Fokuskan urusan pekerjaan terlebih dahulu. Setelah semuanya selesai kamu bisa memasukkan wishlist pribadimu di lokasi tersebut. Kamu bisa mencatat itinerary secara detail di notes ponsel saja, kok.

Atur rencana pengeluaran

Meskipun biaya perjalananmu ditanggungoleh perusahaan tetap pastikan jika kamu mengatur rencana pengeluaran, Bestpackers. Pasalnya seringkali sepulang bussiness trip kita akan ditagih oleh-oleh untuk rekan kantor.

Selain itu, jika kamu memutuskan untuk extend biaya-biaya terkait juga harus kamu pisahkan secara pribadi. Jadi, tetap lakukan estimasi pengeluaran sebagai bentuk jaga-jaga, ya.

Bawa tas serbaguna

Tips untuk perjalanan bisnis selanjutnya adalah bawalah tas serbaguna. Saat bussiness trip biasanya tasmu akan lebih berat, Bestpackers. Pasalnya, kamu diharuskan membawa laptop, materi rapat, buku atau kebutuhan bisnis lainnya.

Nah, biar kamu nggak perlu kemana-mana membawa semua barang tersebut siapkan 1 tas serbaguna, ya. Bawa tas kecil saja untuk menaruh barang berharga seperti dompet, paspor, ponsel, dan barang berharga lainnya. Nantinya tas kecil ini juga bisa jadi teman perjalananmu di luar agenda bisnis.

Uang cash penting banget

Mengandalkan uang elektronik, credit card, dan sejenisnya nggak selalu efektif saat business trip. Apalagi jika tujuan perjalanan bisnismu ke luar negeri. Pasalnya, nggak semua tempat memberlakukan penggunaan uang elektronik.

Jadi, tetap usahakan untuk membawa uang cash sebagai selama perjalanan bisnis yang kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial

Siapkan dokumen penting

Bestpackers, selama melakukan perjalanan dinas jangan lupa untuk menyiapkan dokumen penting dalam satu tempat, ya. Dokumen ini meliputi tiket pesawat, paspor, ktp, dan tanda pengenal lainnya. Simpan dokumen dalam tempat yang aman dan mudah terjangkau.

Kamu bisa membawa sling bag atau handbag selama melakukan perjalanan. Selain dokumen Bestpackers juga perlu menyiapkan dengan baik materi yang akan digunakan untuk menunjang pekerjaan.

Pelajari kondisi kota tujuan

Dalam misi perjalanan apapun mengetahui medan dari lokasi yang akan kamu jalani penting banget, lo. Apalagi jika dalam perjalanan bisnis kamu berencana untuk eksplor kota tersebut lebih dalam. Pahami mengenai lokasi, transportasi, tempat makan terdekat, dan akses publik lain yang menunjang.

Mempelajari kondisi kota tujuan akan memberikanmu pengalaman perjalanan yang lebih nyaman.

Siapkan waktu luang

Saat berangkat jangan lupa untuk mengecek pekerjaan apa saja yang akan kamu lakukan beserta jadwalnya, ya. Ini untuk mengetahui jam-jam senggang yang kamu miliki di kota tersebut. Biasanya menjelang malam agenda pekerjaan akan selesai. Momen ini bisa kamu gunakan untuk traveling di kota bisnis trip.

Namun jangan sampai lupa waktu saat berjalan-jalan di malam hari, ya. Jangan sampai kamu pulang terlalu larut dan justru kurang energi untuk bekerja di keesokan harinya.

Meskipun kamu merasa happy banget karena ingin jalan-jalan selama bussiness trip tetap jangan lupakan tujuan utamanya, ya. Jadikan jalan-jalan sebagai bonus saja, Bestpackers.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer