5 Tips Naik Pesawat Aman Selama Pandemi, Konsisten Pakai Masker!

Bestpackers, naik kendaraan umum selama pandemi memunculkan kekhawatiran tersendiri, termasuk pesawat. Untuk menghindari kekhawatiran tersebut, yuk ikuti aturan naik pesawat aman berikut ini.

Pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan baru di mana kita tidak perlu lagi tes COVID-19 untuk penerbangan dalam negeri. Hal ini jadi kabar baik bagi banyak traveler. Namun sebelum memutuskan bepergian ke banyak tempat pastikan dulu kalau kamu tahu cara naik pesawat aman.

Berikut ini lima tipa naik pesawat aman selama pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Memakai Masker Medis

Demi mencegah penularan virus Corona setiap maskapai penerbangan menerapkan kebijakan wajib mengenakan masker. Namun, Bestpackers perlu memastikan untuk memilih jenis masker yang digunakan agar keamanan tetap terjaga. Masker medis menjadi pilihan yang tepat untuk dikenakan di tempat umum.

Penggunaan masker kain tidak diperbolehkan oleh berbagai maskapai penerbangan karena dinilai tidak efektif dalam menangkal penyebaran virus Corona. Masker medis dengan jenis N95 digadang-gadang menjadi masker yang efektif untuk mencegah penularan. Selain itu konsisten dalam memakai masker termasuk tips naik pesawat aman. 

Hati-Hati Saat Makan dan Minum

Penumpang maskapai penerbangan dianjurkan untuk selalu menggunakan masker sepanjang perjalanan, khususnya bagi mereka yang melakukan penerbangan jangka pendek. Sebelum menaiki pesawat, penumpang dianjurkan untuk mengkonsumsi air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Bagi Bestpackers yang sedang melakukan perjalanan dalam jangka waktu panjang, akan lebih baik jika hati-hati dalam makan dan minum. Usahakan untuk tidak makan dan minum secara bersamaan dengan penumpang lain. Bestpackers dapat menunggu penumpang lain selesai makan, baru kemudian melepas masker dan menikmati hidangan.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi Jet Lag Setelah Naik Pesawat

Memilih Kursi Dekat Dengan Jendela

Memilih tempat duduk juga merupakan salah tips naik pesawat aman. Bestpackers dapat memilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hal ini meminimalisir Bestackers bersinggungan dengan orang lain atau menghindari penumpang yang berlalu lalang.

Dibandingkan dengan tempat duduk yang berada di dekat lorong kabin, maka kursi di dekat jendela dinilai lebih aman. Jika ingin keamanan dan kenyamanan yang lebih, Bestpackers dapat menaiki pesawat kelas bisnis karena lebih sepi penumpang.

Hindari Berdesakan Saat Check-In dan Boarding

Tips naik pesawat aman berikutnya yakni menghindari kerumunan saat berada di bandara baik ketika melakukan check-in maupun saat boarding. Penularan saat berada di bandara dinilai lebih tinggi karena lebih banyak kemungkinan kontak muka maupun berinteraksi dengan orang lain.

Oleh sebab itu, sangat penting sekali untuk menerapkan jarak aman saat berada di bandara. Hindari terlalu banyak membawa barang bawaan agar tidak merepotkan saat check-in. Usahakan untuk tidak banyak berinteraksi dengan banyak orang untuk menghindari penularan virus Corona.

Sering Mencuci Tangan atau Membawa Handsanitizer

Tips naik pesawat aman berikutnya yakni dengan sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Saat berada di bandara terkadang kita secara tidak sadar menyentuh permukaan benda baik itu meja atau kursi yang sebelumnya juga digunakan orang lain.

Oleh karena itu, Bestpackers harus sering mencuci tangan karena kita tidak tahu apakah benda yang kita sentuh bersih atau tidak. Namun, jika Bestpackers enggan untuk mencuci tangan sering-sering dapat menggunakan hand sanitizer untuk mempermudah membersihkan tangan.

Itulah 5 tips naik pesawat aman selama pandemi yang wajib kamu lakukan. Menerapkan protokol kesehatan di tempat umum tidak hanya menjaga diri kita sendiri namun turut juga menjaga keselamatan orang lain. Yuk, disiplin protokol kesehatan!

Baca Juga: 7 Manfaat Naik Angkutan Umum Saat Liburan, Cocok Untuk Berhemat!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer