5 Tips Mudik Aman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Selalu ada yang khas dengan lebaran, salah satu yang ikonik adalah kegiatan mudik. Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah momen yang spesial untuk berkumpul bersama keluarga. Nah, agar mudik aman dan lancar, Bestpackers bisa memperhatikan 5 tips berikut ini. 

Mudik menjadi tradisi tahunan yang telah berlangsung lama di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan agar para perantau dapat berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga di kampung halaman. Nah, karena harus melalui perjalanan panjang sebaiknya kita paham mengenai tips mudik aman.

Karena nggak menutup mata, ada banyak tantangan yang bakalan kita lalui ketika mudik. Agar acara mudik bersama keluarga bisa lebih aman, berikut ini 5 tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang harus kamu lakukan. 

Pastikan Kendaraan dalam Keadaan Baik

Tips mudik aman bisa dimulai dengan mengecek kondisi kendaraan. Kondisi kendaraan menjadi faktor terpenting karena berpengaruh pada keselamatan. Bestpackers harus memastikan seluruh komponen penting kendaraan berfungsi dengan baik. 

Akan lebih baik jika kita membawa kendaraan ke bengkel terlebih dahulu sebelum berangkat mudik. Pastikan agar mobil dicek mendetail, mulai dari kondisi mesin, rem, oli, ban, dan lainnya. 

Selain itu, Bestpackers juga harus menyiapkan beberapa kelengkapan, seperti ban serep, dongkrak, tuas pembuka, kunci roda, dan lain sebagainya.

Tubuh yang Fit

Badan yang sehat adalah modal penting untuk mudik aman. Karena selama mudik kita akan dihadapkan dengan perjalanan yang jauh dan macet. Hal ini berisiko membuat badan terasa cepat lelah dan mudah sakit. 

Karena itu, kita harus memastikan badan dalam keadaan fit untuk menghadapi tantangan di jalan. Selain itu, jika di tengah-tengah perjalanan Bestpackers merasa lelah dan mengantuk sebaiknya beristirahat terlebih dahulu.

Jangan memaksakan berkendara dalam kondisi lelah dan mengantuk. Karena hal tersebut akan sangat membahayakan keselamatanmu. Sebaiknya segera mencari rest area atau pom bensin terdekat untuk beristirahat. Kamu bisa melanjutkan perjalanan setelah badan kembali fit.

Membawa Perbekalan yang Cukup

Hal penting yang sering dilupakan selama perjalanan mudik adalah perbekalan. Yups, membawa bekal akan membantu kita dalam situasi genting selama mudik, misalnya macet atau harus berbuka puasa di jalan raya.

Perbekalan yang dimaksud yakni mencakup perbekalan makanan, minuman, dan uang cash. Membawa uang cash sangat penting karena tidak semua restoran melayani pembayaran dengan kartu. Jadi untuk berjaga-jaga tetap bawa uang cash, ya.

Baca Juga: 7 Cara Merencanakan Traveling Agar Lebih On Budget!

Membawa Safety Kit

Hal yang tak kalah penting dipersiapkan untuk mudik aman adalah membawa safety kit. Safety kit yang wajib dibawa saat melakukan perjalanan mudik diantaranya: obat pribadi, masker, hand sanitizer, dan sabun cuci tangan. 

Pastikan Bestpackers membawa alat-alat di atas dalam jumlah yang cukup. Selain itu karena kondisi masih pandemi, Bestpackers juga bisa berjaga-jaga dengan membawa perlengkapan pribadi sendiri. Misalnya, peralatan makan, peralatan ibadah, dan vitamin. 

Beban Muatan tidak Melebihi Kapasitas

Yang harus Bestpackers perhatikan pula untuk keselamatan dan kenyamanan agar bisa mudik aman adalah perihal beban muatan. Bestpackers sebaiknya memastikan kembali agar beban muatan tidak melebihi kapasitas kendaraan.

Karena setiap kendaraan sudah didesain untuk mengangkut beban dengan kapasitasnya masing-masing. Jadi Bestpackers jangan terlalu memaksakan muatan ya, karena kendaraan yang kelebihan muatan akan membahayakan keselamatan penumpangnya.

Nah, itu dia tips mudik aman dengan menggunakan kendaraan pribadi yang dapat Bestpackers terapkan. Selamat pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga kembali. 

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan Unik dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer