5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa Agar Tetap Bugar Beraktivitas!

Ramadhan menjadi momentum penting bagi setiap orang untuk mengumpulkan pahala dan fokus beribadah. Agar lebih semangat beribadah jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan di bulan puasa. Bagaimanakah persiapan yang baik?

Ramadan umumnya jadi hari yang sibuk bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain harus fokus ibadah puasa di bulan ini seluruh umat Islam juga harus tetap beraktivitas seperti biasa. Karena itu, kita disarankan untuk menjaga kesehatan di bulan puasa. 

Apalagi, ketika berpuasa biasanya kita harus bangun di malam hari untuk melakukan sahur. Terpotongnya waktu tidur ini bikin banyak orang mengeluh pusing di pagi hari. Nah, agar aktivitasmu tidak terganggu, ada beberapa hal yang harus dilakukan selama puasa, berikut di antaranya.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu tips untuk menjaga kesehatan di bulan puasa. Ketika sedang berpuasa umumnya kita tidak mengonsumsi air selama lebih dari 12 jam. Kondisi ini berisiko memicu dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 

Dampak dehidrasi justru akan fatal  karena bisa menimbulkan lemas, sakit kepala, hingga sembelit. Nah, tips yang dapat Bestpackers lakukan adalah pandai-pandai membuat jadwal mengonsumsi air putih selama bulan puasa. 

Bestpackers dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat berbuka dan sahur. Minumlah empat gelas saat berbuka, dua gelas saat sahur dan empat gelas sebelum tidur. Dengan membuat jadwal demikian, tubuh akan terhindar dari dehidrasi.

Penuhi Asupan Gizi

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa selanjutnya adalah mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi. Tentu saja ini dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Makanan yang mengandung gizi dapat membuat tubuh menjadi sehat dan fit dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Untuk itu penuhi asupan gizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat saat berbuka puasa maupun sahur. Usahakan untuk tidak berbuka dengan makanan instan maupun junk food. Selain kurang memenuhi asupan gizi, makanan tersebut tidak akan membuat kenyang dalam waktu yang lama. 

Pastikan Makan Sahur

Bangun sahur memang bukan hal yang mudah. Namun meninggalkan makan sahur berakibat membuat tubuh terasa lemas di pagi hari. Pasalnya, dari makan sahur kita akan memperoleh energi dan dapat melakukan aktivitas selama seharian berpuasa.

Menu sahur yang dianjurkan yakni mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, dan mineral. Pastikan semua komponen tersebut ada dalam menu sahur Bestpackers. Tidak harus dalam porsi yang banyak akan asalkan semua komponen ada. 

Jangan lupakan sayur dan buah untuk melengkapi kebutuhan serat. Ini akan membuat tubuh Bestpackers bugar selama menjalani puasa.

Baca Juga: 8 Makanan Buka Puasa Lezat di Indonesia

Hindari Makanan Berlemak

Selama bulan puasa sebaiknya hindari makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi. Pasalnya makanan tersebut mudah diserap oleh tubuh sehingga Bestpackers akan mudah lapar. Usahakan untuk menghindari makanan berlemak seperti gorengan. 

Karena gorengan dapat memicu sakit tenggorokan yang tentunya dapat mengganggu jalannya puasa Ramadhan. Selain itu, gorengan juga mengandung banyak lemak yang dapat memicu kegemukan bahkan obesitas. 

Ada baiknya Bestpackers memperbanyak konsumsi buah dan sayur pada saat menjalankan ibadah puasa agar kesehatan bisa terjaga.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Selama Puasa Ramadhan, Tetap Asyik

Melakukan olahraga di waktu yang tepat

Cara menjaga kesehatan di bulan puasa adalah melakukan olahraga di waktu yang tepat. Yups, berpuasa bukanlah excuse untuk kita bermalas-malasan. Bestpackers tetap bisa menjalankan olahraga di bulan puasa.

Ada beberapa waktu yang tepat untuk menjalankan olahraga yakni menjelang berbuka puasa, setelah berbuka puasa, dan setelah sahur. Meski begitu upayakan agar kamu tidak melakukan olahraga terlalu berat ketika sedang bulan puasa, ya.

Itulah tips menjaga kesehatan di bulan puasa yang wajib untuk diterapkan. Yuk, pastikan agar tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Bestpackers bisa stay tune di website dan Instagram BestHostels Indonesia, ya. See you.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer