7 Tips Mengatasi Mabuk Kendaraan, Mudah untuk Diterapkan!

Mabuk di perjalanan bikin traveling jadi kurang asyik. Terlebih biasanya mabuk bikin kita enggan untuk beraktivitas setelahnya. Biar tidak mengganggu rencara jalan-jalanmu lakukan tujuh tips berikut untuk menghindari mabuk kendaraan.

Mabuk kendaraan merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman bahkan lemas saat melakukan perjalanan. Hampir semua transportasi bisa bikin mabuk kendaraan. Meskipun sudah sering jalan-jalan, kondisi ini juga tetap bisa menghampiri, lo.

Beberapa gejala yang umumnya dialami ketika sedang mabuk kendaraan antara lain pusing, keluar keringat dingin, mual-mual, mutah hingga tubuh terasa lemas. Kondisi demikian dapat menyebabkan keseimbangan tubuh juga terganggu.

Nah, agar Bestpackers dapat meminimalisir mabuk kendaraan tak ada salahnya untuk menerapkan tips berikut ini.

Mengonsumsi Jahe atau Peppermint

Mengonsumsi permen jahe atau olahan jahe lain dapat mencegah gejala mual hingga muntah saat di kendaraan. Selain, jahe kamu juga bisa memanfaatkan peppermint. Jangan salah, dengan mencium aroma jahe atau peppermint saja tubuh akan jadi lebih calming, lo.

Karena itu untuk mengantisipasi mabuk kendaraan ada baiknya untuk membawa jahe atau peppermint. Meskipun nantinya tidak mabuk, tapi berjaga-jaga tidak ada salahnya, kan?

Menghirup Minyak Angin atau Aromatherapi

Minyak angin atau aromaterapi menjadi salah satu barang ampuh yang dapat Bestpackers bawa saat melakukan perjalanan. Bestpackers dapat memanfaatkan kedua barang tersebut untuk meminimalisir mabuk kendaraan.

Aroma tersebut dapat Bestpackers temukan pada minyak esensial  seperti minyak kayu putih, lavender, lemon, hingga  rempah-rempah seperti adas dan kapulaga. Agar menambah kenyamanan Bestpackers selama perjalanan, pilihlah aromaterapi sesuai dengan selera.

Memejamkan Mata dan Beristirahat Sejenak

Memejamkan mata saat melakukan perjalanan merupakan cara yang juga efektif dalam mengatasi mabuk kendaraan. Jika posisi duduk di dekat jendela, Bestpackers juga dapat membukanya untuk menghirup udara segar sejenak.

Jika Bestpackers melakukan perjalanan yang jauh alangkah baiknya menggunakan sebagian waktu beristirahat sejenak. Hal ini dapat menghindarkan Bestpackers dari rasa pusing bahkan mual-mual. Nah, jika berhenti di rest area Bestpackers dapat berjalan-jalan sejenak sambil menghirup udara segar.

Mengubah Posisi Duduk

Posisi duduk yang salah bisa bikin kita mengalami mabuk perjalanan, lo. Biasanya, kita mudah mual ketika harus duduk menghadap ke samping dan belakang. Jadi, untuk menghindari mabuk kendaraan sebaiknya pilih tempat duduk menghadap ke depan, ya.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan saat duduk Bestpackers dapat membawa bantal leher. Hal ini membuat posisi duduk semakin lebih nyaman dan juga dapat mengurangi posisi kepala menunduk sehingga mencegah timbulnya rasa mual.

Minum Obat Anti Mabuk Kendaraan

TIps mengatasi mabuk kendaraan ini tentu tidak asing lagi, kan? Yups, kalau sudah sering atau bahkan selalu mengalami mabuk kendaraan ada baiknya kalau kita mengonsumsi obat anti mabuk sebelum berangkat.

Usahakan untuk minum satu jam sebelum perjalanan agar efeknya bisa langsung terasa. Dengan begitu Bestpackers akan merasakan kantuk dan tertidur selama di perjalanan. Hal ini akan menghindarkan kita dari rasa pusing, mual, hingga muntah.

Baca Juga: 5 Tips Naik Pesawat Aman Selama Pandemi, Konsisten Pakai Masker!

Makan Makanan Ringan

Jika Bestpackers termasuk orang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Maka sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan berat selama di perjalanan. Perut yang terisi penuh dan kenyang justru akan memperparah mual bahkan sampai mutah.

Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan ringan agar perut tidak penuh dan asupan makanan tetap terjaga. Bestpackers juga bisa mengonsumsi buah maupun roti yang tidak terlalu menimbulkan rasa kenyang. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup.

Baca Juga: 7 Tips Aman Wisata saat Pandemi, Cocok Untuk Backpacker-an

Istirahat Sebelum Perjalanan

Melakukan perjalanan dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar adalah cara terbaik untuk mencegah mabuk kendaraan. Berbeda kondisi jika tubuh Bestpackers sedang tidak fit pasti akan mudah merasakan mual ketika di kendaraan.

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Ada baiknya untuk mengurangi aktivitas pekerjaan sehari sebelum melakukan perjalanan. Ini akan membantu tubuh menjadi lebih fit dan tidak kelelahan.

Tips di atas cukup mudah untuk diterapkan, bukan? Nah, temukan tips menarik lainnya di website dan Instagram BestHostels Indonesia. Selamat mencoba.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer