6 Tips Menabung Untuk Anak Kuliahan, Gen Z Wajib Paham!

Siapa bilang anak kuliahan nggak bisa liburan? Bisa banget, asalkan kamu tahu tipsnya. Meskipun belum berpenghasilan tapi dengan tips menabung yang tepat hal tersebut bisa dilakukan. Simak di bawah ini, ya.

Datang ke destinasi-destinasi menarik adalah impian banyak orang. Sayangnya, untuk mewujudkan hal tersebut seringkali kita terkendala budget atau keuangan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut coba deh praktikan tips menabung yang benar.

Tips menabung untuk liburan ini bisa digunakan untuk kamu yang masih kuliah, maupun yang sudah bekerja. Tidak perlu terlalu hemat, kok. Berikut ini tips menabung untuk liburan yang realistis dan bisa diikuti oleh siapa saja.

Tips Menabung untuk Liburan

1. Tentukan Tujuan Liburan dan Susun Anggaran

Sebelum mulai menabung, kamu harus menentukan biaya untuk berkunjung ke suatu destinasi wisata terlebih dahulu. Buatlah list budget yang dibutuhkan dengan menentukan tujuan wisata yang akan dikunjungi. 

Kamu bisa membuat list tempat-tempat yang ingin didatangi dan buat skala prioritasnya. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan jarak, akses, kondisi lokasi wisata, dan waktu berlibur yang kamu miliki. 

Selain itu, tentukan jadwal keberangkatan agar persiapan dana lebih maksimal. Setelah semua tertata, kamu harus menyusun itenerary yang lengkap. Dari data tersebut, kamu bisa menyusun budget yang tepat untuk setiap kunjungan wisata.

2. Membuat Rekening Khusus Liburan

Kalau kamu sudah tahu besaran yang harus dikeluarkan, tips menabung selanjutnya yakni membuat rekening khusus liburan. Tujuannya agar dana liburanmu tidak tercampur dengan dana lain untuk kebutuhan sehari-hari.

Karena mencampur tabungan liburan dengan kebutuhan lain justru bikin uang jadi rentan terpakai. Sehingga, kamu nggak akan tahu progres menabung liburanmu sudah sejauh mana dan kurang berapa. Alhasil, target liburan akan susah tercapai.

Jadi, ada baiknya jika kamu memisahkan rekening liburan dengan kebutuhan-kebutuhan lain. Dengan cara yang cukup mudah dilakukan ini, kamu bisa merasakan banyak manfaat, lho.

3. Konsisten dan Minimalisir Pengeluaran Tidak Penting 

Sudah punya rekening khusus untuk liburan? Yups, tips menabung selanjutnya yakni kamu harus konsisten dalam menabung. Konsisten memang susah-susah gampang untuk dilakukan, tapi kalau kamu bisa pasti hasilnya akan terlihat.

Agar kamu lebih konsiten dalam menabung, ada baiknya untuk meminimalisir pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Misalnya saja, kamu bisa mengurangi kebiasaan shopping, nongkrong di cafe, nonton film dan kebiasaan lain yang menyedot keuangan kamu.

Bestpackers, harus bisa membedakan manakah yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Dalam memenuhi kebutuhan pun urutkan dengan skala prioritas seberapa besar barang itu dibutuhkan dan manfaat yang bisa diambil. Sehingga keuangan tidak akan mudah minus.

4. Sisihkan Tabungan Secara Otomatisasi

Tips menabung untuk liburan yang satu ini dianggap paling efektif dan efisien untuk dilakukan. Caranya yakni dengan menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung melalui otomatisasi. Dimana gaji akan langsung terpotong dan masuk rekening tujuan.

Cara ini dianggap efektif, karena bisa membuat kita terhindar dari lupa menabung atau membelanjakan untuk hal-hal tidak penting. Kalau sudah otomatisasi, tentu menabung akan jadi agenda yang rutin setiap bulan, bukan? Kamu juga bisa lebih praktis dan menghemat tenaga. 

5. Maksimalkan Hobi untuk Menghasilkan Uang

Kalau tempat wisata yang kamu tuju lokasinya jauh, maka biayanya pun juga cukup besar. Maka dari itu, kamu nggak bisa hanya mengandalkan gaji saja, terlebih di sisi lain juga harus memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan memaksimalkan hobi yang kamu miliki untuk menghasilkan uang. Misalnya saja, kalau kamu hobi fotografi kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk jasa fotografer freelance. 

Sehingga, kamu bisa memiliki penghasilan tambahan untuk ditabung. Tips menabung ini bisa kamu lakukan kalau kamu bersungguh-sungguh. Meskipun harus lebih besar effortnya, akan tetapi uang tabungan akan lebih cepat terkumpul.

6. Kumpulkan Uang Receh

Meskipun terdengar sepele, akan tetapi tips menabung yang satu punya manfaat yang besar kalau kamu teliti. Yups, mengumpulkan uang receh bisa jadi salah satu cara membantu kamu mewujudkan liburan. 

Biasanya kita cenderung mengabaikan uang receh kembalian dari belanja. Padahal, kalau rajin mengumpulkan akan ada banyak manfaat yang kita rasakan. Pepatah yang mengatakan “sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit” harus kamu ingat dalam hal ini. 

Cukup mudah bukan untuk menerapkan tips menabung di atas? Kamu hanya perlu menguatkan niat awal menabung dan terus konsisiten dalam prosesnya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Langkah Menyusun Resolusi 2023 Untuk Liburan

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!