5 Tips Menabung Cepat untuk Traveling Agar Tidak Boros yang Perlu BestPackers Tahu

Rencana travelingmu bisa segera terwujud meskipun penghasilan pas-pasan, lho. Caranya dengan membiasakan diri hidup tidak boros. Untuk membiasakannya cukup ikuti 5 tips menabung cepat untuk traveling ala BestHostels Indonesia berikut ini.

Pergi traveling jadi mimpi sebagian besar orang, khususnya sejak banyak kantor memberlakukan work from anywhere. Sayangnya, kalau ingin traveling kita sering terkendala budget. Padahal sebenarnya kamu bisa mengatasi masalah ini asalkan tahu tips menabung cepat untuk traveling yang bisa kamu aplikasikan di kehidupan sehari-hari.

(Baca Juga: 5 Keuntungan Liburan Bareng Sahabat)

Yups, membiasakan diri untuk tidak boros akan membantumu mewujudkan mimpi traveling dalam waktu dekat. Tapi kalau boros sudah jadi kebiasaan, bagaimana cara mengatasinya, ya? Ini dia, BestHostels Indonesia punya 5 tips menabung cepat untuk traveling yang bisa kamu coba.

Tips Menabung Cepat untuk Traveling

Berikut beberapa tips menabung cepat untuk traveling yang telah BestHostels rangkum. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

1. Tentukan Tujuan dan Membuat Anggaran

Bestpackers, tips menabung cepat untuk traveling yang pertama adalah dengan menentukan tujuan. Kamu harus tahu tempat mana yang akan dituju. Jika terlalu banyak lokasi yang ingin didatangi, cobalah untuk membuat skala prioritas.

Dengan menetapkan tujuan ini biasanya kita akan auto semangat untuk berhemat. Jika sudah memiliki tujuan, jangan lupa untuk membuat anggaran perjalanan secara terperinci, ya. Tips menabung cepat untuk traveling satu ini diperlukan untuk menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan.

Sebaiknya kamu membuat itinerary secara detail untuk memperjelas aktivitas apa saja yang akan dilakukan selama liburan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, di antaranya biaya transportasi, akomodasi, biaya makan, hingga pembuatan visa (jika perlu).

2. Sisihkan Uang Setelah Gajian Secara Otomatis

Agar impianmu untuk traveling segera tercapai, ada baiknya jika menyisihkan uang secara otomatis setelah gajian, ya. Buatlah pos keuangan khusus yang kamu isi setiap habis gajian. Besaran tabungan ini disesuaikan dengan jumlah nominal yang dibutuhkan dibagi dengan durasi waktu menabung. Tips menabung cepat untuk traveling ini terbilang cukup efektif untuk menghindari kalap setelah selesai gajian.

3. Membuat Tabungan Khusus

Biasanya jika seluruh uang berada di satu rekening saja, kita akan lebih mudah untuk foya-foya atau menggunakannya secara impulsif. Pasalnya, muncul perasaan ‘masih punya banyak uang’ yang membuat kita ingin terus berbelanja. Nah, untuk menghindari perasaan tersebut, pikirkanlah untuk membuat tabungan atau rekening khusus.

Dengan tips menabung cepat untuk traveling ini, kecil kemungkinan jika uang travelingmu terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sekarang ada banyak bank yang bisa melakukan pendaftaran nasabah baru melalui online. Jadi kamu bisa memiliki rekening baru hanya dalam hitungan menit.  

Dan tahukah kamu? Rata-rata produk tabungan dari perbankan justru membuat kamu menjadi lebih disiplin dalam menabung lho. Karena ada beberapa produk tabungan yang tidak dapat dicairkan secara bebas. Dalam arti, kamu baru bisa mencairkannya setelah tenggat waktu yang ditentukan.

4. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Tips menabung cepat untuk traveling selanjutnya adalah dengan menghindari gaya hidup konsumtif. Perlu diketahui bahwa konsumtif adalah godaan terbesar ketika kita ingin mempersiapkan tabungan liburan.

Karena itu, Bestpackers harus mengurangi gaya hidup konsumtif ketika sedang ingin traveling. Hindari pengeluaran-pengeluaran tidak perlu, seperti jajan kopi, membeli baju yang tidak diperlukan, sampai barang-barang yang tidak bermanfaat.

Selain itu, pastikan juga kalau kamu enggak kalap ketika melihat promo, ya. Karena meskipun terasa murah namun jika barang yang dibeli tidak bermanfaat ending-nya hanya akan menghancurkan keuanganmu.

5. Konsisten itu wajib

Nah, tips menabung cepat untuk traveling yang baru saja kita bahas di atas tentu tidak akan terwujud jika kamu enggak konsisten. Jadi cobalah untuk berkomitmen agar tabungan liburan bisa segera terkumpul, ya.

(Baca Juga: 7 Cara Merencanakan Traveling)

Jika perlu buat notes di berbagai tempat agar bisa konsisten menabung untuk liburan. Pastikan kalau kamu enggak hanya semangat di awal saja tapi juga konsisten sampai akhir, ya.

Nah, itu dia beberapa tips menabung cepat untuk traveling yang bisa kamu coba terapkan mulai sekarang. Dengan tips simple ini impianmu untuk traveling bukan lagi sekadar mimpi. Jika Bestpackers ingin mendapatkan informasi menarik lain seputar traveling, ikuti juga akun media sosial BestHostels Indonesia, ya.

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!