7 Tips Liburan Selama Puasa Ramadhan, Tetap Asyik

Puasa Ramadhan bukanlah penghalang untuk rencana liburanmu, Bestpackers. Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar kamu tetap bisa traveling nyaman selama berpuasa.

Bestpackers, bulan Ramadhan sangat ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia. Eittsss, tapi kamu nggak perlu khawatir tentang rencana liburanmu, kok. Bulan Ramadhan bukanlah suatu penghalang untuk melakukan liburan selama puasa, lo.

Kamu tetap bisa mengeksplor banyak lokasi wisata saat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Namun agar nggak kelelahan di jalan ada beberapa tips traveling yang harus kamu jalankan. Berikut ini 7 tips traveling saat Puasa Ramadhan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cari tahu jadwal sahur dan buka di lokasi tujuan

Bestpackers, nggak semua tempat punya jadwal sahur dan berbuka yang sama. Nah, sebelum kamu berangkat ke lokasi tujuan pastikan kamu sudah mengantongi informasi seputar destinasi wisata tujuan, ya.

Zaman sekarang nggak perlu bingung untuk mencari informasi tersebut. Ada berbagai informasi yang tersedia di internet dan aplikasi terkait sholat. Download aja aplikasi sejenis, ya, untuk memudahkan .

Pilih destinasi ramah muslim

Liburan selama puasa harus mempertimbangkan banyak hal, termasuk destinasi wisata pilihan. Sebaiknya, pilihlah destinasi wisata yang ramah muslim. Pilihlah kawasan yang memiliki banyak tempat ibadah dan mudah menemukan makanan serta minuman halal untuk berbuka.

Pemilihan destinasi wisata yang tepat akan memudahkanmu untuk tetap beribadah tepat waktu saat liburan selama puasa.

Sahur bernutrisi

Saat merencanakan liburan selama puasa, pastikan kalau kamu enggak melewatkan sahur, ya. Pasalnya, tubuhmu butuh banyak energi agar mampu jalan-jalan sesuai rencana. Agar tetap bugar selama traveling, kamu perlu menyantap menu sahur yang padat akan nutrisi.

Nah, tips khusus lainnya sebaiknya hindari meminum kopi atau teh saat sahur, ya. Karena kedua minuman ini akan memicu intensitas buang air kecil dan membuatmu cepat haus. Jadi, lebih baik minum susu dan air putih saja, ya.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Minimalisir barang bawaan

Membawa banyak bawaan di hari-hari biasa saja sudah cukup menguras energi. Apalagi saat berpuasa, kan? Jika tidak ingin tenagamu semakin habis terkuras, sebaiknya minimalisir bawaanmu saat kamu berniat liburan selama puasa, ya.

Saat berkemas bawalah barang seperlunya saja, seperti identitas, dompet, kamera, beberapa pakaian, dan perlengkapan salat. Dengan begitu ranselmu akan terasa lebih ringan.

Hindari aktivitas outdoor yang ekstrim

Selain memilih destinasi wisata yang ramah muslim, pemilihan tempat yang indoor juga perlu dipikirkan. Pasalnya, melakukan kegiatan wisata outdoor akan menguras banyak energimu saat liburan selama puasa.

Di bulan Ramadhan ini Bestpackers paling cocok untuk memilih destinasi wisata sejarah, wisata religi, dan wisata budaya. Karena ketiganya rata-rata berada di area indoor dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengeksplorenya.

Bawa bekal untuk berbuka

Meski sedang berpuasa, kamu juga tetap harus bawa bekal saat liburan. Nggak perlu makanan berat, kok. Cukup bawa sebotol air dan camilan saat traveling. Hal ini untuk mengantisipasi jika kamu berbuka puasa di perjalanan atau tidak menemukan lokasi berbuka yang tepat.

Pilih transportasi dan akamodasi yang nyaman

Selama traveling di bulan Ramadhan pastikan kamu menggunakan akomodasi dan transportasi yang nyaman, ya. Transportasi yang nyaman tidak akan menguras tenagamu saat liburan selama puasa. Sedangkan, akomodasi yang cozy akan membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Nggak perlu khawatir soal akomodasi nyaman, Bestpackers. Kamu bisa memilih ratusan hostel nyaman dan ramah di kantong melalui BestHostels.co.id.

Itulah 7 tips liburan selama puasa Ramadhan, Bestpackers. Dengan perencanaan yang matang, liburan selama puasa kamu bakal tetap asyik dan tak terlupakan.

Baca Juga: 5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer