5 Tempat Wisata Sejarah untuk Memperingati Bulan Kemerdekaan

Momentum kemerdekaan menjadi hari yang penuh makna bagi bangsa Indonesia di manapun berada, saat itu tepatnya 17 Agustus 1945 menjadi hari terbebasnya bangsa Indonesia dari kungkungan penjajah ratusan tahun lamanya.

Saat ini banyak cara untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia, biasanya setiap daerah diperingati dengan berbagai macam kegiatan dengan nuansa semangat merah putih. Nggak hanya dengan mengadakan kegiatan, mengunjungi tempat wisata sejarah juga bisa jadi kegiatan untuk menyambut hari kemerdekaan.

HUT ke-76 yang jatuh pada tahun ini dalam masa pandemi Covid-19 juga tidak akan mengurangi makna hari kemerdekaan, karena banyak cara dalam memaknainya. Salah satunya yaitu dengan mengunjungi tempat wisata sejarah untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Jika mengunjungi tempat wisata sejarah, bestpackers bisa mengenang kembali perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan. Dengan semangat merah putih yang membara, yuk kita peringati hari kemerdekaan! Inilah 5 tempat wisata sejarah di Jakarta yang akan membawamu bernostalgia pada perjuangan rakyat Indonesia masa penjajahan.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Membicarakan kemerdekaan tidak tepat rasanaya kalau tidak dimulai dari tempat wisaja sejarah yang satu ini. Yups bener banget, ini adalah tempat dirumusakannya naskah proklamasi sehingga diberi nama museum perumasan naskah proklamasi.

Tempat ini menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kemerdekaan, dimana di sinilah Soekarno dan Mohammad Hatta menyusun teks proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang kemudian dibacakan pada momentum yang tepat di tanggal 17 Agustus 1945.

Museum ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol nomor 1, Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya museum ini adalah kediaman Laksamana Maedah sebelum dialihfungsikan menjadi museum pada tahun 1992.

Baca Artikel Lainnya: Syarat Liburan di Bali saat PPKM Berlangsung, Bestpackers Wajib Tahu!

Monumen Nasional

Monumen nasional pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, terlebih warga ibu kota. Monumen tinggi menjulang ini berada di pusat kota Jakarta, tepatnya di Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat.

Tempat wisata sejarah ini memiki tinggi 132 meter dan dibangun pada tanggal 12 Juli 1975 lalu dan hingga saat ini masih berdiri kokoh dan dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah. Jika bestpackers mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan untuk naik sampai puncak monumen dan menikmati keindahan Jakarta dari ketinggian.

Nah, ketika di sini bestpackers akan diajak bernostalgia pada masa pra-sejarah hingga ordebaru yang tersimpan indah dalam diaroma museum ini. Uniknya lagi bestpackers bisa melihat naskah asli proklamasi yang masih tersimpan rapi di Ruang Kemerdekaan.

Museum Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda menjadi kebangkitan tersendiri bagi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Melalui museum ini lahirlah ikrar berbangsa satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu.

Tempat wisata sejarah ini berlokasi di Museum Sumpah Pemuda berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Jakarta Pusat. Apabila mengunjungi tempat ini, bestpackers dapat melihat patung lilin tokoh sumpah pemuda seperti Mohammad Yamin dan A.K Gani.

Destinasi wisata sejarah yang satu ini akan membawa bestpackers mengenang kembali peristiwa sumpah pemuda dahulu. Saat ini museum ini dikenal dengan nama Gedung Kramat Nomor 106.

Tugu Proklamasi

Salah satu tempat wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi ketika napaktilas kemerdekaan adalah tugu proklamasi. Letaknya tidak jauh dari museum perumusan naskah proklamasi tepatnya di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat.

Nah, jika berkunjung ke tempat ini bestpackers juga dapat melihat Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi dan Monumen patung Proklamator Soekarno-Hatta yang dibuat dengan tinggi 4,3 meter serta replika naskah proklamasi yang dibuat di atas marmer hitam.

Tempat ini merupakan tempat bersejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia, karena di tempat inilah naskah proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno dan Mohammad Hatta di dean rakyat Indonesia. Tertarik untuk ke sini bestpackers?

Baca Artikel Lainnya: Pentingnya Wisata Untuk Aktivitas Mental

Gedung Radio Republik Indonesia

Gedung Radio Republik Indonesia juga menjadi salah satu tempat wisata sejarah, dimana di tempat ini merupakan pertama kalinya diumumkan kemerdekaan Indonesia kepada seluruh penjuru dunia, termasuk kepada Eropa dan Amerika Serikat.

Gedung RRI berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5 Gambir, Jakarta Pusat. Gedung ini masih sangat berfungsi hingga saat ini dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Jika berkunjung ke tempat ini, bestpackers akan merasakan nostalgia saat kemerdekaan bangsa Indonesia diumumkan kepada dunia untuk pertama kalinya.

Nah menarik untuk dikunjungi bukan? Sekedar tips buat bespackers agar liburanmu terasa nyaman jangan lupa memesan hotel di BestHostels Indonesia ya dan tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun bestpackers sedang travelling.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer