7 Tempat Wisata di Semarang yang Menarik Dikunjungi!

Selain jadi ibukota Jawa Tengah, Semarang juga jadi surganya wisata. Selain wisata hitung pintu di Lawang Sewu, kota ini juga menyimpan berbagai objek wisata seru lainnya, lo. Apa saja tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi?

Jika berbicara tempat wisata di Jawa Tengah, pasti Solo menjadi tujuan utama para wisatawan. Padahal tempat wisata di Semarang nggak kalah lengkap, lho. Mulai dari wisata sejarah, petualang, hingga yang wisata alam.

Tidak hanya itu Semarang juga menyuguhkan spot foto yang instagenic. Nah, berikut ini adalah 7 tempat wisata di Semarang yang cocok untuk Bestpackers kunjungi.

Lawang Sewu

Menyebut tempat wisata di Semarang tak akan lengkap jika belum membicarakan Lawang Sewu. Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata yang ikonik di Semarang. Tentunya, bisa menjadi spot foto yang instagramable, Bestpackers. 

Dahulu, Lawang Sewu difungsikan sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda. Gedung ini juga sempat dijadikan kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Tak heran, kalau di tempat ini ada bekas jalur kereta api di dalamnya.

Saat ini, Lawang Sewu difungsikan sebagai objek wisata sejarah setelah melalui proses revitalisasi dan konservasi. Disebut Lawang Sewu, karena jumlah pintunya yang sangat banyak. Bestpackers bisa memastikan sendiri jumlahnya jika berkunjung ke sana.

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat wisata di Semarang  yang jadi incaran wisatawan. Tidak heran sih, ini karena arsitekturnya yang indah dan sejarah yang melekat dengan bangunan ini. 

Tempat ini dulunya merupakan persinggahan pertama dari Laksamana Cheng Ho asal Tiongkok yang beragama Islam. Untuk mengenangnya, maka didirikan klenteng Sam Poo Kong sebagai bentuk pengingat peristiwa tersebut. 

Jika beruntung, Bestpackers juga bisa melihat berbagai pertunjukan saat berkunjung di kelenteng ini. Terutama saat hari-hari besar Tionghoa.

Kota Lama Semarang

Ingin mengunjungi tempat wisata di Semarang bernuansa Eropa? Kota Lama Semarang jawabannya. Di tempat wisata ini Bestpackers akan diajak untuk menikmati suasana megah khas Eropa dari bangunan-bangunan.

Tidak harus jalan kaki Bestpackers juga bisa mengelilingi Kota Lama Semarang dengan naik sepeda. Di area ini pengunjung juga bisa sekadar bersantai di Taman Sri Gunting, membeli barang-barang antik, bahkan berkunjung ke Galeri Semarang. 

Tempat wisata di Semarang ini juga memiliki gereja tua yang unik karena berbentuk dome. Kalau berkunjung ke tempat ini jangan lupa siapkan memori yang besar, ya. Karena setiap sudutnya cocok dijadikan spot berfoto.

Museum Ranggawarsita

Tidak sekadar bersenang-senang, mengunjungi tempat wisata di Semarang ini juga akan membuat Bestpackers semakin pintar. Museum Ranggawarsita merupakan salah satu museum kenamaan yang menyimpan berbagai koleksi benda peninggalan sejarah, baik yang bersifat geologi maupun budaya.

Museum ini sangat terawat dan memiliki fasilita yang memadai. Di museum ini Bestpackers bisa mempelajari sejarah perkembangan bumi dan manusia, budaya, hingga pelajaran sejarah kemerdekaan. Semuanya tersimpan rapi dan teratur sehingga mudah untuk dipahami.

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian hingga 45 meter. Sebenarnya, pagoda ini memiliki saudara yang bernama Pagoda Dhammasala yang termasuk dalam kawasan Vihara Buddhagaya Watugong. Namun, Pagoda Avalokitesvara jauh lebih ikonik di Semarang.

Hal ini disebabkan karena ketinggian pagoda ini sendiri, terlebih arsitekturnya juga begitu menawan. Tak heran jika Pagoda Avalokitesvara menjadi tempat wisata di Semarang yang ramai oleh wisatawan. Saat malam hari, Pagoda Avalokitesvara memancarkan lampu-lampu cantik yang cocok untuk spot foto.

Baca Juga: 7 Wisata Budaya Bali yang Pantang Untuk Dilewatkan

Umbul Sidomukti

Suasana liburan khas pegunungan bisa Bestpackers dapatkan di tempat ini. Yups, Umbul Sidomukti terletak di kaki Gunung Ungaran. Udara segar ala pegunungan dan hawa dingin sangat cocok untuk menemani liburan Bestpackers.

Umbul Sidomukti menawarkan pemandangan indah kota Semarang dari atas ketinggian. Selain itu, Bestpackers juga bisa melakukan outbound, berenang di kolam pemandiannya atau nongkrong di cafe yang menyuguhkan view pegunungan. Seru banget kan, Bestpackers?

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Madura Terbaik, Wajib Dikunjungi Bestpackers

Kampung Batik Semarang

Tempat wisata di Semarang terakhir adalah Kampung Batik Semarang. Destinasi wisata ini berlokasi di Jl.Batik, Rejomulyo. Kampung ini menjadi unik karena sebagian besar penghuninya adalah para pengrajin batik.

Ketika datang ke sini, Bestpackers akan disambut dengan tembok-tembok yang berlukiskan batik. Bestpackers juga bisa melihat langsung proses pembuatan kain batik dari masyarakat sekitar sekaligus belajar membatik.

Nah, itulah tempat wisata di Semarang yang sayang untuk Bestpackers lewatkan. Agar liburanmu lebih nyaman, jangan lupa untuk menginap di BestHostels Indonesia. Ada penawaran menarik di Bulan November ini, lo.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer