5 Tempat Wisata Batik Terbaik di Indonesia, Wajib Masuk List Liburan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan budaya yang sangat beragam, salah satunya adalah batik. Nah, kalau kamu ingin belajar lebih jauh tentang batik rasakan pengalaman belajar di tempat wisata batik berikut, yuk.

Bestpackers perlu tau nih kalau batik setiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan loh. Nah, hal itu dikarenakan motif batik setiap daerah memiliki makna yang khas dengan daerah asalnya. Menarik untuk dipelajari bukan?

Saat ini banyak tempat wisata batik yang dapat Bestpackers kunjungi saat travelling loh. Batik yang kaya warna dan memiliki motif beragam akan memukau Bestpackers, apalagi yang suka dengan seni dan budaya. Cocok banget deh pokoknya.

Jika kalian tertarik untuk mempelajari ragam batik Indonesia, yuk simak 5 tempat wisata batik di Indonesia yang wajib kalian kunjungi ketika travelling, di sini kalian bisa berwisata sambil mengenal budaya loh.

Sentra Batik Tulis Giriloyo, Yogyakarta

Siapa yang nggak tahu Yogyakarta? Pasti sangat familiar bagi para pecinta travelling. Yogyakarta nggak hanya seputar Malioboro loh ternyata, kita juga bisa belajar ngebatik di Batik Tulis Giriloyo yang terletak di Jalan Imogiri Timur, Yogyakarta.

Tempat wisata batik ini menawarkan sensasi membuat batik secara tradisional mulai dari pembuatan pola, membatik sampai dengan penjemuran batik. Batik tulis giriloyo ini memiliki ciri khas motif batik matraman. Di sini Bestpackers bisa belajar membatik sendiri dan boleh dibawa pulang. Menarik bukan?

Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan sensasi belajar membatik, namun Bestpackers juga akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitarnya yang sangat memukau karena letaknya yang dekat dengan perbukitan Imogiri.

Kampung Batik Kauman, Solo

Bergeser sedikit dari Daerah Istimewa Yogyakarta, yuk saatnya melipir ke Solo. Nggak kalah ciamik dari Yogyakarta, Solo juga punya tempat wisata batik yang menarik untuk kalian kunjungi loh. Yups bener banget namanya, sentra batik kauman.

Kalau di batik tulis Giriloyo tadi kalian disuguhi pemandangan perbukitan Imogiri yang sejuk, di sini kalian akan disuguhi dengan pemandangan estetik dari rumah-rumah klasik tradisional yang dihiasi batik di beberapa bagiannya.

Motif batik kauman sangat erat dengan motif tradisional sesuai dengan pakem Keraton Solo.Tempat wisata batik ini merupakan sentra batik terbesar yang ada di Solo, hal tersebut sangat berkaitan dengan sejarah. Kalau dirunut, tempat wisata ini dulunya adalah pemukiman abdi dalem Keraton Solo yang sejak dulu mempertahankan budaya membatik secara turun-temurun. Di sini kalian akan merasakan sensasi membatik dengan nuansa klasik, hasilnya boleh dibawa pulang loh. Jika Bestpackers berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir ke sini ya.

Baca Juga: 7 Tips Penting Solo Traveling Bagi Pemula

Sentra Batik Oey Soe Tjoen, Pekalongan

Siapa yang nggak kenal batik Pekalongan, sangat tersohor bukan? Batik pekalongan sangat melegenda karena konon katanya ada sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, didirikan oleh Oey Soe Tjoen di tahun 1925.

Keunikan yang ada pada batik ini yaitu motifnya yang halus dan sangat erat dengan nuansa Tiongkok, Uni-Eropa dan Jepang. Biasanya bermotif kupu-kupu, burung, bunga dan motif alam lainnya dengan warna yang cerah. Pasti sangat memanjakan mata Bestpackers, nih.

Tempat wisata batik yang satu ini dikenal sangat menjaga kualitasnya, dibuktikan hingga saat ini masih eksis di Indonesia. Jika mengunjungi tempat ini, Bestpackers akan disuguhi pemandangan indah kain-kain batik yang dipajang di tempat ini. Jangan lupa mengabadikan moment ya, dijamin instragramable banget.

Kampung Batik Lasem, Rembang

Setelah menjelajahi Jawa Tengah, yuk bergeser ke daerah Jawa Timur! Di Jawa Timur tepatnya di daerah Rembang juga terdapat tempat wisata batik yang terkenal loh. Batik Lasem terkenal dengan pewarnaan batik yang berani, seperti warna biru, hijau tua,merah dan warna-warna berani lainnya.

Keunikan batik lasem ini terletak dari motifnya yang merupakan perpaduan antara budaya Tiongkok dan budaya Jawa. Bisa dibilang motif batik Lasem tergolong kompleks dibandingkan dengan batik yang lain.

Jika Bestpackers berkunjung ke destinasi wisata ini, Bestpackers akan dikenalakan berbagai motif batik Lasem yang sangat menawan, dan juga bisa belajar membatik juga loh. Jangan lupa kalau pulang, bawa oleh-oleh kain batik ya.

Baca Juga: 7 Kegiatan Asyik Saat Staycation di Hostel Bareng Sahabat

Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Nggak kalah dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat juga punya tempat wisata batik yang sangat menawan. Yups betul, Kampung Batik Trusmi merupakan desa dengan jumlah pegrajin batik yang sangat banyak loh, nggak main-main ada 3000 pengrajin batik di desa ini.

Destinasi wisata yang satu ini dikenal sebagai salah satu sentra batik terbaik di Indonesia. Motif khas batik trusmi yaitu motif Mega Mendung dan Paksi Naga Liman. Bestpackers yang ke sini wajib banget buat nyoba membatik dengan para pengrajin yang ada di sini.

Nah, itu dia 5 rekomendasi tempat wisata batik yang menarik untuk dikunjungi Bestpackers saat liburan. Kapan lagi berwisata sambil belajar membatik. Selamat mencoba, Bestpackers. Untuk dapat informasi lebih menarik mengenai wisata yang bermanfaat jangan lupa pantengin Instagram BestHostels Indonesia, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer