7 Spot Sunset Terbaik di Indonesia, Bikin Susah Move On!

Liburan memang menjadi hobby bagi semua orang, nggak terkecuali. Kemanapun perginya, mau ke pantai atau gunung, pasti mengunjungi spot sunset menjadi agenda yang nggak pernah dilewatin. Ternyata Indonesia mempunyai tempat sunset terbaik, lho. Penasaran kan, Bestpackers?

Nggak cuma anak indie aja, hampir semua orang bisa dibilang sangat menyukai sunset. Menyaksikan fenomena kembalinya matahari ini menjadi pilihan yang menarik apablila kita mengunjungi destinasi wisata. Nah, sayangnya nggak semua tempat memiliki spot sunset terbaik. 

Kira-kira, Bestpackers tau nggak tempat sunset terbaik di Indonesia? Nih, Bestmin kasih bocorannya, skuy simak 7 tempat sunset terbaik Indonesia yang bisa menjadi inspirasi nonton sunset. Dijamin selepas melihatnya, Bestpackers bakal susah move on.

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Berkat program “10 Bali Baru” yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo menjadikan Pulau Nusa Tenggara Timur banyak dikunjungi wisatawan karena banyak menyimpan keindahan alam. Labuan Bajo terkenal dengan berbagai deretan pantai yang menghiasi pulau ini.

Nggak hanya itu, Labuan Bajo juga dijuluki dengan city of sunsets, ini karena Labuan Bajo punya spot tempat sunset yang sempurna di Indonesia. langit kemerahan Labuan Bajo memang nampak indah, tak ayal menjadi city of sunsetnya Indonesia, lho.

Nah, salah satu spotnya ada di Pantai Waecicu, hamparan pasir putih pantai ini menambah keindahan yang disuguhkan Labuan Bajo. Beranjak sore hari, Bestpackers dapat menikmati sunset yang indah di pantai ini. Langit kemerahan, hamparan pasir putih serta gemuruh gelombang air laut sangat memanjakan mata. Unforgettable!

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Pulau yang satu ini pasti sangat akrab di telinga para pecinta snorkeling atau diving. Yups, namanya Kepulauan Derawan yang terletak di Kalimantan Timur. Tak ayal, karena kepulauan Derawan memiliki ekosistem laut yang amat kaya nan beragam setelah Raja Ampat, lho.

Lelah dengan snorkeling atau diving, Bestpackers juga bisa menikmati destinasi wisata lain di kepulauan ini. Pastinya sangat memanjakan mata dan bikin ngga mau pulang dong saking bagusnya. 

Nah, tak hanya punya wisata bahari laut yang menawan, pulau Derawan juga memiliki tempat sunset yang keren. Jika Bestpackers hendak menikmati sunset maka bisa bertandang ke Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban. Pantai berpasir putih ini menyuguhkan spot sunset yang keren banget. Jangan lupa mengabadikan moment ya, Bestpackers.

Bukit Gado-Gado, Padang 

Setelah pantai, yuk mlipir sebentar ke Bukit Gado-Gado yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Tenyata nggak hanya pantai yang punya spot sunset yang keren, bukit yang satu ini juga nggak mau kalah, lho.

Jika hendak menikmati sunset di bukit ini, Bestapackers harus telebih dahulu naik ke atas bukit. Memang agak melelahkan sih, tapi setelah sampai puncak rasa lelah lenyap seketika karena keindahan alamnya. Golden moment saat di Bukit Gado-Gado adalah sore hari karena sunsetnya yang indah banget.

Selain menikmati sunset, Bestpackers juga bisa melihat pantai Air Manis yang di sisi kanannya terdapat batu Malin Kundang berbentuk kapal terbaik yang legendaris itu. Seru banget kan, menikmati pesona eksotisnya Padang dari atas bukit. 

Candi Ratu Boko, Yogyakarta

Membahas tempat sunset yang terbaik di Indonesia, tak akan lengkap rasanya apabila tidak memasukkan Candi Ratu Boko. Yogyakarta memang memiliki magnet sendiri di kalangan para traveller, tak ayal kalau banyak spot wisata menarik di sini.

Spot sunset salah satu yang menjadi incaran para wisatawan, selain bisa ditemukan di Pantai Parangtritis. Nampaknya, Candi Ratu Boko menjadi pilihan yang selanjutnya. Selain terkenal dengan cerita magisnya, candi ini juga jadi spot nyunset terbaik di Yogyakarta.

Cahaya kemerahan yang menyelinap ke ruang-ruang dalam candi menjadi pemandangan menjadi eksotis. Jika, Bestpackers berburu senja di tempat ini pasti akan mendapatkan pengalaman yang berbeda daripada tempat sunset kebanyakan. Tertarik ke sini, Bestpackers?

Pura Tanah Lot, Bali

Berbicara tempat sunset di Bali pasti akan sangat melekat dengan pantai dan pura, karena kebanyakan pura di Bali memiliki spot sunset yang gokil abis. Salah satunya yakni Pura Tanah Lot. Siapa yang tak kenal dengan pura yang satu ini, letaknya di tepi pantai lepas menjadikan pemandangan semakin eksotis.

Sore hari memang menjadi waktu yang paling tepat untuk menyaksikan tenggelamnya matahari dari balik pura. Suara gelombang air laut yang menghempas karang dan langit semburat kemerahan menambah suasana menjadi lebih tenang. 

Nah, jika Bestpackesr sedang mengunjungi Bali jangan lupa mampir ke Pura Tanah Lot, ya. Menikmati sunset dari balik pura menjadi pilihan yang menarik. Apalagi bersua foto berlatar belakang pantai dan langit jingga. Recommende pastinya!

Baca Juga: Selain Pantai, Inilah 7 Pura Bali Terindah yang Wajib Bestpackers Kunjungi!

Rawa Pening, Semarang

Danau Rawa Pening merupakan salah satu wisata air yang tak boleh Bestpackers lewatkan ketika mengunjungi Semarang. Nah, salah satu yang menarik adalah mengunjunginya di waktu sore hari, ketika matahari mulai kembali ke peraduannya. Dijamin suasananya romantis banget.

Langit kemerahan di atas danau dan pantulan siluet para nelayan di danau ini menambah pemandangan lebih eksotis. Rasanya menikmati sunset di Rawa Pening punya kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Gokil abisss!

Nggak cuma itu, kalau bosan melihat sunset dari tepian danau Bestpackers juga bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Kesan yang diberikan pasti akan sangat bermakna. Jauh dari hingar bingar kota dan mendayung perahu di atas langit senja. Wah, syahdu banget sih ini.

Gunung Bromo, Malang

Gunung Bromo pasti menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi ketika sedang berada di Malang. Tak hanya berburu sunrise, sunset di Bromo juga banyak digandrungi wisatawan. Pendakian Gunung Bromo, akan sangat berkesan karena keindahan sunsetnya yang memukau. 

Walaupun akan cukup melelahkan untuk sampai ke puncak Bromo, namun dapat terbayarkan dengan pemandangan indah dari atas ketinggian. Memiliki ketinggian hampir 2400 meter, Bromo menjadi salah satu tempat untuk menikmati sunset terbaik di Indonesia.

Tak ayal, jika banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara berbondong-bondong berburu sunset di sini. Namun, jangan lupa membawa lensa kamera ya, Bestpackers. Pasti akan sangat berguna untuk mengabadikan keindahan sunset di Bromo, bersua foto dengan background langit jingga. Best moment banget, pastinya.

Kira-kira, Bestpackers mau menikmati sunset dimana nih? Kalau Bestmin sih masuk wishlist semua dong. Nah, agar liburanmu makin nyaman, jangan lupa menginapnya di hostel aja.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi Hits di Jakarta yang Cozy Banget

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer