Editor Pick

8 Spot Diving Terbaik di Indonesia, Terkenal Hingga Mancanegara

Indonesia memiliki puluhan spot diving yang terkenal sangat indah di kalangan diver dunia. Dimana saja, ya?

Bestpackers, Indonesia dikenal sebagai surganya spot diving dunia. Rasanya sebutan ini nggak salah karena tanah air tercinta memang memiliki banyak spot diving yang mengagumkan. Nah, kalau Bestpackers salah satu penggila diving, BestHostels Indonesia punya beberapa rekomendasi spot diving menarik.

Berikut ini 7 rekomendasi spot diving paling menarik di Indonesia versi BestHostels Indonesia.

Raja Ampat, Papua

Masuk dalam destinasi terbaik di dunia, Raja Ampat menempati posisi pertama sebagai spot diving paling recommended buat kamu kunjungi. Destinasi ini memiliki keanekaragaman hayati yang kaya dengan pemandangan bawah laut yang mengagumkan.

Kamu juga bisa berenang bersama ragam biota cantik seperti ikan pari, ubur-ubur, kura-kura, hingga hiu di Raja Ampat.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Keanekaragaman laut dan terumbu karangnya membuat Wakatobi masuk sebagai spot diving yang menakjubkan bagi penyelam di seluruh dunia. Menjadi rumah bagi 750 spesies karang dan 942 spesies ikan, Wakatobi tercatat menjadi spot diving dengan keragaman terbanyak di dunia.

Dengan itu nggak heran jika Wakatobi disebut sebagai ‘nirwana bawah laut’ karena kemegahan tersebut. Lanskap perairannya juga kece banget, Bestpackers. Di sini kamu dapat menyaksikan punggung bukit, puncak, hingga tebing bawah laut.

Nusa Menjangan, Bali

Bali rasanya nggak pernah mati untuk semua jenis wisata laut, ya? Yups, dong di Bali Bestpackers juga bisa menyelam dengan pemandangan bawah laut yang fantastis. Terletak di Sumber Klamppok Gerokgak, Singaraja, Pualu Menjangan menyimpan lanskap bawah laut yang luar biasa.

Disebut sebagai surga bawah laut, spot diving ini menyuguhkan wall diving atau tebing bawah laut sebagai daya tarik tersendiri. Pada kedalaman 20-60 meter, Bstpackers bisa menemukan aneka bentuk terumbu karang yang sangat cantik. Beberapa spot terkenal di Pulau Menjangan adalah Anchor Wreck, Eel Gardens, dan Secret Bay.

Nusa Penida

Buat Bestpackers yang hobi diving, jangan dulu tinggalkan Bali tanpa mampir ke Nusa Penida, ya. Karena pulau kecil ini juga punya keindahan alam bawah laut yang sangat eksotis. Dua spot paling ciamik buat diving di Nusa Penida adalah Manta Point dan Crystal Bay.

Di Manta Point, kamu akan merasakan pengalaman menyelam bersama manta-manta jinak yang bagian ekor beracunnya sudah dihilangkan. Sedangkan di Crystal Bay, Bestpackers akan menemukan beraneka ragam ikan, seperti ikan mola-mola, ikan badut, dan terumbu karang super cantik.

Pulau Derawan, Bali

Terletak di Kalimantan Timur, pantai ini menjadi rumah bagi beragam biota laut yang menawan. Keragaman biota laut ini turut membuat Derawan masuk sebagai salah satu spot diving terbaik di dunia yang ada di Indonesia.

Beberapa spot diving paling terkenal di Derawan adalah Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan juga Pulau Kakaban. Salah satu satwa laut yang menjadi daya tarik Derawan adalah ubur-ubur yang nggak menyengat.

Pulau Komodo

Nggak hanya terkenal punya satwa langka, Pulau Padar juga memiliki pemandangan bawah laut yang patut dijelajahi. Pulau ini memiliki beberapa titik selam yang terkenal dengan kecantikan bawah lautnya.

Beberapa spot diving terbaik di Pulau Komodo addalah Pantai Merah, Batu Bolong, Batu Tiga, Manta’s Point, dan Tatawa Besar.

Baca Juga: 9 Barang Penting Buat Backpacker Indonesia, Awas Ketinggalan!

Kawasan Amed, Bali

Terletak di Bali Timur, lokasi ini merupakan salah satu spot diving paling memesona di Bali. Daya tarik utamanya adalah jajaran terumbu karang dan ragam spesies ikan cantik. Spot diving Amed Bali juga cocok untuk para penyelam pemula karena memiliki air yang tenang.

Teluk Jemeluk di kawasan Amed-lah yang biasanya dijadikan spot diving ramah bagi pemula. Selain keindahan biota lautnya, kalau datang ke Amed, kamu juga wajib untuk menyelam ke Lipah Bay. Di sini Bestpackers akan disuguhi dnegan kemegahan bangkai kapal Japanese Ship Wreck.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki lebih dari 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, hingga moluska. Spot diving ini memiliki biodiversitas kelautan yang sangat tinggi sehingga jadi incaran penyelam dunia.

Menyelam di Taman Nasional Bunaken, Bestpackers akan bertemu dengan aneka bentuk dan warna dari biota laut seperti ikan hiu, kakap, hingga ikan purba rajua yang turut menghiasi taman laut ini.

Bestpackers, mau cobain yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 9 Wisata Ubud Terbaik, Surganya Penggemar Seni

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer