7 Rekomendasi Museum Terbaik di Tanah Air, Bikin Pintar

Mengunjungi museum punya banyak keuntungan buat kita, salah satunya menambah pengetahuan seputar sejarah. Bestpackers, simak tujuh museum terbaik di Indonesia versi BestHostels Indonesia berikut ini, yuk.

Salah satu destinasi wisata yang cocok buat jadi alternatif liburan pintar adalah museum. Mengunjungi museum nggak hanya menghibur namun juga memberikan kita edukasi terkait benda-benda bersejarah.

Bestpackers, Indonesia punya ratusan museum terbaik yang harus masuk wishlist-mu. Berikut ini tujuh di antaranya.

Museum Nasional Indonesia, Jakarta

Tidak hanya terbesar di tanah air, museum yang juga dikenal dengan nama Museum Gajah ini merupakan museum terbesar di Asia Tenggara, lho. Museum Nasional Indonesia memiliki beragam koleksi benda-benda bersejarah dari seluruh daerah.

Mulai dari hasil temuan arkeologi, sejarah, etnografi hingga geografi. Museum terbaik di Indonesia ini terletak pada sebuah bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1862. Hingga saat ini Museum Nasional Indonesia memiliki lebih dari 142.000 koleksi sejarah dari era pra-sejarah hingga pasca kemerdekaan.

Museum Fatahillah, Jakarta

Berada di kawasan Kota Tua Jakarta, salah satu museum terbaik di Indonesia ini menyuguhkan bangunan yang epik nan klasik. Dulunya bangunan yang digunakan sebagai Museum Fatahillah ini merupakan bangunan Balai Kota Batavia saat pemerintah kolonial berkuasa.

Tidak kalah dari Museum Nasional Indonesia, Museum Fatahillah juga menyimpan kurang lebih 23.500 koleksi benda bersejarah, baik dalam bentuk asli maupun replika. Arsitektur bangunannya juga bergaya neoklasik dengan tiga lantai yang cocok jadi background foto buat Bestpackers.

Museum Seni Agung Rai, Bali

Tradisi kultural dan keunikan seni di Bali membuat museum terbaik ini patut kamu kunjungi. Agung Rai Museum of Art (ARMA) merupkan salah satu museum favorit di tanah air yang nggak pernah sepi dari pengunjung.

Museum ini menyimpan banyak lukisan-lukisan unik dan fantastis karya maestro seni tanah air dan manca negara. Di ARMA, Bestpackers dapat menemukan beragam karya seniman terkenal seperti affandi dan Sudjono.

Selain menonton dan menikmati karya seni yang terpajang, museum ini juga diperuntukkan buat kamu yang ingin bergabung dan belajar dalam kelas-kelas atau lokakarya yang diadakan.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Museum Ullen Sentallu, Yogyakarta

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang berlokasi di Yogyakarta. Pendirian museum terbaik ini diprakarsai oleh keluarga Haryono di bawah payung Ulating Blencong. Nama Ullen Sentalu sendiri diambil dari akronim kata Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku atau yang bermakna Pelita Kehidupan Umat Manusia.

Menjadi salah satu museum terbaik di tanah air, Ullen Sentalu menyimpan beragam koleksi peninggalan budaya dan kehidupan bangsawan Jawa pada masa Kerajaan Mataram. Selain museum, fasilitas yang tersedia di destinasi wisata ini adalah Beukenhof Restaurant yang bergaya Eropa.

Museum Angkut, Malang

Museum Angkut merupakan museum alat transportasi yang letaknya berada di Kota Malang, Jawa Timur. Museum terbaik Indonesia ini merupakan salah satu museum pendidikan yang memberikan edukasi mengenai kendaraan.

Di sini terdapat beragam kendaraan dari era maupun daerah yang berbeda. Mulai dari alat angkut kuno, mobil klasik Eropa, dan kendaraan listrik modern. Kendaraan-kendaraan ini ditata apik dan kontekstual sehingga kamu nggak akan bosan selama menjelajah.

Baca Juga: Tipe Kamar dan Fasilitas di Hostel, Lebih Nyaman?

The Blanco Renaissance Museum, Bali

Lagi-lagi museum terbaik Indonesia ada Bali, nih. Yups, Pulau Dewata juga memiliki Museum Antonio Blanco yang wajib masuk dalam wish list-mu. Museum ini didirikan oleh seorang pelukis keturunan Amerika dan Spanyol yakni Antonio Blanco.

Di dalam Museum Blanco, Bestpackers bisa menemukan sejarah perjalanan seni Antonio Blanco. Ruangan-ruangan dalam museum ini terdiri dari studio, galeri, toko souvenir, perpustakaan, kafe, hingga kuil keluarga Blanco.

Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Museum ini terletak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dan menjadi museum purbakala terbesar di tanah air. Di museum terbaik tanah air ini, Bestpackers dapat menemukan lebih dari 13.000 fosil purba, lho.

Kamu dapat menikmati juga diorama masyarakat pra-sejarah di Museum Purbakala Sangiran. Selain menjadi museum, tempat ini juga menjadi lokasi penelitian mengenai kehidupan pra sejarah terpenting dan terlengkap se Asia bahkan dunia. Kamu dapat menemukan fosil hewan purba, hingga bagian tubuh manusia purba yang epik banget.

Bestpackers, itulah tujuh museum terbaik di Indonesia yang dapat kamu kunjungi. Agar dapat menikmati momen liburan lebih puas di museum jangan lupa untuk booking hostel terdekat, ya. Pastinya di BestHostels Indonesiaba.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer