7 Perlengkapan Hiking yang Nggak Boleh Ketinggalan!

Meskipun terbilang ekstrim, namun baru-baru ini hiking banyak diminati orang. Olahraga yang tak lekang oleh waktu ini umumnya diminati kawula muda. Kalau kamu salah satunya pastikan untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan hiking berikut ini, ya.

Hiking menjadi kegiatan yang banyak digandrungi kawula muda akhir-akhir ini. Sayangnya, mendaki gunung bukanlah kegiatan mudah sehingga butuh persiapan matang. Persiapan tidak hanya soal fisik saja, namun juga berbagai perlengkapan hiking.

Karena jika tidak dipersiapkan dengan baik, bisa saja menimbulkan permasalahan yang fatal, lho. Nah, simak peralatan hiking apa saja yang harus dibawa agar pendakianmu berjalan sukses, ya.

Tas Gunung (Carrier)

Tas gunung atau sering disebut Carrier adalah salah satu perlengkapan hiking yang wajib dibawa semua pendaki, baik profesional maupun pemula. Tas gunung sendiri berfungsi untuk memuat segala kebutuhan yang Bestpackers perlukan saat hiking. Mulai dari tenda, pakaian ganti bahkan hingga logistik yang dibutuhkan.

Ukuran tas gunung sendiri sangat variatif, mulai dari yang kecil hingga ukuran besar. Jika Bestpackers membeli carrier pastikan yang sesuai dengan postur tubuhmu. Percayalah, tas gunung akan menunjang pendakianmu.

Selain itu, pilihlah carrier yang memiliki space yang luas dan anti air agar tidak basah saat hujan. Umumnya, tas carrier memang berwarna cerah agar memudahkan mengenalimu di tengah hutan belantara. Jika Bestpackers merupakan pendaki pemula maka penting sekali untuk memperhatikan hal-hal tersebut.

 Sepatu dan Sandal Hiking

Dua alas kaki ini juga harus masuk dalam perlengkapan hikingmu. Sepatu hiking berperan melindungi kakimu ketika melakukan perjalanan. Sedangkan sandal gunung sendiri digunakan ketika sudah sampai pada daerah camping. Jangan sampai nggak bawa ya, Bestpackers!

Sepatu hiking memiliki kelebihan dibanding sepatu pada umumnya ya, Bestpackers. Diantaranya, bahannya yang tebal, daya cengkramnya yang kuat dan tidak mudah tembus air maupun benda-benda berbahaya. Sehingga, bisa menjagamu selama melewati berbagai medan yang terjal sekalipun. 

Alas sepatu hiking pun didesain dengan tekstur yang kasar, hal ini berfungsi agar aman dalam melewati medan yang licin. Karena, ketika hiking bisa saja medan yang kita lewati sangat licin di daerah aliran sungai, itulah kenapa tidak disarankan memakai sepatu biasa. Jangan asal pakai sepatu ya, Bestpackers.

Makanan dan Minuman

Hiking adalah salah satu kegiatan yang menguras energi, sekaligus membutuhkan waktu yang lumayan tidak singkat. Tidak bisa dipungkiri, bahwa hiking sangat melelahkan meskipun ketika sampai di puncak gunung rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan. Nah, inilah pentingnya menyiapkan perbekalan, seperti makanan dan minuman.

Bawalah makanan yang mengandung karbohidrat karena berperan sebagai sumber energi. Selain itu, pastikan membawa bahan makanan yang mudah diolah kapan saja. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah air mineral, bawalah dalam jumlah yang cukup agar selama hiking tidak dehidrasi.

Sekadar tips, jika membawa perbekalan lebih baik dilebihkan satu hari. Misalnya jika kamu berencana hiking 2 hari maka bawalah makanan yang cukup untuk 3 hari.

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

Tenda dan Matras

Peralatan hiking berikutnya ini melindungimu dari berbagai ancaman di alam bebas, mulai dari terik matahari, hujan bahkan hewan buas. Yups, tenda dan matras adalah satu paket penting yang harus ada di carriermu. Bisa dibayangkan jika kita lupa membawanya, pasti pendakianmu tak akan berjalan sukses.

Tenda sendiri memiliki beragam ukuran mulai dari kapasitas kecil sampai kapasitas besar yang bisa memuat 8 orang. Pemilihan tenda sendiri tergantung pada rombongan hikingmu, jika hanya berdua maka bisa memilih tenda kecil dengan kapasitas 2 orang. Selain tidak berat, juga tidak memakan space terlalu banyak di carriermu.

Setelah mendirikan tenda, pastikan menggelar matras sebagai alas tidur. Selain untuk alas tidur, biasanya matras difungsikan untuk alas memasak di luar tenda. Pada dasarnya, matras berfungsi menghalangi hawa dingin dari tanah dan melindungi tubuh kita dari hewan yang merayap di tanah. 

Baju Cadangan dan Jas Hujan

Mendaki gunung memang memerlukan waktu yang tidak singkat, untuk perjalananya saja bisa memakan waktu berjam-jam. Keadaan cuaca di atas gunung pun sangat sulit diprediksi, bisa saja tiba-tiba turun hujan lebat. Menghadapi kondisi tak menentu demikian, Bestpackers perlu mempersiapkan perlengkapan hiking berupa baju cadangan dan jas hujan.

Usahakan baju yang digunakan untuk hiking memiliki bahan yang ringan, menyerap keringat dan mudah kering. Dalam membawa baju cadangan sendiri tergantung berapa lama waktu pendakianmu. Jika memerlukan waktu 2 hari maka cukup membawa baju cadangan 1 atau 2 saja. 

Selanjutnya adalah jas hujan. Jelas sekali bahwa jas hujan melindungi tubuh dari hujan, namun selain itu juga melindungi tubuh dari terpaan angin dan suhu dingin. Pilihlah model jas hujan yang nyaman dan leluasa untuk digunakan selama perjalan hikingmu.

Jaket Hiking dan Sleeping Bag

Nggak kalah penting dari baju, jaket hiking dan sleeping bag berperan penting dalam kenyamanan pendakianmu. Dapat dipastikan, hawa dingin di daerah pegunungan sangat ekstrim bahkan bisa mencapai minus dalam kondisi cuaca tertentu. Itulah pentingnya membawa jaket dan sleeping bag saat hiking.

Tidak seperti jaket pada umumnya, jaket hiking biasanya terbuat dari bahan yang tebal dan waterproof. Selain digunakan untuk melindungi tubuh dari hawa dingin, jaket hiking juga berfungsi melindungi tubuh dari teriknya matahari. Berguna banget kan, Bestpackers?

Sleeping bag bisa dikatakan mirip selimut tebal namun berbentuk kantong. Ketika tidur malam hari pastikan memakai sleeping bag, agar tidak kedinginan bahkan hipotermia. Sleeping bag sendiri banyak jenisnya, namun rata-rata cukup hangat apabila digunakan tidur di malam hari. Dijamin tidurmu bakal lebih nyenyak deh, Bestpackers.

Nesting dan P3K

Stamina yang kuat dan tubuh yang sehat menjadi modal utama dalam melakukan hiking. Nesting atau peralatan memasak saat hiking menjadi perlengkapan hiking yang wajib dibawa hikkers. Nesting dapat digunakan untuk memasak saat pendakian, peralatan nesting yang berukuran minimalis dan simple tidak akan memakan space yang banyak.

Selain memperhatikan asupan makanan, P3K juga menjadi peralatan hiking yang nggak boleh ketinggalan. Minimal kita membawa obat-obat pribadi yang sekiranya diperlukan dalam kegiatan pendakian. Karena kita tidak pernah tau apa yang kita hadapi di alam bebas.

Selain obat-obatan pribadi, Bestpackers juga bisa membawa deker elastis, bidai, betadine dan perban apabila terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan selama pendakian. Jangan sampai nggak terbawa ya, Bestpackers bisa fatal akibatnya. Sebelum memulai hiking, pastikan kamu sehat dan membawa peralatan hiking yang lengkap.

Nah, itulah peralatan hiking yang wajib kamu bawa. Persiapkan jauh-jauh hari sebelum waktu pendakian agar tidak ketinggalan, ya. Selamat mendaki.

Previous

5 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula
04 November 2021

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer