Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless, Lebih Worth It yang Mana?

Bestpackers, jangan sampai liburanmu tak terabadikan dengan baik karena kelupaan bawa kamera. Nah, kalau kamu bingung cocoknya pilih DSLR atau Mirrorless, simak perbedaan kamera tersebut di bawah ini.

Kalau ngomongin liburan membawa kamera nampaknya urgent banget, ya. Selain untuk mengabadikan momen, hasil jepretan yang keren juga bisa dipamerkan di media sosial. Tapi terkadang kita bingung sendiri akan perbedaan kamera DSRL dan Mirrorless.

Karena keduanya punya fitur yang hampir mirip nggak jarang kamu bakalan bingung untuk memilihnya. Namun kira-kira apa perbedaan kamera DSLR dan mirrorless? Yuk, simak dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Kamera DSLR dan Mirrorless?

Betpackers tahu nggak kalau kamera DSLR dan Mirrorless memiliki spesifikasi yang berbeda, lho. Namun, sebelum lebih jauh membahasnya. Yuk kenali dasarnya dulu.

Kamera DSLR adalah kamera yang memiliki cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke objek yang kamu bidik. Sehingga gambar yang dihasilkan kamera ini persis seperti apa yang Bestpackers lihat secara vertikal.

Sedangkan kamera Mirrorless adalah kamera yang tidak mempunya cermin, sehingga cahaya dari lensa dapat mengenai objek secara langsung. Ini layaknya seperti kamera di smartphone. Lensa pada kamera Mirrorless juga dapat dilepas dan diganti. Nah, kira-kira itulah pengetahuan mendasar kedua kamera.

Jenis Lensa

Lensa yang digunakan dari kedua kamera tersebut pastinya juga memiliki perbedaan. Bestpackers udah tau belum nih bedanya apa saja? Kalau belum, nih Bestmin kasih tau.

Pada kamera DSLR, lensa yang dapat dihubungkan cenderung lebih banyak mulai dari fish eye, tele, wide angel dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya berbeda dengan kamera Mirrorless yang hanya memiliki jenis lensa yang sedikit.

Walaupun saat ini sudah banyak yang memproduksi lensa kamera Mirrorless, namun nampaknya masih kalah banyak dengan kamera DSLR.

Auto Fokus

Auto fokus pada kamera sangat mempengaruhi hasil jepretan, kalau nggak benar mengoperasikannya bisa jadi fotomu malah blur, lho. Nah, inilah pentingnya mengenali auto fokus pada setiap kamera DSLR maupun Mirrorless.

Kamera DSLR lebih cepat untuk proses auto fokusnya ini dikarena pada kamera DSLR tidak menggunakan mekanisme cermin. Namun, untuk saat ini kamera Mirrorlless juga mempunya kemampuan auto fokus yang lebih cepat dibanding sebelumnya. Meskipun harganya terbilang mahal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk Hasil Artistik

Ukuran dan Berat

Ukuran dan berat kamera sangat menentukan tingkat fleksibelitasnya saat dibawa liburan. Perbedaan yang mencolok dapat dilihat dari kedua kamera ini. Kamera DSLR tergolong lebih besar karena memiliki cermin dan mekanisme shutter. Ini membuatnya berat dan berukuran besar.

Namun, berbeda dengan kamera Mirrorless yang punya ukuran ramping. Ukuran cermin pada kamera ini tergolong kecil dan sederhana. Sehingga tidak membuatnya berat dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Mungkin dari sini, alasan yang tepat menggunakan kamera Mirrorless untuk liburan.

Daya Tahan Baterai

Dilihat dari bodynya yang lebih besar, sudah bisa ditebak kalau kamera DSLR memiliki kapasitas baterai yang lebih besar pula. Bestpackers tak perlu khawatir apabila ingin mengabadikan moment seharian, dijamin nggak akan kehabisan baterai.

Berbeda dengan kamera Mirrorless dengan bentuk ramping juga berakibat pada daya tahan baterainya yang mudah habis. Jadi, ketika menggunakan kamera ini jangan lupa untuk selalu membawa chargernya ya, Bestpackers.

Nah, sudah tau kan beberapa perbedaan mendasar untuk kamera DSLR dan kamera Mirrorless? Saatnya menentukan pilihan, Bestpackers. Liburanmu mau bawa kamera yang mana nih?

Sedikit saran Bestmin untuk Bestpackers nih. Mungkin bisa jadi bahan pertimbangan ya. Keduanya memang memilki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, membawa kedua kamera ini untuk liburan bukanlah pilihan yang tepat kan?

Bestmin sih lebih merekomendasikan untuk membawa kamera Mirrorless saat liburan. Kira-kira kenapa? Alasan utamanya karena kamera mirrorless memiliki body yang ramping sehingga sangat cocok untuk dibawa menjelajah suatu tempat.

Selain itu juga tidak memakan tempat untuk membawanya. Soal kualitasnya pun bisa menyaingi kamera DSLR. Liburanmu jadi lebih simple dan praktis dengan membawa kamera Mirrorless. Jika Bestpackers harus mengelilingi banyak tempat dengan berjalan kaki, kamera ini juga mudah untuk dibawa karena ukurannya yang kecil. Bestpackers bisa menyelinap-menyelinap untuk mengambil objek gambar yang diinginkan. Itulah pertimbangan Bestmin memilih kamera yang tepat untuk liburan. Namun, soal memutuskan membawa yang mana itu terserah kenyamanan Bestpackers.

Untuk liburan yang lebih aman dan nyaman, jangan lupa untuk bermalam di BestHostels Indonesia. Pastinya liburanmu akan lebih berkesan, lho. Jangan lupa untuk stay safe dan healthy, Bestpackers.

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer