Kerja Sambil Liburan, Mengenal Perbedaan Bleisure dan Workation

Selain staycation, workation, dan bleisure juga jadi istilah yang naik daun sejak pandemi. Istilah ini diperuntukkan buat mereka yang bekerja fulltime di kantor maupun digital nomad. Dikutip dari beragam sumber, workation adalah konsep baru dalam bekerja yang menggabungkan unsur liburan dan wisata.

Berkat workation, sekarang istilah work from home jadi bisa diganti dengan work from beach, work from mountain, dan work from hostel. Sementara, bleisure diambil dari istilah bussiness dan leisure. Sebenarnya konsep ini mirip dengan workation. Namun bleisure lebih merujuk pada perjalanan dinas. Di mana kamu bisa curi-curi waktu selama perjalanan dinas untuk mengunjungi tempat

Contoh Bleisure dan Workation

Selama perjalanan dinas, pastinya kamu tidak akan terus-terusan stay untuk bekerja, kan? Nah, bleisure adalah gaya liburan yang memungkinkan Bestpackers untuk menjelajah lokasi sekitar tempat dinas, mencicipi kuliner khas, menikmati seni budaya dan sebagainya. Tapi setelah tugas dan target yang diberlakukan kantor selesai, tentunya.

Misalnya Bestpackers melakukan perjalanan dinas di kota Yogyakarta. Nah, dari pagi hingga sore kamu harus menemui klien serta mengerjakan tugas kantor. Malam harinya bisa dong jalan-jalan menikmati keindahan kota Yogyakarta? Seperti inilah konsep dari bleisure.

Nah, kalau contoh dari workation adalah Bestpackers pergi ke pantai atau wisata lain yang ingin dikunjungi. Dari tempat wisata ini kamu melakukan pekerjaan harian. Jadi sembari bekerja, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dan lezatnya makanan. Workation dapat Bestpackers lakukan di pantai, gunung, tepian danau, hotel, atau tempat menarik lainnya.

Manfaat Bleisure dan Workation

Pada dasarnya bleisure dan workation mempunyai konsep yang hampir sama yaitu menggabungkan bekerja dan liburan. Keduanya menjadi gaya kerja baru yang recommended diterapkan pada masa pandemi seperti ini. Bleisure dan workation bikin menawarkan pengalaman yang menyenangkan di mana kamu bisa bekerja sekaligus menghilangkan kepenatan dan kebosanan.

Bekerja dengan nyaman dan tanpa rasa bosan tentunya juga akan menambah produktivitas, kan? Selain itu, tentunya hal ini juga akan memberikan keuntungan bagi destinasi wisata. Bleisure dan workation adalah pilihan tepat untuk bekerja tanpa rasa penat, selain itu keduanya juga dapat digunakan untuk merefresh pikiran.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru Selama Work From Bali

Tempat untuk Bleisure dan Workation

Berbeda dengan workation, kamu tidak bisa memilih tempat saat melakukan bleisure. Bestpackers hanya bisa menyesuaikan dengan tujuan dari perjalanan dinas yang telah ditetapkan kantor. Sebaliknya, untuk workation Bestpackers dapat memilih sendiri tempat yang sesuai dengan selera. Bali jadi tempat paling tepat buat kamu yang ingin mulai workation.

Nah, dari penjelasan di atas, Bestpackers sudah tahu kan perbedaan antara bleisure dan workation. Dari kedua gaya kerja ini kira-kira mana yang paling cocok untukmu? Sttttt, biar bleisure atau workation bisa lebih nyaman, pastikan kalau kamu menginap di hostel, ya.

Penginapan murah ini punya workspace yang bikin kamu nyaman banget untuk mengerjakan tugas. Sekarang lagi ada harga menarik buat kamu yang ingin traveling bareng rombongan, lo. Tunggu apa lagi? Yuk, segera booking hostel buat workation di website besthostels.co.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Bestpakers dapat mengunjungi instagram BestHostel Indonesia @besthostels_id .

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer