7 Oleh-Oleh Khas dari Berbagai Daerah, Wajid Dibawa Pulang!

Bestpackers suka traveling keliling Indonesia? Pasti tak lupa mencicipi makanan khasnya, dong. Kalau untuk orang yang tersayang bawain apa, nih? Yuk, kenali berbagai oleh-oleh khas dari berbagai daerah? 

Traveling tidak lengkap rasanya kalau tidak membawa buah tangan saat pulang. Senang rasanya apabila setelah menjelajah suatu daerah membawa oleh-oleh khas untuk dibagikan ke teman atau sanak saudara.

Berbicara mengenai oleh-oleh, tentunya setiap daerah di Indonesia memiliki oleh-oleh khas yang istimewa dan berbeda dengan tempat lainnya. Apalagi mengingat bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dan beragam, tentunya beragam pula macam oleh-olehnya.

Nah, untuk Bestpacker yang sedang traveling atau akan melakukan traveling ke berbagai daerah. Berikut merupakan 7 oleh-oleh khas dari berbagai daerah yang istimewa dan sayang untuk dilewatkan.

Roti Abon Gulung – Papua

Papua tidak hanya terkenal dengan pesona alamnya saja, akan tetapi juga oleh-oleh khasnya. Salah satu oleh-oleh khas Papua yang terkenal lezat dan nikmat adalah Roti Abon Gulung.

Oleh-oleh yang satu ini cocok dijadikan rekomendasi untuk Bestpackers yang masih bingung mencari buah tangan saat berwisata ke Papua. Rasa gurih roti dan isian abon yang tebal menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Sajian roti abon gulung ini sangat cocok untuk teman minum teh bersama keluarga di rumah.

Otak-Otak Ikan – Makassar

Nah, yang berikut ini merupakan oleh-oleh khas dari Makasar, namanya adalah otak-otak ikan. Otak-otak khas Makassar ini mempunyai cita rasa yang nikmat karena berbahan dasar ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu/gandum.

Dalam penyajiannya, otak-otak ikan khas Makasar dapat dibakar atau digoreng, Bestpakers dapat memilih sendiri sesuai selera. Jika Bestpackers ingin menjadikan makanan ini sebagai buah tangan, sebaiknya setibanya di rumah langsung di masukkan dalam Freezer, ya. Jika ingin dimakan Bestpackers bisa memanaskan terlebih dahulu oleh-oleh khas yang satu ini.

Amplang – Kalimantan

Oleh-oleh khas selanjutnya juga berbahan dasar ikan, lho. Namanya adalah Amplang. Singgah ke Balikpapan atau Samarinda tidak lengkap rasanya kalau tidak menjadikan Amplang sebagai buah tangan.

Amplang sendiri merupakan sejenis kerupuk dengan cita rasa yang khas. Oleh-oleh khas Kalimantan ini terbuat dari daging ikan yang digiling halus dicampur dengan tepung sagu. Kedua bahan tersebut berpadu sehingga menghasilkan rasa gurih yang sayang untuk dilewatkan

Pie Susu – Bali

Cukup populer, oleh-oleh khas yang satu ini datang dari Pulau Dewata Bali. Pie susu Bali merupakan sajian roti kering yang memadukan cita rasa yang gurih dan manis. Rasa gurih ini terletak pada kulitnya, sementara cita rasa manis dihasilkan oleh saus pie.

Bestpackers tidak perlu bingung untuk mencari oleh-oleh yang satu ini. Pasalnya, hampir setiap toko dan pusat oleh-oleh di Bali pasti menjualnya. Pie susu Bali ini terdiri dari berbagai merek jadi Bestpakers dapat memilih sendiri sesuai selera.

Lumpia – Semarang

Meski umum ditemukan di berbagai daerah namun jenis lumpia ini punya keunikan tersendiri, lo. Lumpia Semarang memiliki cita rasa yang khas karena menggunakan bambu muda sebagai isiannya.

Bestpackers jangan khawatir ketika akan menjadikannya oleh-oleh karena Lumpia tidak akan mudah basi. Jika akan melakukan perjalanan jauh Bestpackers bisa membeli lumpia yang belum digoreng lalu dibekukan hingga menjadi frozen food.

Nantinya sampai di tujuan, lumpia bisa langsung digoreng seperti cara memasak frozen food pada umumnya. Nah, untuk lumpia Semarang ini paling enak kalau dikonsumsi dengan tambahan acar, ya.

Baca Juga: 7 Oleh-oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Bakpia – Yogyakarta

Yogyakarta selalu menyuguhkan keistimewaan pada setiap sudutnya, tak hanya budaya maupun alam, tapi juga kuliner dan oleh-oleh khasnya. Nah oleh-oleh khas yang tak boleh terlewatkan saat Bestpackers berkunjung ke Jogja adalah bakpia.

Bakpia pathok Jogja ini namanya sudah cukup kesohor di berbagai daerah, lo. Oleh-oleh khas jogja ini memiliki beberapa varian rasa dan yang paling terkenal adalah rasa kacang hijau. Bestpackers dapat dengan mudah menjumpai oleh-oleh ini karena banyak toko yang menjualnya.

Pempek – Palembang

Terakhir, ada oleh-oleh khas dari daerah Palembang. Apalagi jika bukan si lezat pempek. Meski sudah dijual di berbagai kota namun tidak ada salahnya jika membawa langsung dari daerah asalnya. 

Oleh-oleh ini berbahan dasar ikan yang dicampur dengan tepung sagu. Rasanya semakin nikmat karena berpadu dengan bumbu cuko yang pedas dan asam. Pempek Palembang ini tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari basah, goreng, hingga panggang. 

Nah, benar kan Bestpackers, bahwa Indonesia memiliki beragam oleh-oleh khas yang istimewa. Tujuh oleh-oleh khas di atas wajib masuk wish list jika kamu sedang berkunjung ke daerah-daerah ini, ya. 

Nah, kalau ingin dapat informasi menarik lain mengenai wisata di Indonesia, Bestpackers wajib mengikuti terus website dan Instagram BestHostels Indonesia, ya. See you on next holiday!

Baca Juga: 7 Makanan Khas Papua Paling Lezat, Ada Udang Selingkuh?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer