5 Olahan Seafood Khas Nusantara, Bikin Ketagihan!

Mencicipi olahan seafood khas Indonesia juga wajib masuk bucket list-mu, lo. Biar semakin ngiler, berikut ini lima olahan seafood khas Indonesia.

Selain memiliki rempah-rempah yang khas, Indonesia juga punya olahan seafood tersendiri, lo. Olahan seafood ini tidak kalah lezat dari sashimi atau seafood saus BBQ. Bestpackers dapat menemukan olahan seafood unik di berbagai daerah.

Untuk menambah referensi mengenai olahan seafood, berikut ini lima macam masakan seafood khas Indonesia yang menarik dicoba.

Kepiting Saus Padang

Olahan seafood yang pertama ini berbahan dasar kepiting. Kepiting diolah dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang khas dengan cita rasa pedas. Setelah diolah, kepiting akan berwarna merah yang semakin menggoda untuk disantap.

Kepiting yang diolah dengan bumbu saus Padang, biasanya merupakan kepiting lumpur atau kepiting biru. Cara pengolahannya pun tergolong mudah yakni dengan merebus kepiting hingga matang sempurna. Kemudian, direbus kembali dengan saus yang telah disiapkan agar bumbu kepiting meresap hingga ke dalamnya. 

Bumbu yang digunakan terdiri  bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, cabai, kunyit, bawang bombay, daun jeruk purut, daun salam, kecap, dan saus tiram. Agar kuah semakin gurih, umumnya diberikan tambahan telur kocok.

Sate Kerang

Kalau biasanya sate terbuat dari ayam dan kambing, maka jangan heran jika ada olahan seafood mirip sate yang nggak kalah enak. Sate ini berbahan dasar kerang yang telah diasinkan. 

Setelah melalui proses pengasinan, barulah kerang ditusuk dengan lidi kemudian dipanggang hingga matang di bagian luar dan dalam. Bumbu dari olahan sate kerang antara lain bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, cabai, minyak, daun jeruk, serai, gula merah, kecap manis, dan garam. 

Menariknya, jika sate lain menggunakan bumbu kacang maka sate khas Surabaya ini disajikan dengan tambahan parutan kelapa.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Sumbawa, Ada Favorit Lady Diana!

Ketupat Kandangan

Olahan seafood ini menjadi salah satu menu andalan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Bahan utama untuk membuat ketupat kandangan adalah ikan gabus. Pengolahan ketupat kandangan cukup rumit karena melalui beberapa tahapan.

Langkah pertama, ikan gabus direndam dalam air asam. Kemudian dipanggang di atas bara api yang panas. Setelahnya, ikan akan langsung diolah kembali dengan kuah rempah yang gurih. 

Bumbu kuah ketupat kandangan terdiri dari bumbu kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, jinten, bawang merah, bawang putih, terasi, merica, gula, garam, serai, kaldu dan ketumbar. 

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Pontianak. Olahan seafood ini biasanya disantap ketika berbuka puasa. Menurut bahasa Melayu, Sotong berarti jenis ikan yang mirip dengan cumi-cumi. sedangkan Pangkong berarti memukul menggunakan palu. 

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar cumi-cumi. Menariknya, sotong pangkong diolah dengan cara mengeringkan cumi-cumi. Setelah itu, dipanggang hingga matang. 

Kemudian daging cumi-cumi tersebut dipukul-pukul menggunakan palu hingga teksturnya menjadi empuk dan tidak alot. Umumnya, sotong pangkok disantap dengan kuah sambal kacang yang pedas nan gurih. 

Gohu

Kalau Jepang punya sashimi, Ternate juga memiliki sajian yang mirip dengan sashimi bernama gohu. Gohu merupakan olahan seafood yang terbuat dari ikan cakalang mentah ataupun ikan tuna. 

Penyajiannya sangat mirip dengan sashimi khas Jepang. Menurut masyarakat setempat, olahan gohu ini punya manfaat baik untuk kesehatan. Tidak heran, mengingat gohu diolah dari ikan laut yang masih segar.

Ikan tuna maupun cakalang memiliki kandungan protein tinggi dan asam omega 3 yang baik untuk tubuh. Cara membuat gohu dimulai dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dan garam ke ikan cakalang maupun tuna. 

Setelah itu, tambahkan irisan cabai dan bawang merah yang sebelumnya telah ditumis. Sashimi khas Ternate pun siap disantap bersama papeda, kasbi dan huda.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, beragam olahan seafood khas daerah di Indonesia ini juga kaya akan protein. Dari kelima list di atas, mana yang kira-kira jadi favorit, Bestpackers?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer