7 Minuman Tradisional Indonesia yang Baik Untuk Kesehatan

Bestpackers, pernahkah bernostalgia dengan minuman tradisional Indonesia? Jika belum, alangkah baiknya untuk mencicipinya. Nggak hanya sebagai pelepas dahaga, minuman tradisional Indonesia juga dipercaya berkhasiat, lho. Apa saja, ya?

Membicarakan kuliner khas nusantara memang tak ada habisnya. Selain makanan salah satu yang juga menarik untuk dijajal adalah minuman tradisional Indonesia. Berbeda dari minuman lain, sajian minuman khas Nusantara memiliki rasa yang strong karena dipadukan dengan rempah-rempah. 

Jika dibandingkan dengan minuman kekinian, jelas minuman tradisional Indonesia memiliki rasa yang berbeda. Selain enak, minuman tradisional juga punya banyak manfaat baik bagi tubuh. Dari sekian banyaknya minuman tradisional Indonesia, ada beberapa minuman yang masih populer hingga saat ini. Berikut ini tujuh di antaranya.

minuman tradisional Indonesia
Sumber: Kompas

Bir Pletok

Minuman tradisional Indonesia yang berasal dari Betawi ini dikenal dengan nama Bir Pletok. Komposisinya terdiri dari jahe, biji pala, kapulaga, sereh, lada dan kayu manis. Rasanya pedas manis sangat cocok dinikmati saat musim penghujan.

Bir pletok memiliki aroma wangi yang khas dari sereh dan kayu manis. Nah, rasa bir pletok cenderung pedas yang berasal dari campuran jahe dan lada. Nggak hanya bisa dinikmati saat hangat, Bir Pletok juga cocok dibuat es, lho.

Wedang Ronde

Wedang Ronde merupakan salah satu sajian khas dataran tinggi. Rasanya kuahnya yang sedikit pedas dan hangat sangat cocok dinikmati saat hawa dingin. Wedang Ronde berisikan kuah jahe yang dipadukan dengan ronde.

Ronde sendiri terbuat dari kue ketan yang berbentuk bulat dan kenyal, selain itu juga terdapat isian kacang tanah dan gula pasir. Gurihnya kacang dan jahe menjadi kombinasi yang pas. Sudah pernah mencoba, Bestpackers?

minuman tradisional Indonesia
Foto: Kompas.com

Teh Tarik

Minuman tradisional Indonesia kali ini berasal dari dataran Melayu yakni Aceh dan Medan. Teh Tarik dapat disajikan dalam dua versi, dingin maupun panas. Campuran teh, gula, creamer dan susu menjadikan Teh Tarik banyak diburu pecinta kuliner. 

Nah, nama Teh Tarik sendiri didasarkan pada proses pengolahan tehnya yang ditarik bukan diaduk. Penasaran dengan rasanya? Kabar baiknya, di beberapa wilayah di Indonesia sudah banyak yang menjajakan Teh Tarik. 

Baca Juga: 7 Makanan Khas Bandung Paling Lezat dan Unik

minuman tradisonal Indonesia
Foto: IndonesiaKaya.com

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang mudah kita temukan. Wedang Uwuh sendiri bermakna wedang sampah. Namun bahan pembuatannya tidak ada hubungannya dengan sampah, ya. 

Kata uwuh diambil karena wedang ini terdiri dari campuran rempah-rempahnya yang sangat banyak dan sekilas menyerupai sampah dedaunan. Secangkir Wedang Uwuh berisikan jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, sereh, daun jeruk, dan gula batu. 

Minuman ini berwarna merah terang dengan rasa pedas manis. Nggak cuma enak, Wedang Uwuh juga baik untuk kesehatan.

Sekoteng

Sekoteng menjadi salah satu minuman tradisional Indonesia yang hingga saat ini masih banyak dicari. Minuman ini berasal dari Jawa Tengah dan memiliki komposisi jahe, santan, gula, kacang hijau, bubur mutiara, potongan roti tawar, dan kacang tanah. Lengkap banget bukan?

Nah, soal rasanya tidak perlu diragukan lagi. Kesan pertama yang akan Bestpackers dapatkan yakni rasanya yang manis legit dan gurih. Nggak hanya itu, Sekoteng juga sangat mengenyangkan, lho.

makanan tradisional Indonesia
Foto: Kompas.com

Bajigur

Hawa dingin Jawa Barat sangat cocok apabila ditemani minuman khasnya yakni Bajigur. Minuman tradisional Indonesia ini dikenal dengan khasiatnya untuk menghangatkan tubuh. Nggak heran, kalau di Jawa Barat banyak bertebaran minuman Bajigur.

Isian Bajigur terdiri dari gula aren, santan, jahe, dan bahan rempah. Sangat cocok disajikan saat dingin karena rempah-rempahnya yang sangat kuat. Tertarik membuatnya, Bestpackers?

Baca Juga: 9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba, Bikin Ketagihan

Sarabba

Makassar juga terkenal dengan minuman khasnya yang melegenda. Yups bener banget, namanya adalah Sarabba. Selain dikenal dengan rasanya yang nikmat, Sarabba juga dikenal ampuh mengatasi sakit flu.

Secangkir Sarabba terdiri dari kuning telur mentah ditambah bahan-bahan rempah. Meskipun terdengar aneh karena tambahan telur mentahnya, namun bagi sebagian orang justru lebih menyukainya. 

Bagaimana, nggak sabar untuk mencicipi semua minuman tradisional Indonesia bukan? Kalau di daerahmu minuman khasnya apa, nih? Nah, supaya nggak ketinggalan informasi menarik lainnya jangan lupa pantengi instagram BestHostels Indonesia, ya! Dijamin bisa menambah wawasan!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer