7 Manfaat Naik Angkutan Umum Saat Liburan, Cocok Untuk Berhemat!

Liburan tetep keren dengan naik angktutan umum. Yups, bener banget selain tetep keren, naik moda transportasi publik saat liburan ternyata punya berbagai manfaat tak terduga, lho. Selain minim budget, kira-kira apa saja ya manfaatnya, Bestpackers?

Dulu naik angkutan umum jauh dari kata aman dan nyaman. Namun, saat ini naik angkutan umum justru menjadi trend, lho. Selain sudah aman dari berbagai tindak kejahatan, moda transportasi publik ini juga dirasa lebih nyaman. 

Nah, bagi Bestpackers yang hobby jalan-jalan nampaknya ini menjadi angin segar. Dengan naik angkutan umum, pastinya lebih menghemat budget liburan. Karena tidak perlu menyiapkan uang cadangan untuk kebutuhan kendaraan pribadi.

Nggak cuma soal menghemat budget liburan aja, ternyata naik agkutan umum juga lebih simple dan efektif. Apalagi kalau liburanmu di kota yang ramai dan banyak kemacetan. Pasti naik angkutan umum akan jadi pilihan yang tepat. Nah, berikut ini BestHostels Indonesia telah merangkum 7 manfaat naik angkutan umum bagi traveler.

Minim Budget

Minim budget nampaknya menjadi alasan utama kenapa kamu harus naik angkutan umum saat liburan. Tentunya ini sangat logis ya Bestpackers, karena pengeluaran akan sangat berbeda jauh ketika kamu menggunakan kendaraan pribadi dengan menggunakan angkutan umum.

Liburan akan lebih menyenangkan kalau nggak ngeluarin budget yang banyak bukan? Tapi jangan takut bakalan nggak seru ya. Bahkan dengan naik kendaraan umum, alokasi budgetmu bisa dialihkan untuk berburu destinasi wisata, lho.

Bestpackers juga tidak perlu menyiapkan uang untuk bensin, biaya parkir bahkan uang jaga-jaga saat kendaraan pribadi yang digunakan rusak di tengah jalan. Nah, dari sini bisa untuk menghemat pengeluaran bukan?

Hemat Tenaga

Liburan dengan menggunakan kendaraan pribadi pasti menyenangkan karena lebih fleksibel, tapi di sisi lain juga mendatangkan kelelahan dan berujung tidak enjoy saat liburan. Nah, nampaknya itulah salah satu alasan kenapa Bestpackers harus naik moda transportasi publik.

Liburan dengan kendaraan pribadi sudah pasti akan terasa melelahkan karena harus mengemudi sendiri dan terkadang melewati perjalan yang panjang. Dengan naik angkutan umum kamu akan lebih menghemat tenaga dan dapat menikmati perjalanan.

Dengan naik transportasi umum, Bestpackers hanya tinggal duduk manis dan tak akan terasa sampai tujuan. Jika bosan dalam perjalanan, Bestpackers juga bisa sambil membaca buku atau berkegiatan lain seperti membangun relasi dengan orang baru. Menarik bukan?

Tidak Perlu Berebut Lahan Parkir

Parkir di tempat wisata tak jarang justru membuat kantong menipis. Terkadang biaya parkir justru lebih mahal daripada tiket masuk wisata yang kita bayarkan. Apalagi kalau parkir menggunakan sistem jam, pasti menambah risau dan tak tenang saat berlibur.

Dengan menggunakan angkutan umum Bestpackers tidak perlu memikirkan lagi perihal budget yang harus dikeluarkan untuk parkir kendaraan. Nah, tentunya bisa dialokasikan untuk menikmati destinasi wisata yang ada atau justru kulineran. 

Di sisi lain dengan menggunakan angkutan umum, Bestpackers juga tidak perlu bingung-bingung berebut lahan parkir. Bahkan terkadang sudah membayar mahal-mahal justru harus parkir jauh dari wisatanya. Nah, mungkin itu bisa jadi pertimbangan untuk menggunakan angkutan umum ya, Bestpackers.

Turut Serta Mengurangi Polusi Udara

Tingkat kemacetan dan polusi udara nampaknya menjadi masalah serius yang harus diperhatikan oleh semua lapisan masyarakat. Generasi millenial pun sudah seharusnya turut mengatasi permasalahan ini. Mengurangi polusi udara salah satunya bisa dengan naik angkutan umum. Kok bisa?

Naik angkutan umum saat bepergian atau bahkan liburan akan mengurangi polusi udara. Kenapa demikian? Karena jika Bestpackers sering menggunakan kendaraan pribadi justru akan meningkatkan intensitas polusi udara, lho. Nggak mau ikut nyumbang polusi udara, bukan?

Sudah saatnya naik moda transportasi umum untuk meminimalisir polusi udara. Dengan naik angkutan umum setidaknya kita berperan dalam mengurangi polusi udara yang ada. Udara yang bersih jadi dambaan semua orang bukan? Yuk, jadi millenials cerdas.

Membangun Relasi dengan Orang Baru

Jika naik kendaraan umum dapat dipastikan kita dapat bertemu dengan ragam orang. Yups bener banget, dengan naik angkutan umum kita akan banyak bertemu orang dan berkomunikasi dengan orang baru. 

Berbeda jika kita naik kendaraan pribadi, kita tidak akan mengenal lebih banyak orang karena hanya terbatas pada kerabat atau teman kita saja. Pengalaman menarik seperti bertemu orang baru dan bercerita hal baru tidak akan Bestpackers temukan jika menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, ingin mendapat pengalaman liburan yang seru dengan rekan baru? Saatnya kamu beralih ke angkutan umum. Dapat dipastikan relasimu akan bertambah karena akan ada banyak orang yang Bestpackers temui selama perjalanan. Menarik bukan?

Melatih Kamu Untuk Lebih Peka dan Toleran

Naik angkutan umum ternyata tidak hanya soal menghemat budget saja, lho. Bahkan lebih dari itu, dapat melatihmu memiliki kepekaan dan toleransi yang tinggi terhadap sekitarmu. Bener banget, Bestpackers akan lebih banyak belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri.

Menaiki moda transportasi publik dapat dipastikan kamu akan bertemu dengan berbagai macam kondisi seseorang. Dari sini, Bestpackers bisa berlatih untuk lebih peka terhadap keadaan orang lain. Ini juga soal berbagi dengan yang orang lain dan mungkin lebih membutuhkan.

Hal-hal kecil yang bermakna bisa dimulai dengan memberikan tempat duduk bagi ibu hami, orang tua, atau bahkan teman-teman kita yang berkebutuhan khusus. Yups, dengan naik angkutan umum kita dilatih untuk tidak memikirkan diri sendiri. Jangan lupa bebagi ya, Bestpackers.

Melatih Kedisplinan

Siapa nih yang suka telat kerja atau sekolah? Kalau Bestmin sih nggak pernah yaa. Kalau Bestpackers masih suka telat-telat, sepertinya harus latihan untuk disiplin ya. Karena sesuatu yang dilakukan tepat waktu pasti hasilnya maksimal. Setuju kan?

Nah, ternyata naik angkutan umum juga bisa melatih kedisiplinan, lho. Yuk, buktikan! Jadi ketika ingin bepergian menggunakan transportasi umum kita akan terbiasa untuk bersiap-siap lebih awal, baik itu bus, kereta api, atau bahkan pesawat. Nggak mau ketinggalan dong pastinya. Kita akan terdorong untuk melakukan sesuatu menjadi lebih tepat waktu. Jadi, Bestpackers tim telat atau nelat? Jangan dua-duanya ya! Yuk, manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Nah, agar perjalanan tetap aman dan nyaman di saat pandemi seperti ini, jangan kendor protokol kesehatannya ya, Bestpackers. Lindungi orang-orang tersayang.

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer