Nggak Bisa Disepelekan, Ternyata Ini 5 Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan

Bestpackers, sudah rutin jalan kaki belum? Eits, jangan anggap remeh jalan kaki, ya. Ternyata, terdapat sederet manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuhmu, lho! Yuk, coba rasakan manfaatnya!

Jalan kaki menjadi salah satu aktivitas yang kian dilupakan karena berkembangnya moda transportasi, baik transportasi pribadi maupun umum. Padahal, banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat jalan kaki sangat beragam bagi tubuh, setidaknya lakukan 30 menit setiap hari.

Jalan kaki juga termasuk olahraga yang ringan dan bisa dilakukan dimana saja tanpa menggunakan peralatan khusus. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi jika dilakukan rutin akan membawa banyak manfaat bagi tubuh.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Jika Bestpackers ingin memulai pola hidup sehat, jalan kaki bisa menjadi pilihan menarik untuk mengawalinya. Nah, inilah 6 manfaat jalan kaki yang baik bagi tubuh versi BestHostels Indonesia.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jalan kaki yang pertama yakni dapat menyehatkan jantung. Jika dilakukan dengan rutin, Bestpackers dapat memiliki jantung yang sehat dan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Dengan melakukan aktivitas jalan kaki secara otomatis akan meningkatkan denyut jantung dan memperlancar sirkulasi darah. 

Dengan begitu, jantung akan lebih sehat meskipun usia tak lagi muda. Namun, jika sebelumnya sudah mengidap penyakit jantung lebih baik untuk konsultasi terlebih dahulu terkait durasi jalan kaki yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

2. Memperkuat Fisik Tubuh

Siapa sangka jika olahraga jalan kaki mampu memperkuat fisik tubuh, mulai dari melatih kekuatan otot paha, betis hingga seluruh kaki. Bestpackers bisa memulai dengan durasi yang pendek hingga durasi yang lebih lama agar terbiasa.

Selain itu, Bestpackers juga bisa mencoba trek yang menanjak dan menurun. Tangga berundak juga bisa menjadi pilihan menarik untuk jalan kaki. Sesuaikan dengan kemampuan Bestpackers juga, ya.

3. Membantu Membakar Kalori 

Ingin berat badan terkontrol dengan baik? Bestpackers bisa rutin jalan kaki, lho. Jalan kaki akan membantu tubuh dalam membakar kalori sehingga berat badan dapat ideal dan stabil. 

Agar tubuh mampu membakar kalori dengan baik, sebaiknya jalan kaki dengan jarak yang cukup. Bestpackers juga bisa menambah kecepatan sedang sehingga tidak terlalu lambat berjalan. Ada baiknya memilih jalan menanjak hingga tangga berundak untuk mempercepat proses tubuh membakar kalori.

4. Membantu Memulihkan Energi

Manfaat jalan kaki berikutnya yakni untuk memulihkan energi dalam tubuh. Jika Bestpackers sedang lelah, tidak ada salahnya untuk jalan kaki mengelilingi halaman rumah. Ini dipercaya mampu memulihkan energi tubuh, lho. 

Bahkan, jalan kaki lebih optimal meningkatkan energi daripada minuman berkafein. Bestpackers tidak perlu menempuh jarak yang jauh, cukup untuk jalan kaki ringan saja. Saat Bestpackers jalan kaki, peredaran oksigen dalam tubuh akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Manfaat jalan kaki ternyata juga bisa meningkatkan imun tubuh, lho. Dengan rutin jalan kaki membantu meminimalisir berbagai penyakit seperti flu dan juga demam. Bestpackers juga bisa terhindar dari virus maupun bakteri penyebab penyakit.

Tentu, olahraga jalan kaki ini juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat. Setidaknya, lakukan olahraga jalan kaki minimal 30 menit setiap hari. Setelahnya, bisa menambah durasi jika dirasa sudah terbiasa. 

6. Memperbaiki Suasana Hati

Tidak hanya kesehatan fisik saja, jalan kaki juga bisa memperbaiki suasana hati. Dilansir dari halodoc, menurut The Primary Care Companion to The Journal of Clinical Psychiatry, dengan jalan kaki mampu mengurangi rasa cemas, depresi hingga memperbaiki mood yang tidak baik.

Bestpackers juga bisa memilih jalan dengan pemandangan yang indah agar suasana hati menjadi lebih baik. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya. Sudah siap untuk mencoba rutin jalan kaki?

Wah, cukup banyak bukan manfaat jalan kaki? Bestpackers dapat melakukan olahraga ini kapan dan dimana saja, lho. Dengan rutin melakukan aktivitas jalan kaki, Bestpackers juga bisa menerapkannya saat travelling. 

Travelling ramah lingkungan bisa dilakukan dengan banyak berjalan sehingga mampu mengurangi emisi karbon dioksida dari transportasi dan membuat Bestpackers lebih dalam mengenal tempat yang dikunjungi. Tertarik mencobanya, bukan?

Mau tahu update informasi menarik lainnya? Bestpackers dapat mengunjungi instagram dan website BestHostels Indonesia, ya. 

Baca Juga: Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Traveling

Jangan sampai ketinggalan

Ayo gabung dengan kami untuk mendengar cerita kami dan dapatkan penawaran spesial dari kami!