Editor Pick

5 Manfaat Berbagi Pada Sesama, Menjaga Kesehatan Mental?

Bestpackers, ketika sedang berbagi kamu tidak hanya sedang menolong orang lain, namun juga diri sendiri. Yuk, kenali manfaat berbagi dalam artikel di bawah ini.

Banyak orang yang sering menunda-nunda untuk berbagi dengan orang lain. Salah satu alasannya adalah menunggu kesuksesan. Padahal, sebenarnya manfaat berbagi bukan hanya pada orang yang kita tolong, lo.

Lebih luas dari itu, berbagi juga memberikan manfaat pada kita yang memberikan pertolongan, Bestpackers. Tidak percaya? Berikut ini lima manfaat berbagi untuk kesehatan mental dan kebutuhan sosial yang akan kamu dapatkan.

Lebih bahagia

Meskipun harus mengeluarkan uang namun manfaat dari memberi justru lebih besar dari itu, lo. Penelitian menunjukkan kalau membantu orang lain dapat mendorong perubahan fisiologis di otak yang terkait dengan kebahagiaan.

Ini karena berbuat baik, seperti berbagi, bisa meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh atau yang dikenal dengan hormon oksitosin. Maka dari itu, ketika selesai memberi umumnya seseorang akan merasa lebih baik dan semakin bersyukur atas hidupnya.

Menumbuhkan rasa empati

Empati merupakan salah satu sikap yang sangat penting sebagai makhluk sosial. Karena empati ini bisa membuat kita jadi lebih bisa memahami orang lain sehingga terhindar dari sifat egois. Seseorang dengan rasa empati yang tinggi akan peka dan peduli terhadap orang lain.

Nah, kalau kamu sudah terbiasa memberi bantuan kepada orang lain, lambat laun rasa empatimu akan meningkat. Nantinya, ketika orang lain melihat perbuatan baikmu tidak menutup kemungkinan kalau mereka akan ikut tergerak untuk melakukan kebaikan yang sama, lo.

Mengurangi stres

Biasanya, selepas memberi seseorang pasti tersenyum dan berwajar bahagia. Bukan pura-pura atau asal-asal, ini karena berbagi dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon dopamine yang membuat perasaan bahagia dan hormon oksitosin yang dapat mengurangi stres.

Manfaat memberi ini dapat diterapkan setiap kita sedang stres, lo. Tidak hanya itu, naluri manusia juga akan membuat kita merasa puas seusai membantu orang lain. Jadi, sangat berguna banget untuk mental health kita.

Memiliki perspektif baru terhadap orang lain

Bestpackers, tidak semua orang punya hidup seberuntung yang kita rasakan. Nah, membantu orang lain, terutama yang kurang beruntung akan memberikan kita perspektif lain tentang kehidupan. Perspektif ini memberi dampak positif dalam diri kita, ya.

Bahkan, hal tersebut membuat kita jadi lebih bisa menghargai diri sendiri. Pandangan lain mengenai hidup ini merupakan hal yang cukup sulit untuk didapatkan. Karena itu, tidak heran kalau banyak orang yang berbondong-bondong sedekah untuk mendapatkan manfaat berbagi ini.

Lihat Juga: Patungan Untuk Membantu Anak Yatim di Yayasan Al-Hikmah Bali

Membantu kita mengatur emosi

Dikutip dari IDNtimes.com, penelitian menyebutkan kalau manfaat berbagi yang utama adalah membantu seseorang menghadapi situasi stresnya. Namun bukan itu saja, kegiatan ini juga membantu meningkatkan keterampilan pengaturan emosi kita, lo.

Tentunya, hal ini sangat menguntungkan untuk kebaikan diri kita sendiri, kan?

Nah, itulah lima manfaat berbagi bagi kehidupan kita. Bestpackers, sebenarnya bukan hanya orang lain yang merasakan manfaat dari berbagi, namun juga kita sebagai pemberi. Dengan berbagi, ternyata kita bisa memperbaiki kondisi kesehatan mental diri sendiri, lo.

Tidak perlu banyak, kok. Kita bisa mulai membiasakan berbagi dari hal kecil, salah satunya membeli tiket menggunakan promo THR dari BestHostels Indonesia. Ketika booking dengan promo ini maka 10% dari keuntungan setiap transaksi akan didonasikan kepada Yayasan Al-Hikmah Denpasar.

Nantinya, keuntungan dari pemberianmu akan membantu kehidupan anak-anak yatim di Yayasan Al-Hikmah. Kapan lagi bisa booking untuk traveling namun sekalian beramal? Yuk, buruan ambil kesempatannya hanya dengan menggunakan paket THR dari BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer