7 Makanan Khas Lebaran yang Cocok Disajikan Untuk Tamu!

Selain angpao, menyantap makanan khas lebaran juga jadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Nah, buat kamu yang lagi mudik jangan lupa menjajal 7 makanan khas lebaran berikut.

Ketika lebaran umumnya kita akan berkunjung ke rumah sanak saudara untuk bermaaf-maafan sekaligus silaturahmi. Di momen inilah biasanya para tamu akan disuguhi dengan makanan khas Lebaran yang lezat-lezat.

Meskipun beberapa makanan khas lebaran bisa ditemukan di hari-hari biasa namun vibesnya akan berbeda ketika disantap di hari raya. Nah, buat kamu yang sedang dalam perjalanan mudik, disimak dulu 5 makanan khas Lebaran yang tidak boleh absen dari meja berikut ini. 

Kue Lebaran

Kue jadi salah satu sajian khas yang selalu tampil di meja ketika Lebaran tiba. Saking khasnya makanan berbahan dasar tepung ini susah dijumpai di hari-hari biasa, lo. Beberapa kue yang identik dengan sajian Lebaran adalah nastar, kastengel, putri salju, dan kue kacang.

Kira-kira dari banyaknya kue Lebaran yang tersaji di meja, mana yang jadi favoritmu?

Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal merupakan salah satu kuliner nusantara yang punya banyak peminat. Nah, ketika lebaran tiba ada salah satu sambal khas yang tidak boleh absen disajikan yakni sambal goreng kentang ati.

Sambel goreng kentang ati terbuat dari kentang yang dipotong dadu, lalu dipadukan dengan potongan ati. Cara memasak sajian ini dengan digoreng bersama bumbu-bumbu halus. Makanan khas Lebaran ini umumnya disajikan bersama dengan nasi hangat dan kerupuk.

Ketupat 

Saking terkenalnya, makanan khas Lebaran ini sering dijadikan ikon Hari Raya Idul Fitri. Bahkan gambarnya sering terpampang di berbagai sudut, mulai dari amplop lebaran, iklan, sampai kartu ucapan Hari Raya Idul Fitri.

Ketupat sendiri merupakan makanan pengganti nasi yang dibungkus menggunakan anyaman janur kelapa. Sajian satu ini dimasak dengan cara dikukus yang membuat teksturnya mirip dengan lontong. 

Untuk lauk pendamping ketupat cukup bermacam-macam di Indonesia, mulai dari sayur lodeh, opor ayam, hingga sate ayam.

Opor Ayam

Opor ayam merupakan makanan pendamping ketupat yang cukup terkenal karena cita rasanya yang gurih dan lezat. Sesuai dengan namanya, makanan khas Lebaran satu ini berbahan dasar ayam. 

Cara memasak opor ayam cukup sederhana. Di mana, ayam akan dimasak bersama kuah santan dan campuran bumbu kuning halus. Sebenarnya tidak diketahui pasti dari mana opor ayam berasal, namun kemungkinan besar sajian ini berkembang pertama kali di Pulau Jawa.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas Lebaran yang berasal dari Padang. Sajian satu ini terbuat dari olahan daging sapi maupun daging kerbau. Untuk menghasilkan tekstur rendang yang empuk, kita harus memasak daging dalam waktu yang lama. 

Rendang mempunyai cita rasa khas yang didominasi oleh campuran rempah pekat. Soal rasa tidak perlu ditanya, rendang pernah dinobatkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia, lo. 

Semur Daging

Meski terbuat dari daging namun makanan khas Lebaran satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dari rendang. Semur daging diolah dengan kuah yang berwarna cokelat pekat yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih dan rempah yang lainnya.

Selain daging sapi, semur juga bisa dibuat daging ayam atau kentang. Selain itu, kita juga bisa menambahkan beberapa bahan lain seperti tempe, telur, dan tahu sebagai bahan semur. Sama seperti rendang, semur biasanya disantap bersama dengan nasi hangat.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan Unik dari Berbagai Daerah di Tanah Air

Lemang

Lemang merupakan makanan khas Lebaran yang terbuat dari beras ketan. Sajian satu ini dibuat dengan cara menggulung beras ketan dengan selembar daun pisang. Selanjutnya, kita bisa memasukan beras tersebut ke dalam bambu panjang dan dibakar hingga matang.

Umumnya, lemang ini disajikan di daerah-daerah yang kental kebudayaannya Melayunya. Jambi menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang kerap menyajikan lemang ketika lebaran. 

Nah, itu dia 7 makanan khas lebaran yang menjadi hidangan andalan untuk menjamu tamu yang berkunjung. Dari tujuh makanan khas Lebaran di atas, mana yang paling jadi favorit Bestpackers?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer