7 Makanan Khas Jakarta Favorit, Sudah Coba?

Salah satu jenis wisata yang bisa cocok dicoba jika kamu di  ibukota Jakarta adalah wisata kuliner. Buat kamu yang berencana liburan ke ibukota, berikut ini 7 rekomendasi makanan khas Jakarta yang cocok untuk dicoba.

Berkunjung ke ibukota kurang afdol kalau tidak mencicipi sajian khasnya. Meskipun menjadi kandidat kota tersibuk, namun Jakarta punya berbagai sajian khas yang bikin kamu ogah pulang. Bestpackers berikut ini tujuh makanan khas Jakarta yang wajib dicoba saat berkunjung ke ibukota.

Meski rasanya khas restoran bintang lima tapi makanan-makanan ini punya harga yang terjangkau, lo. Apa saja, sih?

Kerak telor

Makanan khas Jakarta yang paling tersohor dan jadi favorit masyarakat adalah kerak telor. Sajian ini punya citarasa gurih dan legit di setiap gigitan yang bikin kita jadi ketagihan. Kerak telor terbuat dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang goreng, dan kelapa.

Cara memasak kerak telur sangat unik yakni dipanggang di atas wajan terbalik yang menghadap panas arang atau anglo.

Soto betawi

Sesuai namanya, makanan khas Jakarta ini merupakan sajian tradisional dari suku Betawi. Soto Betawi merupakan sajian soto berkuah santan yang dicampur dengan susu. Isiannya berupa daging sapi beserta jeroan atau bisa juga diganti dengan ayam.

Perpaduan bumbu yang komplit dalam makanan yang satu ini membuatnya punya cita rasa gurih yang memanjakan lidah. Biasanya soto betawi sangat mudah dijumpai di lokasi-lokasi wisata ibukota.

Ketoprak

Siapa sih yang belum kenal dengan makanan khas Jakarta yang satu ini? Jadi andalan di ibukota, ketoprak memang wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Jakarta, Bestpackers. Selain punya harga yang murah, ketoprak juga mudah ditemukan hampir di seluruh sudut Kota Jakarta.

Ketoprak betawi umumnya disajikan dengan ketupat dan lontong yang dicampur bihun, tauge, dan tahu. Untuk menambah kelezatan, ketoprak juga disiram dengan saus kacang di atasnya. Biar semakin enak jangan lupa menggunakan kerupuk, ya.

Asinan betawi

Hidangan yang satu ini terdiri dari campuran sawi, kol, tauge, tahu putih, dan selada yang ditaburi dengan kacang tanah goreng. Asinan betawi juga memiliki kuah bumbu kacang yang dicampur dengan cuka dan cabai.

Dalam penyajiannya makanan khas Jakarta ini disandingkan dengan kerupuk mie besar berwarna uning. Selain enak dan segar asinan betawi juga sehat banget karena terbuat dari banyak sayuran.

Laksa betawi

Berbeda dari jenis laksa pada umumnya, laksa yang satu ini dibuat dengan teknik dan citarasa lokal. Laksa betawi menjadi makanan tradisional Jakarta yang bisa kamu temui di berbagai sudut. Sajian ini terbuat dari bihun, daun kemangi, telur, perkedel, dan daun kucai.

Kuah laksa betawi berwarna kuning dengan rasa yang gurih dan manis. Biasanya laksa betawi dapat kamu temukan di kawasan pecinan Jakarta.

Selendang mayang

Makanan khas Jakarta yang satu ini paling pas kalau dinikmati saat cuaca terik dan panas. Yups, semangkuk selendang mayang seger banget jika disantap siang-siang. Sajian yang satu ini berisi es yang sekilas mirip dengan agar-agar dan juga kue talam.

Untuk kuah esnya terdiri dari santan kelapa yang disiram dengan sirup manis. Namun sirup yang digunakan bukan sirup kemasan pada umumnya, ya. Tetapi cairan gula Jawa yang dibuat secara alamai sehingga memiliki cita rasa khas.

Baca Juga: 7 Aplikasi Wisata Wisata yang Memudahkan Travelingmu

Soto tangkar

Jakarta tidak hanya punya soto betawi, Bestpackers. Soto tangkar juga menjadi salah satu makanan khas Jakarta lain yang wajib kamu coba. Konon soto ini sudah ada sejak era kolonial Belanda di Jakarta, lo.

Nama tangkar diambil dari bahan pembuatannya yakni iga sapi dengan sedikit daging. Biasanya soto ini disajikan juga dengan aneka jeroan di atasnya. Memiliki kuah yang tidak terlalu pekat, rasa kuliner khas Jakarta ini cenderung segar saat dikonsumsi.

Itulah tujuh makanan khas Jakarta yang wajib buat dijajal. Berbagai kuliner khas ini menawarkan citarasa yang menggugah selera dan bikin susah move on. Agar kamu bisa lebih puas untuk eksplore beragam kuliner khas ibukota sempatkan waktu untuk menginap.

Ada beberapa pilihan hostel terbaik yang dapat Bestpackers pilih di website BestHostels Indonesia.

Baca Juga: 8 Makanan Buka Puasa Lezat di Indonesia

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer