7 Jenis Olahraga Air yang Kaya Manfaat, Recommended!

Berapapun usianya bermain air jadi kegiatan yang menyenangkan. Nah, biar semakin asyik dalam bermain air berikut Bestpackers bisa mencoba jenis olahraga air berikut.

Nggak sedikit orang yang mulai bosan dengan olahraga yang itu-itu aja. Padahal ada banyak banget olahraga yang bisa kamu eksplore, salah satunya olahraga air. Sesuai namanya olahraga ini dilakukan di dalam air.

Sama seperti olahraga yang dilakukan di darat, olahraga air juga kaya akan manfaat, lho. Nah, berikut ini 7 rekomendasi jenis olahraga air versi BestHostels Indonesia yang akan membuatmu rajin olah tubuh.

Renang

Diantara banyaknya jenis olahraga air, renang menjadi olahraga yang paling diminati karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan. Renang sendiri terdiri atas berbagai macam gaya, diantaranya gaya punggung, gaya dada, gaya bebas, dan gaya kupu-kupu. 

Renang dapat melatih kekuatan tulang, menyehatkan jantung dan paru-paru, meningkatkan tinggi badan, serta meningkatkan keseimbangan. Nah, kabar baik lainnya renang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh namun juga kesehatan mental. 

Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan British Medical Journal menyatakan bahwa renang adalah metode yang ampuh dalam mengatasi depresi atau stres. Jika Bestpackers sedang stres karena pekerjaan, bisa nih melampiaskannya dengan olahraga renang.

Snorkeling

Snorkeling merupakan jenis olahraga air yang juga punya banyak penggemar. Berbeda dengan renang yang umumnya tidak menggunakan peralatan tambahan, olahraga air snorkeling membutuhkan beberapa alat khusus.

Peralatan yang digunakan meliputi kacamata renang, snorkel, kaki katak, hingga pelampung. Umumnya, snorkeling dilakukan di wisata kawasan pantai dengan pemandangan bawah laut yang indah.

Manfaat olahraga air ini sangatlah baik bagi tubuh. Mulai dari menurunkan resiko diabetes, memperkuat tulang dan otot, mengatasi masalah-masalah pernafasan hingga menurunkan berat badan, lo.

Baca Juga: 8 Spot Diving Terbaik di Indonesia, Terkenal Hingga Mancanegara

Polo Air

Di Indonesia, olahraga ini pertama kali dipentaskan dalam Pentas Olahraga Nasional pada tahun 1948 di kota Solo. Berbeda dengan jenis olahraga sebelumnya, Polo air dimainkan secara beregu yang terdiri dari 6 pemain ditambah 1 penjaga gawang. 

Polo air mengkombinasikan beberapa jenis olahraga darat, diantaranya renang, sepak bola, bola basket dan gulat. Kelincahan pemainnya dalam menaklukkan air menjadi kunci utama keberhasilan olahraga polo air. 

Penentuan regu yang menang didasarkan pada seberapa banyak bola yang dimasukkan di gawang lawan. Selain seru, jenis olahraga air ini mempunyai banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari kesehatan jantung, membakar kalori, membangun daya tahan tubuh, dan membentuk otot. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan yakni bola yang mampu mengapung di air dan gawang di dalam air. 

Surfing

Ingin memacu adrenalin lebih tinggi lagi? Surfing bisa jadi jawabannya. Jenis olahraga air ini tidak bisa dilakukan di sembarang pantai, karena hanya pantai tertentu saja yang dapat digunakan untuk surfing. Bagi para surfer, surfing merupakan olahraga yang tidak mudah membuat bosan.

Menari di atas gelombang laut memberikan sensasi yang seru bagi para peselancar. Di Indonesia sendiri banyak pantai yang digunakan sebagai spot surfing yang terkenal hingga mancanegara, salah satunya di kawasan pantai Bali. Peralatan yang digunakan yang biasanya digunakan yakni papan selancar.

Manfaat olahraga air ini sangatlah beragam, mulai dari mengurangi resiko kronis, terapi penyakit arthritis, menguatkan tulang, menurunkan resiko jantung hingga berperan baik dalam kesehatan mental. 

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Rafting

Selain di laut, olahraga air juga bisa dilakukan di sungai. Salah satu olahraga air di sungai yang paling terkenal adalah rafting. Sering disebut arung jeram, jenis olahraga air ini umumnya dilakukan secara beregu, biasanya berjumlah 4 orang bahkan lebih. 

Peralatan yang digunakan biasanya perahu boat karet, dayung, helm, dan pelampung untuk keselamatan. Meskipun tergolong sebagai olahraga air yang ekstrim dan memiliki resiko yang tinggi, rafting tetap banyak digandrungi, lo. 

Tak sekedar menguji nyali, rafting memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Mulai dari menjaga sistem kardiovaskuler, meningkatkan kekuatan otot, menghilangkan stress, meningkatkan kepercayaan diri hingga mampu melatih kerja sama lho, Bestpackers. 

Untuk mendapatkan pengalaman rafting yang tak terlupakan kamu bisa mencoba olahraga air ini di Mason Adventures Bali. Pembelian tiketnya bisa dilakukan di laman website BestHostels Indonesia, ya.

Kano

Kano adalah salah satu olahraga air kategori mendayung. Kano sering dipentaskan dalam event-event olahraga nasional maupun internasional. Orang Indonesia sering menyebut kano dengan istilah perahu jukung karena bentuknya yang unik. 

Bentuk perahu kano memiliki ujung yang lancip dengan bagian atasnya terbuka. Mengingat bentuknya yang kecil, perahu kano hanya dapat memuat 1 sampai 2 orang saja. Olahraga ini mengandalkan kecepatan mendayung para pemainnya untuk sampai pada titik tujuan. 

Perbedaan kano dengan olahraga mendayung lainnya yakni terletak pada posisi si pengayuh. Jika umumnya posisi pengayuh membelakangi tujuan, berbeda hal dengan olahraga kano yang posisi pengayuhnya menghadap ke arah tujuan. 

Selain memiliki manfaat utama membakar lemak, olahraga kano juga berguna untuk menguatkan otot-otot lengan, memperkuat kemampuan genggaman tangan, hingga melatih kesabaran. 

Selam Bebas

Terakhir, ada olahraga air selam bebas. Olahraga ini termasuk dalam olahraga yang ekstrim, lo. Karena, jenis olahraga air ini mengharuskan seorang penyelam harus turun hingga kedalaman yang bisa dicapai tanpa menggunakan peralatan apapun. 

Sampai saat ini rekor selam bebas masih dipegang oleh penyelam asal Perancis yang bernama Loic Laverne yang telah berhasil mencapai 171 meter pada 30 Oktober 2004 lalu. Jika Bestpackers berminat mencoba jenis olahraga air yang satu ini, pastikan telah melakukan latihan dengan penyelam profesional atau didampingi oleh seorang penyelam profesional. 

Jangan menyelam tanpa pengawasan ya, Bestpackers bisa berakibat fatal. 

Gimana, udah nggak sabar untuk mencobanya Bestpackers? Untuk mendapatkan info menarik lainnya Bestpackers bisa mengunjungi instagram BestHostels Indonesia.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer