Tipe Kamar dan Fasilitas di Hostel, Lebih Nyaman?

Menginap di hostel harus selalu sharing room? Ada nggak ya hostel yang menyediakan kamar pribadi? Simak penjelasan lengkapnya di sini, Bestpackers.

Meskipun namanya mirip, namun hostel dan hotel cukup berbeda, lo. Nama hostel belakangan mulai mencuat di berbagai media sejak kehadiran tren hotel capsule. Nah, yang paling membedakan antara hostel dan hotel adalah fasilitas serta tipe kamarnya.

Biar semakin yakin, kenali jenis-jenis kamar di hostel yang bisa kamu jadikan pilihan saat berlibur.

Dormitory (kamar asrama)

Sesuai namanya kamar asrama atau dormitory merupakan kamar hostel yang bersifat sharing. Kamar asrama atau dormitory biasanya dihuni lebih dari 4 orang dalam satu kamar. Umumnya sih dihuni antara 6-8 orang, bahkan ada yang bisa menampung 20 orang, lo.

Jenis kamar dormitory memiliki tipe tempat tidur single bed (tunggal) yang umumnya berukuran 90x200cm dan bunk bed (tempat tidur tingkat). Tipe-tipe dormitory room sendiri juga bermacam-macam antara lain mix dorm, woman only dorm, male only dorm, dan shared dorm.

Secara pengertian, tipe-tipe dorm tersebut antara lain:

Mix dorm merupakan kamar yang menggunakan tempat tidur tipe bunk bed di mana dalam satu kamar tidak terbatas jenis kelamin. Jadi boleh laki-laki dan perempuan. Meskipun campuran namun tipe kamar ini tetap nyaman dan aman digunakan.

Jenis kamar mix dormitory cocok banget dipilih jika kamu yang datang dalam rombongan, baik perempuan maupun laki-laki. Umumnya tipe mix dormitory ini punya harga yang paling murah jika dibandingkan tipe kamar lainnya di hostel.

Woman only dorm, sesuai namanya tipe dormitory room ini hanya diperuntukkan untuk perempuan saja. Jenis dormitory ini paling cocok buat kamu yang ingin lebih bebas saat di kamar.

Male only dorm, serupa dengan woman only dorm kamar ini hanya diperuntukkan untuk laki-laki saja.

Baca Juga: Siapa Bilang Cewek-Cewek Nggak Bisa Stay di Hostel? Bisa Banget loh!

Private room

Siapa bilang hostel nggak punya private room? Ada kok. Kamu bisa memilih tipe kamar private room jika tidak ingin menggunakan dormitory. Kamar tipe private room ini biasanya memiliki twin bed atau bahkan single bed.

Selain perbedaan pada sisi bed, private room juga memiliki tipe kamar mandi dalam. Jenis kamar pribadi seperti ini pas banget kalau kamu ingin staycation dan lagi ingin menikmati waktu me time. Dibandingkan tipe dormitory room harga dari private room sedikit lebih mahal. Tapi hal ini sepadan dengan kualitas yang juga didapatkan.

Fasilitas-fasilitas lain di hostel

Bukan hanya kamar, keunikan hostel juga ada pada fasilitas-fasilitas yang disediakan. Ada beberapa fasilitas tambahan yang nggak ada di hotel sehingga menjadi keunggulan hostel. Berikut ini di antaranya.

Dapur bersama

Salah satu kelebihan hostel dibandingkan jenis akomodasi lainnya adalah fasilitas dapur bersama. Di sini Bestpackers bisa bebas memasak atau menggunakan peralatan makan yang telah disediakan. Biasanya ada beberapa peralatan standar di dapur hostel seperti microwave, toaster, kompor, panci, dan penggorengan.

Fasilitas ini sangat menguntungkan kalau kamu ingin menghemat budget makan selama berwisata. Jadi nggak perlu mengeluarkan banyak uang dan bisa memasak sendiri. Tapi perlu diingat kalau fasilitas ini akan digunakan bersama dan mengharuskan self service.

Jadi, pasca penggunaan jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci peralatan yang telah digunakan, ya.

Seseruan di ruang bersama di hostels!

Lounge atau ruang bersama

Selain dapur bersama fasilitas hostel yang nggak kalah asyik adalah lounge atau ruang bersama. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan buat pengunjung yang ingin sekadar bersantai atau mencari kenalan selama di hostel.

Biasanya area bersama hostel dilengkapi dengan meja dan kursi. Kamu bisa menggunakan fasilitas ini sebagai kantor baru saat ingin work from hostel. Nah, yang paling asyik kebanyakan hostel menyiapkan fasilitas permainan dan buku yang bisa dipinjam secara gratis.

Kamu bisa menggunakannya buat mengisi waktu luang selama di hostel. Seru banget, kan?

Itulah tipe-tipe kamar yang ada  di hostel beserta fasilitas tambahannya. Kelebihan-kelebihan ini bisa jadi pertimbangan yang kuat mengapa Bestpackers harus memilih hostel sebagai akomodasi dalam kondisi apapun.

Untuk mendapatkan fasilitas hostel dan penawaran harga terbaik cek di website besthostels.co.id, ya.

Baca Juga: Ingin Nyaman di Penginapan Murah? Patuhi 7 Aturan Nggak Tertulis Hostel

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer