Hostel Jadi Alternatif Terbaik Kos Jakarta, Berani Coba?

Nggak hanya nyaman untuk menginap satu dua hari, hostel juga cocok dijadikan kos-kosan. Yuk, ikuti cerita Rizky yang menggunakan hostel sebagai alternatif kos Jakarta.

Hostel nggak hanya jadi tempat untuk singgah satu dua hari saja, Bestpackers. Akomodasi khas milenial ini juga bisa menjawab tantangan kebutuhan kos yang semakin melonjak di ibukota. Yups, hostel jadi salah satu alternatif kos Jakarta yang nyaman dan affordable secara harga.

Pengalaman kos di hostel ini dijalani oleh Rizky Muhammad Rifai, seorang IT Officer salah satu perusahaan manufaktur di Jakarta Utara. Pemuda kelahiran tahun 1995 ini lebih memilih hostel dibandingkan kos-kosan karena fasilitas dan harga bulanannya yang lebih terjangkau.

“Karena menurutku, kebanyakan waktu dipakai buat bekerja dan tempat tinggal hanya untuk istirahat”, begitu alasan Rizky saat ditanya mengenai alasan menjatuhkan pilihan pada hostel sebagai kos. Di samping fasilitas dan harganya yang lebih affordable dibandingkan kos Jakarta lain, Rizky juga sangat menyukai hostel karena suasananya.

Menurut Rizky hostel membuatnya selalu merasa ‘dinanti’ setiap pulang bekerja. Suasana hangat dan nyaman untuk berinteraksi di hostel membuatnya betah dan bertahan tinggal di sini. Siapa sih Bestpackers yang nggak suka pulang kerja lalu disambut teman-teman asyik?

Sempat ragu di awal

Meski pada akhirnya ketagihan dan nyaman banget di hostel tapi Rizky juga sempat mengalami keraguan sebelum memutuskan hostel sebagai kos Jakarta-nya. Ia sempat hampir mundur karena mengetahui jika hostel mengharuskannya sharing privasi dengan orang lain.

Tapi ternyata ketakutan pemuda asal Tasikmalaya ini nggak terjawab setelah kos di hostel hampir 1,5 tahun ini. “Selama hampir 1,5 tahun tinggal di sini nggak pernah sekalipun mengalami kehilangan”, tutur Rizky dalam sesi wawancara.

Menurutnya saat ini sebagian besar hostel telah dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan, misalnya loker dan CCTV di berbagai tempat. Cukup dengan menyimpan barang di lemari berkunci, keamanan barang berhargamu tidak perlu dikhawatirkan.

Nah, buat Rizky yang nggak kalah penting adalah kebersihan yang ditawarkan oleh hostel. Faktor ini membuat hostel jadi semakin nyaman dan aman, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini.

Pun terkait fasilitas, hostel pas banget untuk dijadikan pilihan kos Jakarta. Pasalnya, akomodasi ini juga menaawaran berbagai fasilitas penunjung untuk kenyamanan penghuninya. Bagi Rizky fasilitas yang paling sering digunakannya adalah lobi dan tempat nongkrong.

Biasanya di tempat inilah Rizky dan penghuni lainnya bercengkrama atau sekedar bersantai bareng. Pada tim BestHostels Indonesia Rizky juga menyebutkan jika hostel adalah tempat yang cozy banget buat work from home (WFH).

Wifinya yang kencang dan fasilitas meja serta kursi di setiap kamar bisa digunakan jadi spot WFH bagi pekerja kantoran. So? Kalau kamu lagi butuh suasana baru buat WFH coba deh mampir ke hostel, Bestpackers.

Privasi saat menginap di hostel

Bagi Rizky terkait privasi saat menginap di hostel nggak jadi masalah. Ia menyebut asal kita berusaha untuk menghargai orang lain semuanya akan berjalan secara harmonis di hostel. Sebagai penghuni kita juga harus tau mengenai peraturan tidak tertulis di hostel.

Misalnya saat ingin bertelpon. Rizky memberikan saran saat mengangkat telepon di hostel kita bisa melakukannya di luar kamar. Cara ini nggak hanya menghargai privasi orang lain namun juga demi kenyamanan privasi kita tersendiri.

Buat para Bestpackers, Rizky memberikan tips seputar cara berkenalan dengan penghuni hostel lainnya. Meskipun awalnya cukup canggung tapi kesempatan untuk berkenalan ini harus banget kamu cobain Bestpackers.

Tips pertama buat kenalan dengan orang lain adalah membahas mengenai topik-topik umum, misalnya asal kota dan tujuan kedatangannya. Pemuda berusia 26 tahun ini juga menjelaskan kalau hostel bisa jadi salah satu topik yang seksi buat dibahas pada momen perkenalan pertama.

Karena hostel saat ini sedang naik daun dan ramai dibicarakan berbbagai kalangan. Saat diminta memberikan ungkapan terakhir untuk menutup sesi wawancara Rizky berharap akan semakin banyak anak muda yang tergerak untuk menginap di hostel.

“Buat kalian yang masih ragu, coba deh pesan tiket hostel dan tinggal beberapa hari di sini. Kamu bakalan menemukan pengalaman baru yang nggak didapatkan di lokasi lain”. Buat Rizky hostel bukan sekadar tempat tinggal atau sekadar kos Jakarta. Namun juga tempat yang memberikan banyak kesempatan untuk interaksi dengan beragam pribadi.

“Menurut saya hostel merupakan tempat yang sangat worth it buat dijadikan alternatif kos Jakarta. Karena kita akan sering bertemu orang-orang baru yang terasa seperti keluarga sendiri,” pungkasnya. Nah, Bestpackers masih belum yakin buat menginap di hostel? Rizky sudah membuktikan di 1,5 tahunnya, sekarang giliranmu.

Cari tahu di sini: Kamu termasuk backpacker atau flashpacker?

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer