7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula, Bikin Ketagihan Mendaki!

Bagi pendaki pemula, pemilihan gunung menjadi hal yang krusial. Agar kegiatan pendakian pertama berkesan dan berjalan lancar pastikan kalau kamu memilih gunung yang tepat. Ini dia rekomendasi gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di wilayah Ring Of Fire atau Cincin Api Pasifik. Hal ini menyebabkan wilayah Indonesia memiliki bentang alam pegunungan yang eksotis. Beragam jenis gunung ada di Indonesia, mulai yang diperuntukkan untuk seorang profesional sampai yang sampai dengan yang ramah untuk pendaki pemula.

Nah, jika kamu tertarik untuk mendaki gunung pastikan kamu melakukan persiapan dulu, apalagi jika baru pertama kali. Karena mendaki membutuhkan berbagai persiapan, mulai dari persiapan fisik, material hingga mental.

Bagi pendaki pemula, kamu juga harus punya pengetahuan yang cukup saat mendaki gunung. Salah satunya yakni informasi tentang gunung yang akan didaki. Nah, agar pendakian pertamamu bisa sukses berikut ini BestHostels Indonesia punya rekomendasi tujuh gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan menempati posisi pertama sebagai gunung yang paling cocok didaki para pemula. Gunung yang terletak di Garut ini memiliki ketinggian 2665 mdpl. Akses yang mudah mencapai Gunung Papandayan menjadi salah satu daya tarik para pendaki.

Medannya yang landai serta fasilitas yang memadai seperti toilet dan warung makan, menjadikan gunung Papandayan ramai pengunjung. Waktu yang diperlukan dalam pendakian ke Gunung Papandayan berkisar antara 4 sampai 5 jam. 

Soal keindahan gunung ini tidak perlu diragukan lagi. Deretan kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk menjadi spot menarik gunung ini. Bunga Edelweis juga bisa Bestpackers jumpai ketika melakukan pendakian ke Gunung Papandayan.

Gunung Batur

Gunung Batur yang berlokasi di daerah Kintamani, Bali menjadi salah satu gunung favorit para pendaki pemula. Gunung ini memiliki jalur yang landai dan tidak terlalu tinggi. Waktu tempuh pendakiannya berkisar antara 2 sampai 3 jam. 

Selain medan yang cenderung tidak ekstrim, gunung Batur juga menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Jika mendaki gunung Batur, Bestpackers akan melihat indahnya danau Kintamani dari puncaknya.  

Waktu terbaik mendaki Gunung Batur adalah ketika pagi hari sebelum subuh. Hal ini agar kamu bisa sampai puncak ketika matahari terbit dan melihat kehindahan sunrise-nya. 

Gunung Ijen

Bestpackers, ingin melihat semburan bluefire yang cuma ada satu di dunia? Pilihan yang tepat adalah dengan mendaki Gunung Ijen. Gunung Ijen memang sangat populer dengan semburan api biru dan kawah belerangnya. Tak ayal, banyak wisatawan lokal bahkan mancanegara mengunjungi gunung Ijen yang berlokasi di Banyuwangi ini.

Waktu pendakian ke Gunung Ijen hanya berkisar kurang dari 3 jam. Meskipun tidak tergolong tinggi, namun pendaki pemula juga harus berhati-hati karena medannya berpasir dan lumayan curam di beberapa titik. Lelahnya pendakian akan terbayarkan dengan pemandangan eksotis Gunung Ijen. 

Baca Juga: 5 Tips Mendaki Gunung bagi Pemula

Gunung Gede Pangrango

Dari Jawa Timur, kita bergeser ke daerah Jawa Barat yang juga memiliki gunung yang sesuai untuk pendaki pemula. Gunung Gede berlokasi di daerah Cianjur, gunung ini memiliki waktu tempuh pendakian yang relatif pendek. Berkisar antara 6 jam dengan medan yang bersahabat dengan pendaki pemula.

Sama seperti gunung Papandayan, gunung Gede Pangrango juga memiliki padang bunga edelweiss yang berada di Alun-Alun Surya Kencana. Nggak hanya itu, saat mendaki gunung Gede Pangrango Bestpackers juga akan disuguhi dengan pemandangan air terjun Cibeureum. 

Pada jalur pendakiannya, juga terdapat sumber air panas yang bisa Bestpackers kunjungi. 

Gunung Prau

Rekomendasi berikutnya adalah gunung Prau, gunung ini memiliki puncak terluas di Indonesia. Nah, keuntungannya adalah Bestpackers bisa mendirikan tenda di puncak gunung sambil menikmati pemandangan dataran tinggi Wonosobo. Gunung Prau memiliki tinggi 2.590 mdpl dengan suhu udara bisa mencapai -5 derajat. Jadi pastikan kamu membawa jaket ya, Bestpackers!

Golden sunrise gunung Prau sangat tersohor di kalangan pendaki, bahkan disebut-sebut sebagai spot sunrise terbaik di Asia Tenggara, lho. Perjalanan pendakiannya hanya memakan waktu 2 sampai 3 jam saja, sehingga sangat cocok bagi pendaki pemula. 

Trek pendakian yang mudah juga menjadi bonus para pendaki pemula yang minim pengalaman. Selain dapat melihat Wonosobo dari ketinggian, Bestpackers juga akan disuguhi pemandangan Telaga Sikidang dan Bukit Teletubbies dari puncak gunung Prau. 

Gunung Andong

Berlokasi di Magelang Jawa Tengah, gunung ini sangat ramah bagi pendaki pemula. Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan terkenal dengan treknya yang mudah. Mendaki gunung ini akan memberikan sensasi yang berbeda, karena alam pegunungannya masih alami. 

Waktu terbaik untuk mendaki gunung Andong adalah menjelang pagi hari. Bestpackers akan mendapat sunrise yang indah dan pemandangan kota Magelang yang dipenuhi dengan lampu-lampu yang gemerlap. 

Gunung Andong ini sendiri memiliki empat puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Alap-Alap dan Puncak Andong yang merupakan puncak tertingginya. Nah, jika Bestpackers mendaki gunung Andong maka bisa memilih puncak mana yang akan dikunjungi.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Hiking yang Nggak Boleh Ketinggalan!

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki tinggi 2.050 mdpl dan trek pendakian yang relatif bersahabat. Inilah mengapa gunung Ungaran menjadi favorit di kalangan pendaki, khususnya pendaki pemula.

Gunung Ungaran ini memiliki tiga puncak yakni puncak Gendol, Botak, dan Ungaran yang paling tertinggi. Jika Bestpackers sampai pada puncak tertingginya, pasti akan melihat keindahan kota Semarang dari atas ketinggian. Nggak hanya itu, Bestpackers juga bisa melihat jajaran gunung yang indah, mulai dari gunung Sumbing, Telomoyo, Merbabu, Merapi Sumbing dan Sindoro.

Nah, itu tadi tujuh Gunung yang menarik untuk pendaki pemula. Pengalaman mendaki gunung-gungung ini dijamin bikin kamu ketagihan, deh. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan menarik jangan lupa kepoin juga media sosial BestHostels Indonesia lainnya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer