7 Gunung Seven Summit Indonesia, Tertantang Mendaki?

Mengunjungi seven summit Indonesia merupakan mimpi bagi banyak orang. Bestpackers salah satunya? Nah, biar lebih termotivasi simak ulasan mengenai gunung seven summit Indonesia berikut, yuk.

Indonesia memiliki banyak gunung, mulai dari yang masih aktif hingga sudah mati. Dari sekian banyaknya gunung tersebut, ada yang dijuluki sebagai seven summit Indonesia. Tentunya julukan tersebut tidak datang tanpa alasan.

Seven summit Indonesia adalah julukan untuk tujuh gunung tertinggi di Indonesia yang punya panorama mempesona. Mendaki gunung jajaran seven summit ini merupakan kebanggan tersendiri bagi para pendaki.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut ini adalah 7 gunung seven summit Indonesia yang menantang untuk didaki.

Cartensz Pyramid

Cartensz Pyramid juga akrab dengan nama Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 Mdpl. Puncak tertinggi di gunung ini termasuk dalam gunung karang (limestone) dan memiliki salju abadi.

Di Indonesia, fenomena salju abadi ini hanya ada di Cartensz Pyramid. Selain masuk seven summit Indonesia, Puncak Jaya juga masuk dalam World Seven Summit. Bestpackers yang ingin mendakinya harus melakukan persiapan fisik dan mental terlebih dahulu. 

Keahlian memanjat tebing juga menjadi salah satu faktor keberhasilan untuk menaklukkan Cartensz Pyramid.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci masuk dalam seven summit Indonesia dan termasuk gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung ini memiliki ketinggian 3. 805 mdpl berada di antara Sumatera Barat dan Jambi. 

Gunung Kerinci berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan taman nasional terbesar di Indonesia. Gunung seven summit Indonesia ini juga dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara, lho. 

Selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Kerinci juga ditetapkan sebagai World Heritage Site dengan kategori Tropical Rainforest Heritage of Sumatra. Taman nasional ini menjadi habitat asli harimau Sumatera dengan jumlah kurang lebih 167 ekor dan ragam satwa dilindungi lainnya. 

Gunung Rinjani

Tidak kalah eksotis, Gunung Rinjani juga masuk dalam list seven summit Indonesia dengan ketinggian 3.726 Mdpl. Gunung ini termasuk jajaran gunung tertinggi di kepulauan Sunda Kecil. 

Letak gunung Rinjani berada di Nusa Tenggara Barat dan menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki, baik lokal maupun mancanegara. Bestpackers dapat melewati dua jalur yang disediakan untuk mencapai puncaknya, yakni jalur Sembalun dan Semeru. 

Meskipun, harus mengeluarkan effort yang lebih besar namun Bestpackers akan dimanjakan dengan bentangan danau kaldera nan eksotis di puncaknya.

Gunung Semeru 

Salah satu seven summit di Indonesia ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini berada di wilayah perbatasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur. 

Tingginya mencapai 3.675 dan merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Indonesia. Bahkan, tak lama ini Gunung Semeru juga mengeluarkan abu vulkanik. Medan yang variatif menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki maupun wisatawan yang berkunjung. 

Dalam kepercayaan setempat, gunung ini juga terkenal dengan tempat bersemayamnya Dewa Hindhu yang menjelma menjadi 3 danau yang eksotis, yakni Ranu Kumbolo, Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Gunung ini berada di wilayah administrasi Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Meskipun tidak terlalu tinggi namun Gunung Bukit Raya menjadi gunung yang paling jarang didaki.

Menurut penuturan banyak orang, Gunung Bukit Raya menjadi gunung dengan cost perjalanan termahal setelah puncak Jaya di Papua. Ini karena letak Gunung Bukit Raya sangat terpencil dan membutuhkan berbagai macam moda transportasi untuk menjangkaunya.

Selain itu, terdapat tantangan lain dalam pendakian karena banyaknya pacet, tawon dan binatang liar yang ada di gunung ini. Kawasan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya juga dihuni oleh lebih dari 800 jenis tumbuhan. Salah satunya yakni bunga Rhododendron yang merupakan endemik dari daerah ini. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Gunung Bromo, Bestpackers Wajib Tahu!

Gunung Latimojong

Seven summit Indonesia berikutnya berada di Pulau Sulawesi, apalagi kalau bukan Gunung Latimojong. Gunung ini memiliki ketinggian 3.430 mdpl dengan puncak tertingginya bernama Rantemario. 

Salah satu daya tarik gunung ini yakni kekayaan satwanya. Jika beruntung, Bestpackers akan menemukan rusa, anoa bahkan babi selama menyusuri jalur pendakian. Umumnya para pendaki menggunakan jalur pendakian dari Kecamatan Baraka untuk mencapai puncak Rantemario. 

Selama pendakian, Bestpackers akan dimanjakan dengan landskap hutan montana yang masih lestari. Hutan montana identik dengan tanaman yang tumbuh di ketinggian 2.000 hingga 3.000 Mdpl.

Baca Juga: 7 Gunung Terindah di Indonesia yang Cocok Dikunjungi Saat Tahun Baru

Gunung Binaiya

Seven summit Indonesia yang terakhir ini adalah Gunung Binaiya yang memiliki ketinggian mencapai 3.027 mdpl. Gunung ini merupakan yang tertinggi di Maluku dan terletak di Pulau Seram. Gunung Binaiya merupakan pegunungan karst sehingga medannya cukup sulit. 

Menariknya, banyak pilihan jalur pendakian yang ada di gunung ini. Bestpackers dapat menyesuaikan dengan kekuatan dan keinginan. Gunung Binaiya memiliki ekosistem yang beragam, mulai dari ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan hutan subalpin.

Bestpackers ingin menjelajah seven summit Indonesia yang mana dulu, nih? Nah, agar tidak ketinggalan berita menarik lainnya terus ikuti website dan Instagram resmi BestHostels Indonesia, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer