7 Fakta Menarik Tentang Gunung Bromo, Bestpackers Wajib Tahu!

Masuk dalam jajaran spot sunrise terindah di Indonesia, panorama gunung Bromo tidak bisa diragukan lagi. Tapi tidak hanya cantik secara pemandangan, gunung yang satu ini juga menyimpan fakta unik tersendiri, lo. Apa saja?

Gunung Bromo merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo berada dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Obyek wisata ini sangat terkenal baik di kalangan turis domestik maupun mancanegara. 

Gunung Bromo memiliki tinggi 2.329 mdpl dan termasuk gunung yang bisa didaki oleh  semua orang. Tentu saja, karena terdapat fasilitas anak tangga yang memudahkan wisatawan untuk sampai ke puncaknya. Bestpackers harus melewati 250 anak tangga jika ingin melihat keindahan sunrise di Gunung Bromo.

Usut punya usut, gunung yang satu ini menyimpan beragam fakta misterius, lo. Ini dia tujuh fakta unik mengenai Gunung Bromo yang menarik untuk diketahui.

Dihuni Suku Tengger

Soal pemandangan alamnya tentu saja Gunung Bromo tidak perlu diragukan lagi. Setiap tahun wisatawan yang berkunjung ke sini selalu meningkat baik dari turis lokal maupun asing. Menariknya, di Gunung Bromo ini kita masih bisa bertemu suku asli setempat yang bernama suku Tengger. 

Masyarakat adat ini sangat menyambut baik wisatawan yang berkunjung ke Bromo. Jika beruntung, Bestpackers dapat melihat upacara adat Suku Tengger yang bernama Yadnya Kasada atau Kasodo di Gunung Bromo.

gunung bromo
Foto Pasir Berbisik Gunung Bromo | Sumber: WonderfulImage.id

Terdapat Pasir Berbisik

Pasir Berbisik merupakan hamparan pasir sejauh 10 km yang berada di Gunung Bromo, tepatnya di dekat anak tangga menuju ke puncak. Masyarakat di sana menyebutnya dengan nama “Segara Wedi”. Untuk menjangkau pasir ini, Bestpackers dapat berjalan kaki ataupun menunggang kuda.

Diberi nama pasir berbisik karena lokasi ini pernah menjadi lokasi syuting sebuah film dengan judul yang sama. Di sisi banyak orang beranggapan bahwa pasir yang terbawa angin menimbulkan suara seerti orang berbisik. Sehingga banyak orang menyebut daerah ini dengan nama pasir berbisik.

Terdapat Bukit Teletubies

Bestpackers pasti sudah tidak asing lagi dengan serial kartun Teletubies, bukan? Nah, jika berkunjung ke Gunung Bromo pasti akan bernostalgia dengan kartun tersebut. Pasalnya, di gunung ini terdapat bukit hijau seperti latar tempat film Teletubies.

Nah, itulah mengapa bukit tersebut dinamakan sebagai bukit Teletubies. Pemandangan alam yang indah dan hamparan perbukitan hijau dapat menjadi spot foto instagramable. Tunggu apa lagi, Bestpackers?

Berdampingan dengan 4 Gunung Lainnya

Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan masuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, jika Bestpackers sedang berlibur ke Bromo maka bisa sekaligus mengeksplor gunung-gunung di sekitarnya. Selain hemat akomodasi juga menghemat waktu dan tenaga, lho.

Menariknya terdapat 4 gunung lain yang berdampingan dengan Gunung Bromo yaitu Gunung Batok (2.440 mdpl), Gunung Widodaren (2.614 mdpl), Gunung Watangan (2.601 mdpl), dan Gunung Kursi (2.581 mdpl). Tentunya, Bestpackers dapat memilih obyek wisata mana yang akan dikunjungi. Dan untuk beralih ke obyek wisata lain tidak akan menghabiskan waktu banyak karena masih dalam satu kawasan.

Baca Juga: 7 Wisata di Malang Paling Hits dan Recommended Dikunjungi

Dekat dengan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru

Karena masih dalam satu kawasan taman nasional, maka letak Gunung Bromo dan Gunung Semeru tidak terlampau jauh. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung yang baru saja meletus pada 4 Desember 2021 ini berlokasi di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur.

Gunung Semeru menyuguhkan pemandangan alam yang indah, salah satunya yakni keberadaan danau di ketinggian 2.389 mdpl. Danau ini disebut dengan danau Ranu Kumbolo. Karena kemegahan alam yang ditawarkan, gunung ini pernah menjadi lokasi shooting film 5 cm. Tentu Bestpackers sudah mengetahuinya, bukan?

Gunung Bromo Masih Aktif

Gunung Bromo menjadi obyek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung sepanjang tahun. Menariknya, gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung Bromo sendiri pernah meletus beberapa kali pada abad 20 dan 21.

Uniknya, gunung ini selalu meletus dengan jarak waktu yang teratur yakni setiap 30 tahun sekali. Letusan terdahsyatnya pernah terjadi pada tahun 1974 dan terakhir meletus pada tahun 2016. Karena interval letusannya yang teratur, masyarakat jauh lebih mudah untuk memprediksi aktivitas gunung berapi yang satu ini.

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Jawa Timur Wajib Masuk List Liburanmu

Bromo Dianggap sebagai Gunung yang Suci

Nama Gunung Bromo berasal dari nama dewa utama dalam agama Hindhu yaitu Brahma. Bagi masyarakat asli Suku Tengger, Gunung Bromo dianggap sebagai gunung yang suci. Setiap setahun sekali, Suku Tengger mengadakan upacara adat Kasodo.

Upacara adat Kasodo biasanya dilakukan di pura bawah Gunung Bromo dan dilanjutkan hingga ke puncak gunung. Biasanya dilakukan dari tengah malam hingga pagi hari pada setiap bulan purnama. Tepatnya pada tanggal 14 atau 15 bulan Kasodo menurut penanggalan Jawa.

Nah, itulah 7 fakta menarik tentang Gunung Bromo.  Ketika berkunjung kemari, lokasi paling strategis untuk menginap adalah Kota Batu dan Kota Malang. Untuk kedua wilayah tersebut sudah tersedia hostel partner BestHostels Indonesia yang bisa kamu pilih, ya.

Yang paling harganya terjangkau dan fasilitas sekelas hotel bintang tiga. Selain itu, untuk dapat informasi menarik lain tentang wisata di tanah air maupun mancanegara, jangan lupa follow Instagram BestHostels Indonesia. Sampai bertemu di destinasi wisata selanjutnya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer