Editor Pick

Fokus Kembangkan “Bali Baru”, Inilah 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Yang Harus Bestpackers Ketahui!

Bestpackers, tau nggak kalau saat ini pemerintah sedang gencar merancang destinasi wisata “Bali Baru”, lho. Bukan Balinya yang diupdate ya, tapi mengembangkan destinasi wisata super prioritas yang setara Bali. Kira-kira objek wisata mana aja nih, Bestpackers? Skuy simak!

Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini telah fokus dengan mengembangkan 5 destinasi wisata super prioritas. Yups, pemerintah memang hanya akan memfokuskan pada 5 destinasi wisata ini. Tentunya dengan berbagai pertimbangan ya.

Nah, salah satunya yakni mempertimbangkan waktu tinggal turis dan belanja yang dikeluarkan sehingga mampu mendongkrak perekonomian. Nggak cuma 5 destinasi wisata super prioritas saja, nantinya apabila kelima destinasi tersebut sudah berjalan optimal maka akan diperluas lagi, lho.

Pada dasarnya ini merupakan bagian dari program “10 Bali Baru” yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, untuk saat ini baru difokuskan pada 5 destinasi wisata super prioritas berikut ini. Tentunya setiap ojek wisata ini mempunyai keunggulan dan keunikan masing-masing.

Ini dia lima destinasi wisata super prioritas yang telah dirancang pemerintah.

Destinasi wisata super prioritas
Borobudur | Foto: Wonderful Images Kemenparekraf

Borobudur

Siapa yang tidak tahu Candi Borobudur? Pasti sudah akrab dengan candi ini dong. Candi ini kerap disangka berada di Yogyakarta namun faktanya Candi Borobudur terletak di Magelang, lho. Terkenal dengan keindahannya, candi ini masuk dalam warisan budaya dunia UNESCO.

Candi Borobudur tak hanya terkenal dengan bangunanya yang indah namun juga sarat akan nilai budaya dan unsur religius. Menjadikan Candi Borobudur dinobatkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai objek wisata tunggal yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Candi Borobudur menawarkan paket liburan yang lengkap, lho. Bestpackers bisa berburu swafoto instagramable berlatar belakang keindahan candi, menonton relief yang menghiasi dinding-dindingnya, wisata religi, kulineran hingga berbelanja berbagai pernak-pernik khas Candi Borobudur. Menarik bukan, Bestpackers?

Destinasi wisata super prioritas
Danau Toba | Foto: Wonderful Image Kemenparekraf

Danau Toba

Destinasi wisata super prioritas yang satu ini sangat terkenal dengan legendanya. Ceritanya datang dari dari dataran Sumatera Utara. Sudah bisa menebak, Bestpackers ? Iya, apalagi kalau bukan Danau Toba. Dulu waktu Bestmin kecil banyak sinetron di televisi mengangkat kisah legenda Danau Toba, lho.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Ini adalah danau terbesar terbesar di Asia Tenggara dan salah satu yang terdalam di dunia. Menakjubkan bukan? Soal keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi, tak ayal kalau banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi objek wisata yang satu ini. 

Bestpackers bisa menikmati keindahan danau ini dengan berkayak maupun glamping di area sekitar danau. Urusan perut keroncongan, destinasi wisata super prioritas ini juga punya makanan khas yang bernama naniura. Ikan yang dimasak tanpa api, kebanyakan orang menyebutnya dengan “Sashimi Batak”. Tertarik menyicipinya, Bestpackers?

Baca Juga: 7 Wisata di Malang Paling Hits dan Recommended Dikunjungi

Destinasi wisata super prioritas
Labuan Bajo | Foto: Wonderful Image Kemenparekraf

Labuan Bajo

Dari Magelang berpindah ke daerah Nusa Tenggara Timur (NTT). Destinasi wisata super prioritas ini terkenal dengan habitat asli komodo, tak hanya itu keindahan alamnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nah tepat sekali, jawabannya adalah Labuan Bajo.

Nggak cuma bisa melihat tumbuh kembang komodo, Labuan Bajo juga menawarkan sensasi diving dengan keindahan bawah lautnya seperti di Batu Bolong, Castle Rock dan Manta Point. Bestpackers juga bisa melipir ke Bukit Silvya yang menawarkan keindahan matahari terbenam, lho. Saking kerennya sampai dijuluki “seribu sunset”. 

Tak hanya unggul dengan keindahan alamnya. Labuan Bajo juga terkenal dengan produk lokalnya berupa kain tenun. Jika, Bestpackers mengunjungi objek wisata ini jangan lupa berbelanja kain tenun untuk oleh-oleh ya. Laboan Bajo banget, nih.

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Destinasi wisata super prioritas
Mandalika | Foto: Wonderful Image Kemenparekraf

Mandalika

Bergeser dari Nusa Tenggara Timur, kini melipir sebentar ke Nusa Tenggara Barat (NTB)  yang punya hidden gems asyik dan seru abis. Iyaps, bener banget namanya Mandalika. Tidak hanya menawarkan spot alam yang indah, Mandalika juga akan dikembangkan menjadi spot olahraga.

Tidak hanya digunakan untuk spot berselancar, Mandalika juga akan menjadi bintang tamu event internasional Moto GP pada tahun 2021. Nantinya, Mandalika juga akan dikembangkan menjadi destinasi wisata super prioritas oleh pemerintah. Tentu saja karena potensinya yang baik.

Selain wisata air, objek wisata ini juga memiliki pertunjukan khas daerah yang kerap disebut dengan Festival Bau Nyale atau kegiatan berburu cacing tanah yang dilakukan penduduk lokal. Selesai menonton pertunjukan, Bestpackers juga bisa memanjakan lidah dengan makanan khasnya yakni ayam taliwang. Perpaduan manis, pedas dan gurih bakal menggoyang lidahmu.

Destinasi wisata super prioritas
Likupang | Foto: Wondeful Image Kemenparekraf

Likupang

Deretan terakhir dari 5 destinasi wisata super prioritas ini adalah Likupang. Mungkin namanya masih awam di telinga Bestpackers. Namun soal panorama keindahan bawah lautnya nggak akan kalah nih. Likupang banyak menyimpan pantai-pantai yang eksotis.

Letaknya ada di Minahasa Utara, objek wisata yang satu ini terkenal dengan pantainya yang jernih dan berwarna biru terang. Salah satunya adalah Pantai Pall yang memiliki hamparan pasir putih halus dan air laut yang biru jernih. Cocok untuk diving pastinya.

Menariknya lagi ada destinasi wisata Ekowisata Bahoi yang dikelola oleh masyarakat lokal. Kehidupan masyarakat yang tertata dan keindahan alam Desa Bahoi yang memikat juga menjadi daya tarik sendiri bagi Likupang. Kalau ke Likupang, jangan lupa mlipir ke sini ya, Bestpackers.

Nah, itulah 5 destinasi wisata super prioritas yang akan dikembangkan oleh Kemenkraf. Nggak sabar untuk mengunjunginya kan? Agar liburanmu tetap aman dan nyaman, jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ya, Bestpackers.

Informasi menarik seputar wisata lainnya bisa kamu dapatkan di website BestHostels Indonesia atau media sosial kami, ya.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer