7 Destinasi Wisata Solo yang Sayang untuk Dilewatkan!

Mulai dari sejarah, budaya, sampai dengan kuliner bisa kita temukan di Solo. Memang wisata di Solo sangat variatif. Nah, agar Bestpackers nggak bingung mau melipir kemana saat ke Solo. Nih, Bestmin kasih bocoran destinasi wisata Solo yang bisa kamu kunjungi.

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain karena destinasinya yang menarik, keramahan warga Solo tampaknya juga menjadi alasan yang logis. Banyak destinasi wisata Solo yang lekat dengan sejarah atau budayanya.

Selain itu, letaknya yang strategis dan mudah diakses membuat Solo selalu ramai dikunjungi. Wisata di Solo juga menyuguhkan spot foto yang instagenic. Pastinya sangat digandrungi para kawula muda.

Jika Bestpackers ke Solo tak ada salahnya untuk mengeksplor destinasi wisata yang ada. Bisa dari yang bernuansa religi, budaya, sejarah sampai modern sekalipun. Pokoknya paket super lengkap. 

Nah, saking banyaknya pasti bingung dong mau mulai menjelajah dari tempat yang mana. Nih Bestmin bocorin 7 rekomendasi destinasi wisata Solo yang sayang banget jika dilewatkan.

Keraton Surakarta

Membahas destinasi wisata Solo tak afdol rasanya, kalau tidak diawali dengan Keraton Surakarta. Didirikan oleh Pakubuwana II pada tahun 1744, bangunan ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Bestpackers yang suka menjelajahi sejarah.

Sampai saat, keraton ini juga difungsikan sebagai tempat tinggal Sri Sunan. Area kompleks keraton yang luas membuat Bestpackers puas menjelajahinya. Mulai dari Alon-Alon Kidul, Alun-Alun Lor, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Kedaton hingga Kamagangan, yang salah satunya berfungsi sebagai museum.  

Jika, Bestpackers berkunjung ke sini jangan lewatkan untuk melihat berbagai koleksi khas keraton. Ada gamelan, replika pusaka keraton dan berbagai benda sejarah lain yang dulunya pernah diberikan oleh raja-raja Eropa. Berwisata di keraton ini, Bestpackers bakal dapetin pengalaman yang berbeda, lho.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Destinasi wisata air juga nggak kalah menarik, lho. Salah satunya adalah Grojogan Sewu, tingginya mencapai 80 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Letaknya ada di sisi barat Gunung Lawu.

Untuk dapat ke grojogan sewu, Bestpackers harus menaiki kurang lebih 1000 anak tangga. Eits, pasti tak akan terasa melelahkan karena pemandangan alamnya yang indah banget. Terlebih jika sudah sampai ke Grojogan Sewu, dijamin lelahmu seketika sirna deh.

Tidak hanya tersohor dengan keindahan alamnya saja. Ternyata Grojogan Sewu juga punya mitos, lho. Konon katanya kalau kamu kesini bareng doi, pasti hubungannya nggak bakal langgeng. 

Taman Sriwedari

Kalau Bestpackers hendak melihat Solo dengan segala seni dan budaya. Nampaknya , Taman Sriwedari adalah tempatnya. Karena disini banyak kegiatan bernuansa kesenian dan kebudayaan.

Terletak di Laweyan, destinasi wisata ini sudah ada sejak Pakubuwono X. Wisata ini kerap digunakan untuk hiburan rutin Malam Selikuran, dan pernah digunakan untuk PON pada tahun 1948.

Nggak cuma itu, Bestpackers juga bisa melihat pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO). Pada bagian atas kanan dan kiri bangunan juga dihiasi dengan lukisan yang menceritakan Mahabarata bertajuk “Kresno Duto. Nah jika kesini Bestpackers bisa belajar sejarah sekaligus mendalami budaya, dong.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Canggu yang Menarik Dikunjungi, Bikin Susah Move On!

Pasar Triwindu Solo

Pecinta barang-barang estetik, antik atau kuno ke sini yuk. Bestmin kasih info penting nih. Solo punya Pasar Triwindu yang khusus menjual barang-barang antik, lho. 

Pasar ini berdiri pada tahun 1939 dan memang khusus untuk menjual barang-barang lawas dan nyeni. Yups, bagi Bestpackers yang ingin membeli barang-barang antik ini atau hanya sekedar ingin bersua foto dengan latar belakang tersebut, tampaknya Pasar Triwindu Solo jadi pilihan yang tepat. Fotomu pasti instagenic banget.

Nah, Bestpackers bisa mendapati barang kuno seperti radio, perabot rumah tangga, patung, uang kuno, jam dinding, wayang, cangkir, mesin ketik, telepon tua dan masih banyak lagi. Ketika di sini Bestpackers akan diajak bernostalgia dengan jaman dahulu. Sensasi liburanmu bakal beda banget.

Baca Juga: Nggak Cuma Malioboro, Inilah 7 Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Wajib Kamu Sambangi

Taman Balekambang

Destinasi wisata Solo yang satu ini punya udara sejuk nan asri. Dihiasi dengan berbagai jenis tanaman langka dan bisa naik perahu. Bener banget, itu semua bisa Bestpackers dapatkan ketika mengunjungi Taman Balekambang.

Dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, GRAy Partini dan GRAy Partinah pada tahun 1921. Nah, itulah mengapa taman ini dibagi menjadi 2 kompleks dengan nama komplek Partinah Bosch dan komplek Partini Tuin. Tentunya, ada perbedaan dong dari keduanya.

Partinah Bosch merupakan area hijau yang ditanami tanaman langka, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, serta apel coklat. Berbeda dengan Partini Tuin yang didalamnya terdapat danau, pengunjung juga bisa menaiki kapal sambil menjelajahi danau. Resmi dibuka untuk umum di tahun 2008, Taman Balekambang tak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga: Ingin Memacu Adrenalin? Inilah 7 Pantai di Bali yang Cocok Untuk Olahraga Surfing

Kampung Batik Kauman

Membahas destinasi wisata Solo tak akan lengkap rasanya kalau belum mengulas mengenai Kampung Batik Kauman. Di sini, Bestpackers bisa berbelanja kain batik dengan ragam corak dan motif. Nggak cuma itu, Bestpackers juga bisa melihat proses membatik secara langsung, bahkan belajar membatik dengan ahlinya.

Soal kualitas tak perlu diragukan lagi, konsumennya nggak hanya di Indonesia tapi juga sudah merambah ke luar negeri. Batik tulis, batik cap atau kombinasi bisa Bestpackers temukan di sini. Umumnya, warna yang digunakan cenderung gelap. Eksotis dan elegan pastinya.

Paket lengkap banget bukan? Bisa membeli oleh-oleh kain batik Solo yang khas banget, bisa melihat proses membatik dan yang paling berkesan adalah belajar langsung membuat batik. Liburanmu pasti sangat bermakna. Unforgettable.

Kebun Binatang Taru Jurug

Destinasi wisata Solo ini nampaknya sangat cocok bagi Bestpackers yang sedang berlibur bersama keluarga. Yups, Kebun Binatang Taru Jurug tempat yang paling seru bagi si kecil. Lokasinya ada di sebelah Universitas Sebelas Maret.

Dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 1870, dahulunya difungsikan sebagai tempat konservasi flora dan fauna. Berangsur-angsur koleksi nya pun semakin bertambah. Di sini beragam jenis flora dan fauna hidup rukun saling berdampingan.

Koleksinya antara lain merak hijau, komodo, iguana, harimau sumatera, gajah dan masih banyak lagi. Soal tiket masuk cukup terjangkau, lho. Nah, berwisata ke sini juga bisa dijadikan moment belajar si kecil tentang flora dan fauna di Indonesia. Pasti bakal seru banget.

Itu dia 7 rekomendasi destinasi wisata Solo yang sayang banget kalau dilewatkan. Untuk menambah kenyamananmu dalam berlibur, jangan lupa menginap diĀ  BestHostels Indonesia, ya.

Baca Juga: Selain Pantai, Inilah 7 Pura Bali Terindah yang Wajib Bestpackers Kunjungi!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer