7 Destinasi Wisata di Palembang Paling Menarik Dikunjungi

Palembang menjadi kota kedua di Sumatera yang paling banyak dikunjungi wisatawan setelah kota Medan. Fakta ini tidak bisa dilepaskan keunikan wisata di Palembang. Mulai dari wisata budaya hingga kuliner di sini lengkap, lo.

Buat kamu si penggemar pempek, ibukota provinsi Sumatera Selatan ini tentu masuk wish list yang harus dikunjungi, dong? Yups, Palembang memang ikonik banget untuk pecinta wisata kuliner. Eits, tapi wisata di Palembang tidak sebatas kuliner saja, lo.

Bestpackers bisa melakukan wisata sejarah sampai budaya di kota yang satu ini. Dari banyaknya wisata di Palembang, berikut ini adalah tujuh paling favorit versi BestHostels Indonesia.

Jembatan Ampera

Menyebut Palembang tidak akan lengkap rasanya jika belum membahas ikon kota ini. Yups, bener banget apalagi kalau bukan jembatan Ampera. Jembatan ini menghubungkan antara dua sisi Kota Palembang dan bikin siapapun yang melewatinya akan terpesona.

Jembatan Ampera sudah dibangun sejak zaman kolonial Belanda atau tepatnya pada tahun 1924. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Ampera adalah malam hari. Kita bisa menikmati gemerlap lampu kota yang pendar dan estetik jembatan ini. Nah, menariknya lagi ada dua jam analog besar di kedua menara ini.

Benteng Kuto Besak

Ingin mengunjungi bangunan sejarah di Palembang dengan panorama sungai Musi yang indah? Yuk, berkunjung ke wisata Benteng Kuto Besak. Tempat wisata ini yang terletak di Bukit Kecil, Palembang. Benteng Kuto Besak didirikan pada tahun 1780 dan kemudian dipugar kembali oleh pemerintah.

Saat ini Benteng Kuto Besak menjadi salah satu ikon wisata di Palembang yang banyak dikunjungi untuk belajar sejarah. Berada di tepian sungai Musi, kamu juga bisa menikmati pemandangan eksotis dari tempat ini. 

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho merupakan salah satu wisata di Palembang yang menyuguhkan perpaduan budaya Palembang, Cheng Ho, dan Arab. Masjid ini sebenarnya memiliki nama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho dan merupakan simbol multikultur di Palembang. Masjid Ceng Ho didominasi oleh warna hijau dan merah yang bikin tampilannya mirip dengan bangunan klenteng.

Selain digunakan untuk beribadah, kamu juga bisa berfoto di beberapa sudut masjid ini. Tenang, mengunjungi tempat ini tidak perlu takut boncos. Karena Masjid Ceng Ho tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Bukit Siguntang

Bagi Bestpackers yang mendambakan suasana asri pegunungan khas Palembang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Bukit Siguntang. Bukit ini berada pada ketinggian 30 meter dari permukaan laut sehingga memiliki udara yang sejuk dan dingin. Sangat cocok untuk refreshing dari keriuhan kota.

Jika dirunut dari sejarahnya bukit ini merupakan bekas tempat meditasi. Di sini juga terdapat makam bangsawan pendiri kota Palembang dan arca-arca kuno. Bagi masyarakat setempat Bukit Siguntang dianggap sebagai tempat yang sakral. Menikmati hawa dingin dan sekaligus wisata sejarah pasti menjadi pengalaman yang berkesan.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Nah, bagi Bestpackers yang sedang berwisata dengan keluarga, wisata di Palembang ini sangat cocok dikunjungi. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II merupakan destinasi wisata yang memadukan antara rekreasi dengan edukasi.

Di ini Bestpackers bisa melihat-lihat beragam peninggalan sejarah dan budaya Palembang, mulai dari koleksi senjata, pakaian tradisional, tekstil, hingga koin kuno. Tidak hanya itu, ada juga berbagai artefak peninggalan kerajaan sriwijaya, seperti patung ganesha dan patung buddha.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Medan yang Lezat dan Wajib Buat Dicoba!

Pulau Kemaro

Wisata di Palembang berikutnya ini adalah Pulau Kemaro. Pulau ini sangat unik, karena terletak di tengah perairan sungai Musi. Di tempat ini Bespackers dapat menikmati pemandangan sungai Musi beserta hiruk pikuk aktivitas warganya. Konon tempat ini dulunya merupakan pusat kerajaan bahari terbesar di Indonesia.

Letak pulau Kemaro ini tidak cukup jauh dari pusat kota, kok. Hanya berjarak sekitar 6 km dari jembatan Ampera. Pulau ini juga memiliki vihara yang dapat dikunjungi wisatawan. Tentunya, pemandangan indah di area vihara menjadi tontonan menarik yang tidak boleh dilewatkan.

Gunung Dempo

Jika Bestpacker seorang pendaki atau pecinta destinasi hiking maka menjadi sebuah keharusan untuk mengunjungi gunung Dempo di Palembang ini. Gunung Dempo menjadi salah satu wisata di Palembang yang banyak dikunjungi pendaki dalam maupun luar kota. Memiliki ketinggian 3.195 mdpl, perlu fisik yang kuat untuk bisa naik hingga ke puncaknya.

Nah, waktu yang tepat untuk mengunjungi gunung Dempo adalah saat musim kemarau. Ini akan membuat trek menjadi tidak licin dan berkabut. Hutannya yang masih alami membuat perjalanan menjadi tidak membosankan.

Sudah menentukan destinasi mana yang akan dipilih? Nah, jika Bestpackers sedang berlibur pastikan untuk menjaga protokol kesehatan, ya. Liburan akan terasa aman dan nyaman ketika mampu menjaga kesehatan diri dan orang. Happy Holiday.

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer