7 Destinasi Solo Travelling yang Safety Dikunjungi

Liburan nggak melulu harus dengan kerabat maupun sahabat. Melakukan perjalanan sendiri atau yang sering disebut solo travelling juga harus Bestpackers coba. Minimal satu kali seumur hidup. Nah, lokasi terbaik solo travelling ada dimana aja ya?

Meski terkesan asing tapi liburan ala solo travelling patut dicoba, lo. Cara untuk traveling ini punya banyak kelebihan salah satunya bikin Bestpackers bisa lebih leluasa dalam menentukan tujuan wisata maupun menyusun kebutuhan.

Nggak hanya itu, dengan melakukan solo travelling Bestpackers akan lebih mengenali diri sendiri dan berlatih mandiri. Sayangnya, tak semua destinasi wisata ramah dengan para solo travelling. Tentunya hal ini terkait keamanan yang ada di lokasi tersebut. 

Tapi jangan khawatir, BestHostels Indonesia sudah punya rekomendasi 7 lokasi solo traveling.

Yogyakarta

Yogyakarta menjadi urutan pertama kota yang cocok untuk para solo traveller. Penduduk yang ramah, biaya hidup yang murah, kuliner yang beragam, dan destinasi wisata yang variatif serta berdekatan menjadika kota ini sangat patut untuk dikunjungi sendiri. 

Salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan paket lengkap solo travelling adalah kawasan Malioboro. Tidak hanya memiliki pemandangan khas Yogyakarta, destinasi ini juga jadi pusat wisata kuliner, lo.

Tidak jauh dari Malioboro, Bestpackers juga bisa mengunjungi Alun-Alun Kidul, Tugu Yogyakarta, dan Keraton Yogyakarta.

Malang

Kota Batu merupakan salah satu kota dengan wisata terbaik yang ada di Jawa Timur. Beragam destinasi wisata dapat Bestpackers jumpai disini. Mulai dari wisata alam, taman bermain, hingga wisata kuliner bisa jadi pilihan selama kamu datang ke Kota Batu.

Beberapa destinasi wisata menarik di Kota Batu adalah Museum Angkut, Jatim Park, Wisata Petik Apel Bumiaji, dan Alun-Alun Kota Wisata Batu.

Bandung

Bandung terkenal dengan obyek wisata alamnya yang mempesona. Tak heran jika banyak wisatawan termasuk solo traveller mengunjungi Bandung.

Destinasi solo travelling yang ada di Bandung yang recommended untuk dikunjungi dalam solo travelling adalah Tangkuban Perahu, Tebing Keraton, dan Lembang. Selain akomodasinya yang terbilang mudah, beberapa tempat berikut juga menyediakan paket lengkap liburan. Jadi, tak perlu takut bosan meski sedang solo travelling.

Jika Bestpackers ingin menghabiskan waktu untuk berbelanja, bisa mendatangi pusat kota Bandung. Disana terdapat banyak factory outlet dan distribution store di sepanjang jalan. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Bandung yang Cocok untuk Self Healing

Lasem, Rembang

Lasem adalah salah satu kota yang berlokasi di Rembang, Jawa Tengah. Kota Lasem sendiri mendapat julukan “Tiongkok Kecil”. Penamaannya itu sendiri lekat dengan sejarah kota Lasem yang menjadi pendaratan pertama etnis Tionghoa di Jawa. Lasem sendiri terkenal memiliki banyak objek wisata religi dan sejarah.

Salah satu yang menjadi icon wisata kota Lasem yakni obyek wisata religi patung Buddha yang terbaring berlapis emas.  Tidak hanya itu pedesaan di daerah Lasem juga terkenal akan keasriannya. Bisa jadi spot healing terbaikmu, nih.

Solo

Sama seperti Yogyakarta, Solo juga merupakan salah satu kota yang masih kental dengan adat dan budayanya. Kamu bisa melakukan wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner di kota ini.

Selain wisatanya yang beragam, solo traveller juga diuntungkan oleh penduduknya yang ramah serta kota yang aman. Apalagi Solo juga pernah dinobatkan sebagai “Most Liveable City”, lo. Gelar ini menunjukkan kalau Solo adalah kota yang aman untuk ditinggali.

Beberapa destinasi wisata solo travelling yang bisa kamu datangi adalah Keraton Surakarta, Grojogan Sewu, Benteng Vastenburg, De’ Tjolomadoe, dan Taman Balekambang. 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Solo yang Sayang untuk Dilewatkan!

Palembang

Selain pulau Jawa, pulau Sumatera juga menjadi destinasi solo travelling terbaik di Indonesia, lo. Salah satunya ada di kawasan sungai Musi. Di sini Bestpackers bisa berwisata kuliner seperti menyantap pempek, adaan, mie celor, pindang ikan, tekwan dan masih banyak lagi.

Selain memanjakan lidah, Palembang juga memiliki destinasi wisata religi dan sejumlah tempat-tempat bersejarah. Tempat-tempat tersebut adalah Masjid Cheng Ho yang memiliki arsitektur keren, Pulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi, hingga berfoto dengan megahnya Jembatan Ampera. 

Tentunya dengan akses dari setiap destinasi ini sangat mudah dan biayanya juga cukup terjangkau. 

Makassar

Makassar merupakan salah satu kota di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan keindahan pantai Losari-nya. Pantai ini menawarkan spot sunset yang eksotis dan juga spot wisata kuliner khas Makassar. 

Sebagai salah satu kota kosmopolitan, Makassar menawarkan berbagai fasilitas yang memadai bagi solo traveller. Puas menikmati keindahan pantai Losari, Bestpackers juga bisa menyambangi Fort Rotterdam yang berada di jantung kota Makassar. 

Di tempat ini kita akan mendapatkan pengetahuan sejarah baru seputar Sulawesi Selatan. Sepulang dari Makassar jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Bantimurung, ya. Destinasi wisata ini merupakan habitat dari 250 jenis kupu-kupu cantik.

Itulah sederet destinasi wisata yang paling direkomendasikan untuk solo travelling-mu. Pastikan Bestpackers menyiapkan fisik dan mental yang kuat dalam perjalanan liburanmu. Untuk liburan yang lebih memorable, jangan lupa untuk menginap di BestHostels Indonesia. Happy Holiday!

Get Updates & More

Subscribes our newsletter to get more special promotion & best offer